Beragam Kemudahan yang Bisa Diperoleh dari NAS Server

Fitri Tamara 0

Beragam Kemudahan yang Bisa Diperoleh dari NAS Server – Sebagian besar dari Anda mungkin masih merasa asing dengan istilah network attached storage. Seperti juga namanya network attached storage atau disingkat dengan NAS memiliki kegunaan dalam memusatkan sistem storage sehingga dapat diakses secara mudah melalui jaringan.

Anda dapat mengaksesnya dengan mudah melalui Windows Explorer system storage atau Anda juga bisa mengaksesnya melalui browser-browser internet. Hal ini sejalan dengan sistem NAS yang memang bertujuan untuk membangun service cloud yang dapat melayani dalam hal kebutuhan akan akses data secara efisien serta efektif.

Apa saja kemudahan yang ditawarkan oleh NAS?

NAS juga memiliki fitur-fitur andalan yang dapat digunakan untuk menunjang kinerja sistemnya sehingga dapat bekerja secara lebih optimal. Namun, hal yang perlu Anda ketahui bahwasannya fitur-fitur untuk sistem operasi NAS ini berbasis Linux, seperti contohnya http access, FTP, SAMBA dan lain sebagainya.

Berikut adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh NAS, diantaranya meliputi:

pemkomedan.go.id

1. Dilengkapi dengan teknologi RAID
Network attached storage server umumnya akan dilengkapi dengan teknologi ini. Sehingga hal tersebut memungkinkan dalam penggabungan beberapa harddisk menjadi satu kinerja. Dengan kemampuan itu tentunya akan bisa akibat meminimalisir rusaknya hardisk serta masalah-masalah lain seperti hilangnya data dan lain-lain.

2. Dilengkapi dengan fitur Hot Swappable
Dengan adanya fitur Hot Swappable ini Anda tidak perlu lagi mematikan server terlebih dahulu untuk mengganti hardisk Anda. Tentunya hal itu akan sangat menguntungkan terlebih jika saat itu server sedang Anda akses dengan tujuan untuk melakukan konfigurasi hardisk, maintenance hardisk ataupun menggantinya.

3. Akses lewat Web
Hal lain yang bisa kita dapat dari network access storage ini yaitu dapat diakses melalui website protokol. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi tertentu ketika ingin mengakses sebuah file yang terdapat di dalam NAS server saat sedang tidak menggunakan gadget.

Namun perlu diketahui bahwa ini tidak hanya bisa diakses melalui website saja. Namun akses aplikasi juga dapat dilakukan dimanapun selama Anda masih bisa terkoneksi ke alamat IP NAS server.

4. Authorization dan Autentication
Selanjutnya yaitu kemudahan dalam akses yang didukung dengan pengaturan user yang bisa dilakukan lewat administrator. Dengan begitu maka user dapat ditentukan maupun dibatasi untuk hak aksesnya. Serta kegiatan usaha selama melakukan akses terhadap NAS server ini dapat di monitoring secara langsung.

Dalam hal ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari network access storage.

Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh network access storage, meliputi:

1. Proses perawatan yang mudah serta tidak membutuhkan biaya yang mahal baik itu konfigurasi maupun set up.
2. Dapat dilakukan generall storage
3. Akses terhadap data yang berada di local area network dapat dilakukan dengan lebih cepat.
4. Memiliki sistem database.
5. Menawarkan software open source
6. Mampu untuk melakukan backup data.
7. Dapat berbagi file dengan perangkat-perangkat lain yang berbeda.
8. Terdapat file multimedia seperti contohnya gambar, lagu film serta klip.
Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwasanya network access storage memberikan cara yang lebih praktis serta aman dalam hal penyimpanan file dalam jaringan.

Itulah beberapa pemabahasan yang dapat kami jelaskan mengenai beragam kemudahan yang bisa di peroleh dari NAS Server. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com