Destinasi Wisata Favorit di Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Fitri Tamara 0
wisata-ujung-kulon

Destinasi Wisata Favorit di Taman Nasional Ujung Kulon Banten – Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu taman nasional yang berada di Propinsi Banten, persisnya berada di bagian paling barat Pulau Jawa. Pada awalnya kawasan Taman Nasional Ujung Kulon meliputi wilayah yang sangat luas meliputi Gunung Krakatau dan juga beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya seperti Pulau Peucang dan Handeleum yang mana total luasnya mencapai sekitar 122 ribu hektar yang terbentang dari Semenanjung Ujung Kulon hingga ke Samudera Hindia.

Taman Nasional Ujung Kulon sendiri merupakan taman nasional tertua yang ada di wilayah Indonesia yang mana pada tahun 1991 telah diresmikan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Taman Nasional Ujung Kulon didirikan dengan tujuan melindungi badak bercula satu yang kini semakin langka jumlahnya, selain itu taman nasional ini juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Banten. Apabila Anda tertarik untuk pergi liburan ke Taman Nasional Ujung Kulon, maka Anda wajib mengunjungi beberapa spot wisata favorit di bawah ini.

Destinasi Wisata Favorit di Taman Nasional Ujung Kulon Banten

  1. Pulau Peucang
wisata-ujung-kulon
foto: ksmtour.com

Pulau Peucang adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Taman Nasional Ujung Kulon, pulau yang satu ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona di mana Anda bisa menyaksikan pantai dengan pasir putihnya yang bersih dan menghampar luas serta air lautnya yang jernih, pulau yang satu ini juga telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

  1. Pulau Panaitan

Destinasi wisata kedua yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon yaitu Pulau Panaitan, pulau yang luasnya kurang lebih 17 hektar ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Anda bisa menemukan adanya sebuah hutan yang cukup lebat di Pulau Panaitan, Anda bisa melakukan trekking menyusuri hutan tersebut untuk melihat lebih dekat pesona alamnya.

  1. Pulau Handeleum

Pukau Handeleum merupakan destinasi wisata ketiga yang juga wajib untuk Anda kunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon, pulau yang satu ini lokasinya berada di ujung timur laut Semenanjung Ujung Kulon. Pulau Handeleum sendiri memiliki luas kurang lebih 220 hektar dan menjadi habitat bagi rusa, pulau yang satu ini juga akan menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona.

  1. Sungai Cigenter

Bagi Anda yang menyukai petualangan, maka Anda bisa mengunjungi Sungai Cigenter yang mana kondisi sungai yang satu ini masih sangat alami dan menyerupai Sungai Amazon di Brazil. Anda bisa menyusuri Sungai Cigenter yang ada di Pulau Handeleum ini dengan menggunakan perahu, selain itu Anda juga akan bisa menemukan beberapa hewan liar seperti rusa dan ular yang ada di sekitar sungai ini.

  1. Gunung Honje

Destinasi wisata kelima yang juga berada di Taman Nasional Ujung Kulon adalah Gunung Honje yang mana sangat sesuai untuk dikunjungi oleh para pecinta alam. Anda bisa mendaki Gunung Honje melalui Desa Tamanjaya, meskipun Anda akan menempuh jalur pendakian yang cukup menantang, namun rasa lelah Anda akan terbayar oleh keindahan alam dari Gunung Honje.

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Taman Nasional Ujung Kulon, maka Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata favorit yang ada di atas.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com