5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik untuk Karyawan dan Siswa

Fitri Tamara 0

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online. Untuk mengurangi mobilitas serta kontak dengan orang lain, selama kurang lebih satu tahun ini hampir seluruh kegiatan dilakukan dari dalam rumah, termasuk sekolah hingga aktivitas perkantoran.

Dalam kegiatan tersebut tentunya dibutuhkan perekaman kehadiran untuk memastikan bahwa siswa / karyawan benar – benar hadir pada waktu itu. Oleh karena itu, sebagai jalan keluarnya, diciptakan aplikasi – aplikasi absensi online yang dapat digunakan dari manapun dengan catatan akses GPS diaktifkan.

wonogirikab.go.id

Aplikasi Absensi Online

Menggunakan aplikasi absensi online dapat memberikan keuntungan kepada para penggunanya. Karena aplikasi – aplikasi absensi online ini menawarkan berbagai kemudahan.

Tak hanya perkantoran saja yang dapat memanfaatkan aplikasi ini, namun institusi pendidikan seperti sekolah dan kampus juga dapat memanfaatkannya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi absensi online yang dapat Anda gunakan, antara lain :

Apa Saja Aplikasi Absensi Online yang Dapat Digunakan ?

 

  1. Hadirr

Aplikasi online yang dapat Anda gunakan selama work from home seperti sekarang ini adalah Hadirr. Hadirr ini dilengkapi dengan fitur GPS (Global Positioning System) untuk memastikan bahwa pengabsenan dilakukan pada lokasi yang telah disepakati sebelumnya. Jadi, Anda perlu melakukan konfirmasi dimana tempat dilaksanakannya proses pengabsenan.

Selain GPS, aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem deteksi biometrik yang berbasis face recognition yang mampu mengenali dan memastikan bahwa yang melakukan absensi adalah orang yang benar sehingga meminimalisir adanya kecurangan absensi yang dilakukan oleh karyawan.

  1. AbsenKu

Sama seperti aplikasi absensi pada umumnya, yang mana aplikasi absensi ini juga dilengkapi  dengan fitur GPS untuk mengecek lokasi dilakukannya pengabsenan. Aplikasi AbsenKu ini juga memudahakan Anda dalam hal laporan aktivitas karyawan, informasi slip gaji, hingga kehadiran.

Aplikasi AbsenKu ini dapat Anda gunakan secara gratis selama 30 hari dengan akses trial yang diberi. Sementara untuk penggunaan selanjutnya, akan dikenakan biaya sebesar Rp7000 per karyawan.

  1. KaryaONE

Aplikasi absensi yang satu ini akan memudahkan proses pengabsenan Anda, karena aplikasi ini dapat melakukan proses integrasi data dari mesin absen konvensional dengan baik. Anda dapat menggunakan basis data dari sistem absensi berbasis fingerprint ke dalam aplikasi untuk diolah kembali.

Selain proses integrasi dengan basis data yang mudah, apliksi ini juga memberikan fitur pengajuan izin/cuti melalui aplikasi sehingga tidak perlu menemui atau melakukan perizinan secara langsung kepada penganggung jawab.

  1. ESS Gaji ID

ESS Gaji ID merupakan aplikasi absensi online dengan fitur yang cukup lengkap, fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini, yaitu fitur absensi online, kalender pegawai, perizinan dan cuti, hingga informasi mengenai pegawai.

Aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan dompet digital Dana untuk memudahkan transaksi seperti cetak slip gaji cetak slip gaji contohnya. Proses perekaman kehadiran pada aplikasi ini kurang lebih sama dengan aplikasi – aplikasi absensi online yang lain, yaitu pengguna diharuskan untuk mengaktifkan fitur GPS yang ada pada ponsel mereka serta kamera depan untuk dilakukan pengambilan foto wajah.

  1. Smart Presence

Aplikasi Smart Presence ini tidak hanya direkomendasikan pada lingkup pekerja kantoran saja, melainkan juga dapat digunakan untuk merekam kehadiran siswa pada proses belajar mengajar.

Penggunaan di lingkup sekolah atau kampus, aplikasi ini dapat menghubungkan antara perangkat guru dengan orang tua. Sehingga segala aktivitas belajar siswa dapat dilaporkan secara langsung oleh pengajar secara realtime.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com