Apa Itu ICloud Serta Apa Saja Fungsinya?

Fitri Tamara 0

Apa Itu ICloud Serta Apa Saja Fungsinya? – Jika Anda adalah pengguna iPhone maka Anda tidak akan asing dengan yang namanya iCloud. Fitur ini merupakan fitur bawaan Apple. Saat Anda pertama kali membeli iPhone maka hal pertama yang akan dilakukan yaitu mengaktifkan fitur iCloud Drive.

Hal tersebut dilakukan karena memang iPhone akan bekerja lebih maksimal lagi ketika terdapat fitur iCloud di dalamnya. ICloud berperan penting dalam sistem operasi penyimpanan cloud dari Apple inc. Dengan menggunakan fitur ini maka Anda akan lebih mudah dalam mengakses semua file-file di perangkat iPhone Anda.

Lebih jauh bahkan fungsi iCloud untuk iPhone ini dapat diakses melalui Android maupun Windows. Fitur ini juga membuat perangkat-perangkat Apple dapat sinkron antara satu dengan yang lainnya. Sehingga disini Anda sebagai pengguna bisa mengakses yang berisi dokumen-dokumen Anda menggunakan koneksi internet.

Bagi para pengguna iPhone fitur ini dapat digunakan secara gratis. Di dalam iCloud juga terdapat berbagai macam fitur yang sangat berguna bagi Anda sebagai pamakainya.

ICloud sebagai penyimpanan dengan basis cloud berguna dalam penyimpanan musik, sinkronisasi kontak serta kalender, lokasi perangkat dan juga email. Sehingga secara umum layanan iCloud ini berguna dalam menyimpan beragam informasi di komputer dengan jarak jauh yang disebut dengan server cloud.
Keberadaan iCloud pada perangkat iPhone menyebabkan perangkat ini tidak membutuhkan tempat penyimpanan ruang khusus, karena memang penyimpanan dilakukan secara online.

liputan6.com

Apa saja fungsi iCloud?

Berikut akan diulas lebih jelas mengenai 4 manfaat adanya fitur iCloud ini. 4 manfaat tersebut antara lain yaitu:

1. iCloud storage
Jika Anda termasuk salah satu pengguna Apple, maka Anda akan mendapatkan gratis penyimpanan iCloud dengan kapasitas sebesar lima giga bait. Dengan tempat penyimpanan itu Anda bisa menyimpan bermacam-macam dokumen, seperti contohnya video, file-file penting, cadangan perangkat dan juga foto.
File Anda tersebut akan disimpan dengan aman oleh iCloud Drive. Anda juga dapat membagikan file-file tersebut di iPad dan iPhone melalui finder di mac.

2. Tempat penyimpanan yang aman bagi video dan foto
Fungsi selanjutnya dari iCloud adalah sebagai tempat penyimpanan video serta foto-foto Anda. Dengan Anda menyimpan semua video serta foto Anda di iCloud, maka itu akan membuat Anda dapat mengaksesnya melalui perangkat iOS, Apple TV perangkat iPadOS, icloud.com serta Mac.

Saat Anda melakukan proses pengeditan melalui app photo, maka perubahan tersebut akan diperbarui secara otomatis di semua akun. Dengan adanya album bersama akan sangat memudahkan bagi Anda untuk berbagi video serta foto dengan orang-orang yang telah Anda pilih dan undang sebelumnya.

3. File dapat diakses di semua perangkat
Seperti telah dijelaskan bahwasanya iCloud memiliki peranan untuk menyimpan dokumen serta file-file yang penting. Anda bisa mengakses dokumen tersebut di semua perangkat dan juga melalui website resmi dari iCloud.

Untuk dapat berbagi dokumen serta file-file penting tersebut dengan pengguna iCloud yang lain maka Anda dapat menggunakan fitur iCloud sharing. Anda juga dapat mengundang para pengguna lain agar bisa mengedit serta mengakses dokumen Anda.

4. Bermanfaat dalam pencadangan file
Fungsi iCloud selanjutnya yaitu berguna dalam backup file atau pencadangan file serta pengaturan di perangkat Apple Anda. Saat Anda melakukan backup pada iPad, iPod touch serta iPhone, Anda akan memiliki salinan dari file-file tersebut sehingga itu akan melindungi dokumen Anda saat perangkat rusak ataupun hilang.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com