Cara Menyambungkan dan Menghubungkan HP ke TV Biasa Tanpa Kabel

Fitri Tamara 0

Cara Menyambungkan HP Ke TV – Saat ini teknologi sudah semakin canggih, televisi kini sudah bisa dijadikan monitor untuk HP. Dengan teknologi seperti itu, kita bisa lebih nyaman berbagi dengan teman-teman kita terkait tayangan di smartphone. Kita bisa melihat tayangan di smartphone menggunakan layar yang lebih besar dengan TV sebagai monitornya.

Kita bisa menggunakan televisi sebagai monitor tambahan untuk presentasi, kegiatan belajar mengajar, dan juga hiburan. Ada banyak cara untuk menyambungkan HP ke televisi. Secara garis besar ada yang menggunakan kabel dan ada yang tanpa kabel. Untul lebih lanjutnya, simak ulasan artikel yang akan kami jelaskan di bawah ini :

Cara Menyambungkan HP ke TV Menggunakan Kabel HDMI

Salah satu cara menyambungkan HP ke TV ialah dengan menggunakan kabel. Caranya sangat sederhana sekali karena tidak memerlukan aplikasi tambahan. Hanya saja kita harus memperhatikan port kabel HP.

Karena ada dua jenis kabel yang bisa kita gunakan, yakni kabel micro HDMI ke HDMI dan kabel MHL yang memiliki sambungan micro USB ke HDMI. Kabel tersebut banyak dijual di marketplace Indonesia. Kita tidak akan kesulitan mendapatkannya.

pricebook.co.id

Berikut ini cara menyambungkan HP ke TV menggunakan kabel.

1. Kita harus memastikan TV dalam keadaan mati terlebih dahulu
2. Kemudian, kita colokkan kabel micro ke lubang tempat yang biasa digunakan untuk mengisi baterau HP
3. Kemudian ujung kabel lainnya, kita colokkan ke port HDMI di TV
4. Selanjutnya kita nyalakan TV
5. Ketika ada notifikasi di HP, silahkan centang pada opsi “HDMI Connection”
Setelah beberapa hal tersebut dilakukan, berarti pemasangan sudah selesai. Kita bisa menikmati tayangan yang ada pada HP kita di layar TV yang lebih besar.

Apa Saja Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Menyambungkan HP Ke TV Tanpa Menggunakan Kabel?

Cara Menyambungkan HP Ke TV Tanpa Menggunakan Kabel

Selain menggunakan kabel, kita juga bisa menyambungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel atau wireless. Cara seperti ini akan terlihat lebih ringkas dan tidak mengganggu pemandangan. Sedangkan untuk cara seperti ini kita bisa menggunakan fitur bawaan yang sering disebut Miracast.

Adapun langkah – langkah pemasangannya akan kami jelaskan di bawah ini :
1. Kita harus memastikan HP kita sudah mendukung fitur Miracast atau Wireless Display terlebih dahulu.
2. Kemudian kita nyalakan TV dan silahkan cari menu untuk mengaktifkan setelan Miracast atau Screen Mirroring.
3. Ketika setelan Miracast pada TV sudah aktif, maka TV akan memindai perangkat terdekat yang mengaktifkan fitur Wireless Display.
4. Kita juga harus memastikan HP berada dalam area jangkauan pemindaian TV.
5. Selanjutnya kita buka HP, lalu menuju menu Settings. Kemudian klik menu Connection & Sharing, selanjutnya pilih opsi Cast.
6. Selanjutnya setelah mengaktifkan Cast, maka HP akan memindai TV yang sedang mengaktifkan fitur Miracast.
7. Kemudian kita tinggal menunggu sampai HP dan TV tersinkronisasi dengan baik.
.
Sekali lagi, kita harus memastikan bahwa HP maupun TV sudah memiliki kelengkapan terkait penyambungan tanpa kabel atau wireless. Karena, jika salah satunya tidak memiliki kelengkapan maka penyambungan yang dilakukan tanpa kabel tidak akan berhasil.

Nah, itulah tadi beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara yang bisa dilakukan untuk menyambungkan HP ke TV. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menonton video dengan menggunakan layar yang lebih besar.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com