Cara mendidik anak dengan generasi Alpha!!

Fitri Tamara 0

Pernah dengar istilah Generasi Alpha?

Bi

sa dibilang generasi alpha merupakan anak-anak yang lahir di antara tahun 2010 hingga 2025 nanti.

Nah, mendidik anak generasi alpha tentunya punya tantangantersendiri. Jika milenial hidup saat teknologi mulai berkembang, anak-anak generasi alpha sudah hidup di zaman teknologi yang kian pesat. Bahkan, sebelum mereka lahir telah memiliki jejakdigital yang memperlihatkan perjalanan hidup mereka sejak di dalam kandungan. Benar bukan?
Dalam mendidik anak generasi alpha atau alpha generation, adabeberapa hal yang perlu dilakukan orangtua :

1. Pahami kebutuhan anak

Coba perhatikan, apa yang sebenarnya dibutuhkan anak. Misalnya, saat anak sudah berusia 4 tahun, perhatikanbagaimana perkembangannya. Apakah sudah berjalan denganbaik atau belum?

2. Kemudian sadari potensi anak

Potensi yang dimaksudkan tentu saja tidak hanya bersifat positif, namun juga potensi kurang baik. Sebagai contoh, jika melihatanak kurang dalam melakukan aktivitas fisik, maka Parents perlu mendorong dan mendampinginya.

Kalau anak sudah terlihat malas gerak karena terlalu banyakterpapar gadget atau hanya mau bermain di rumah, hal iniberisiko membuat anak obesitas. Oleh karena itu, orangtuamemang perlu mempelajari potensi anak.

3. The power of play

Dunia anak tentu saja dunia bermain. Hal ini tentu saja perludisadari semua orangtua. Namun, penting juga untuk terusmendampingi anak.

Dengan melakukan interaksi dan menemani anak bermain tentu diperlukan untuk membina hubungan yang baik. Sebagaiorangtua, kita perlu menjadi orang yang utama dan pertamaditemui anak saat ia merasa ada masalah, anak akan kembali dandatang pada kita, bukan pada orang lain. Artinya, jangan lupauntuk terlibat jika anak sedang bermain. 

4. Mengajarkan kemampuan sosial

Satu hal tak kalah penting adalah mengajarkan anak kemampuansosial dan berinterasi dengan baik. Terutama dalam hal caramenghargai dan berempati dengan temannya.

Hal ini bisa dimulai dengan cara sederhana, yaitu dengan mendampingi anak bermain. Dengan bermain bersamatemannya, orangtua bisa memulai mengajarkan bagaimana sih, cara kenalan dengan teman baru, atau bagaimana bisa berbagidengan teman-temannya.

Jadi, sudah siap belum menghadapi tantangan membesarkananak generasi alpha?(fen)

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.