5 Cara Mengatasi Server Down Bermasalah Check

Fitri Tamara 0

5 Cara Mengatasi server down – Kemungkinan besar web server down diawalibdengan website yang awalnya baik-baik saja lalu tiba – tiba website tersebut tidak dapat diakses atau server down.

Server down bisa terjadi karena website menerima trafik yang membludak dan resource server tidak mencukupi untuk melayani service client.

Akhirnya hosting lambat dan server down. Carilah penyebab server down sebelum mengatasinya. Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi serven down, sebagai berikut :

Bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi server down?

1. Server Down karena Trafik

Jika server Anda down karena trafik yang membludak, Anda dapat mengatasinya dengan mengupgrade server hosting yang dipakai.

Penting sekali memperhatikan spesifikasi untuk menentukan performan dari hosting yang dipakai saat upgrade hosting. Anda dapat memakai hosting unggulan, yang memiliki resource yang besar dan performa yang tinggi.

Pilihlah hosting yang memang dirancang untuk fokus performa server dan untuk optimasi kecepatan website berapapun pengunjung website tersebut, atau hosting yang dirancang memiliki fitur turbo power yang berfungsi untuk mengupgrade resource 2x lipat hanya dengan beberapa klik.

Hosting tersebut akan membuat kondisi website Anda tetap stabil dan cepat.

glints.com

2. Server down karena Hacker

Penyebab server down selanjutnya adalah serangan hacker, hacker biasanya membanjiri trafik lalu lintas jaringan dengan tujuan menghabisi resource server. Banyak sekali teknik yang digunakan hacker untuk membuat data server mengalami masalah sehingga tidak berfungsi.

Sementara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan cloudflare, sebagai penangkal serangan hacker dan menggunakan web hosting yang memiliki keamanan tinggi.

3. Data Center Server down

Di dalam website terdapat data senter yang akan terus menerus bekerja dan berjalan, di dalam data center juga terdapat berbagai proses seperti sinkronisasi, backup data hingga proses olah data.

Hal tersebut dapat menyebabkan data center mengalami sedikit masalah dan berakibat pada server down. Penyedia layanan hosting akan segera mengatasi masalah ini dengan cepat.

Penyedia layanan hosting akan selalu menyiapkan pencegahan jika hal tersebut terjadi, dan menjaga uptime data center sebaik mungkin serta mempersiapkan banyak langkah pencegahan.

Gunakanlah provider hosting terpercaya agar dapat teratasi dengan baik tanpa harus repot-repot menunggu kurun waktu yang amat lama.

4. Masalah pada DNS atau Single Point of Failure

Jika website Anda tidak dapat diakses sedang web server dalam keadaan normal maka terjadi masalah pada DNS, jika DNS bermasalah akan menyebabkan server dan website tidak dapat terintegrasi sehingga tidak bisa diakses.

Hubungi customer service untuk menanyakan dan meminta bantuan mengatasi masalah jika website mengalami server down.

Single Point of Failure merupakan titik kelemahan yang ada di sebuah sistem yang digunakan, server Anda akan mengalami failed, eror, atau gagal dan akan menyebabkan seluruh sistem di website berhenti berfungsi.

Agar masalah server down karena SPOF teratasi dapat dengan merancang design perencanaan yang baik, dari segi pemilihan hardware, software dan lainnya.

5. Pemadaman listrik mendadak

Hal yang kali ini amat tidak terkontrol karena server pasti tidak akan hidup, walau kebanyakan data center selalu memiliki cadangan energi.

Data center tidak akan sempat mempersiapkan energi cadangan jika terjadi pemadaman listri secara mendadak. Seperti halnya kasus yang membuat situs besar seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainnya mengalami down karena pemadaman listrik mendadak.

Semoga berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com