Cara Pasang XBOX 360 ke TV Terbaru

Fitri Tamara 0
xbox

Salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan ialah bermain game. Bahkan, tak sedikit gamers yang rela berjam-jam di depan monitor untuk menyelesaikan permainannya. Untuk memainkan sebuah game, dibutuhkan sebuah konsol tertentu. Setiap orang punya konsol favoritnya masing-masing, salah satunya adalah XBOX 360. Konsol tersebut dapat dipasang ke TV juga, lho, asalkan kamu paham cara pasang XBOX 360 ke TV.

 

Dua Cara Pasang XBOX 360 ke TV

Tidak berbeda dengan beberapa jenis konsol yang lain, XBOX 360 juga dapat dipasang dihubungkan ke TV. Sensasi memainkan game dengan monitor yang besar tentu memberikan kesan tersendiri. Pasalnya, kamu dapat melihat visual dengan lebih jelas dan tak jarang juga mempermudah penyelesaian permainan.

Buat kamu yang baru saja membeli konsol yang dikembangkan Microsoft tersebut, penting untuk memahami cara pasang XBOX 360. Dengan memahaminya, barulah kamu dapat memainkan berbagai jenis permainan yang kamu inginkan. Ada dua cara yang dapat kamu coba, yakni menggunakan kabel komponan dan kabel HDMI.

 

Cara Pertama: dengan HDMI

Bermain game dengan tampilan berkualitas full HD tentu menjadi impian tersendiri. Namun, TV yang digunakan harus compatible supaya bisa mendukung hal tersebut. Tidak hanya itu, XBOX milikmu juga harus tersedia port kabel HDMI. Kalau kamu sudah memastikan bahwa kedua perangkat sudah memenuhi persyaratan, barulah membeli kabelnya.

Cara pasang XBOX 360 diawali dengan mencolokkan kedua ujung kabel ke TV dan XBOX. Kemudian, kamu dapat menyalakan TV untuk mengatur mode video. Kalau sudah, sekarang kamu dapat menyalakan XBOX 360, lalu membuka “My XBOX”. Kamu diharuskan untuk mengatur konsol dan mengatur layar. Dengan HDMI, kamu dipastikan dapat menikmati kualitas HD penuh mencapai 1080p.

 

Cara Kedua: dengan Kabel Komponen

Cara kedua ini umumnya dipakai oleh orang-orang yang TV-nya tidak terdapat connector HDMI. Jadi, buat kamu yang TV-nya tidak terdapat HDMI tidak usah khawatir. Kamu masih dapat memasangnya dengan kabel komponen. Kamu cukup mencolokkan beberapa kabel komponen yang sudah disediakan oleh XBOX 360.

Cara pasang XBOX 360 dimulai dengan mempersiapkan XBOX beserta komponennya dan tentu saja TV yang akan dipakai. Kalau sudah siap, maka kamu bisa langsung menyambungkan konektor AV ke XBOX. Setelah itu, kamu diharuskan mencolokkan kabel komponen ke port TV. Perlu dicatat bahwa kabel komponen yang akan dicolokkan harus disesuaikan dengan warnanya. Yang harus dicolokkan ialah warna merah dan putih untuk menghubungkan audionya.

xbox
digitaltrends.com

Langkah berikutnya dilakukan dengan mencolokkan kabel komponen berwarna hijau, merah, dan biru yang difungsikan untuk menghubungkan gambar. Koneksi kabel komponen tadi dapat mengirimkan sinyal yang tinggi. Berikutnya, sakelar dapat digeser ke HDTV kalau TV-mu kompatibel. Kalau tidak, maka kamu bisa memilih yang kualitasnya standar. Akan tetapi, gantilah tiga kabel yang dicolokkan tadi menjadi kuning plus merah dan putih.

Tidak berhenti di situ, sekarang kamu diminta untuk menghidupkan TV untuk mengatur mode video pada komponen. Kemudian, kamu sudah bisa menyalakan XBOX untuk mengatur konsol pada pengaturan sistem yang ada di menu “My XBOX”. Sedangkan untuk mengatur layar, kamu dapat memilih resolusi yang compatible di pengaturan HDTV. Nah, begitulah cara pasang XBOX 360 ke TV dengan kabel komponen.

 

Kedua cara pasang XBOX 360 ke TV tidak serumit yang dibayangkan. Yang terpenting kamu teliti ketika memasangnya. Kalau tidak berani memasangnya sendiri, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada orang lain.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com