Archie, Mesin Pencarian Internet Pertama Di Dunia

Fitri Tamara 0

Anak-anak millenial dikisaran usia 25-an mungkin hanya populer dengan nama Google untuk Internet search engine, berhubung situs pencari yang didirikan Larry Page dan Serge Brin itu launching disekitar tahun anak-anak zaman sekarang lahir.

Bahkan Yahoo dan Alta Vista yang hadir beberapa tahun sebelum Google dan lebih dahulu populer, kini kalah pamor dan sebagian orang bahkan tidak ingat untuk menggunakannya sebagai mesin pencari utama di smartphone ataupun komputernya. Kini ada pertanyaan menarik, apakah Yahoo merupakan mesin pencarian pertama di dunia?

Jawabannya bukan. Search engine pertama yang lahir adalah Archie, didirikan tahun 1990 oleh Alan Emtage – seorang mahasiswa pascasarjana teknologi informasi di McGill University Montreal, Kanada. Ia diminta untuk menemukan sebuah software untuk para mahasiswa dan fakultas lain. Kemudian ia menulis beberapa kode yang selanjutnya dikenal sebagai Archie – berasal dari “Archive” tanpa huruf V.

Tentu jangan samakan Archie dengan mesin pencari yang kita kenal sekarang.  Tidak ada iklan apalagi grafik atraktif seperti yang biasa kita temui saat ini. Saat pengguna masuk, mereka akan menemukan halaman berbasis teks dengan beberapa opsi parameter penelusuran.

Di tahun-tahun perdana internet, Archie sebenarnya hanyalah indeks situs File Transfer Protocol (FTP), yang pada dasarnya menjadi cara untuk mentransfer file antar komputer. Setelah hasil search ditemukan, pengguna harus men-download file sebelum bisa membuka apa yang ada di dalamnya. Terbayang?

Archie tentu saja belum sepintar Google yang bisa menggunakan keyword bahasa sehari-hari. Juga belum bisa menebak, atau mengkoreksi jika ada salah pengetikan. Jadi pengguna harus memastikan untuk membatasi pencarian pada satu kata yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

Pada akhirnya Archie memang tidak mendapat izin dari pihak Universitas dan terhenti hanya sebagai fasilitas internal McGill University, sebagai gantinya Emtage dan teman-temannya mendirikan Bunyip Information System yang didedikasikan sebagai penyedia informasi jagat Internet.  Apa yang tersisa dari Archie? lisensi komersial sebagai pioneer mesin pencari telah dipakai produk-produk sejenis untuk dipakai jutaan orang diseluruh dunia saat ini.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.