5 Alasan Mengapa Android Perlu Di-root

Fitri Tamara 0

5 Alasan Mengapa Android Perlu Di-root – Ponsel berbasis Android kini merupakan sebuah smartphone yang paling banyak digunakan oleh banyak orang di dunia. Smartphone yang kini telah menjadi kebutuhan utama dalam bagian hidup masyarakat modern yang memudahkan pekerjaan dan aktivitas sehari – hari. Sistem android merupakan sistem yang dibuat dan dikembangkan oleh google ini telah merambah dalam pasar teknologi dan tengah bersaing dengan iOS dalam pasar smartphone. Ponsel berbasis android disukai karena mudah digunakan dan harganya yang tergolong lebih terjangkau dibanding ponsel dengan sistem operasi lain.

Jika anda merupakan seorang pengguna android, agaknya anda sudah tak asing lagi dengan istilah root. Root pada android memungkinkan para penggunanya untuk lebih memiliki akses ke perangkat yang dimiliki, dimana nantinya anda akan dapat mengatur sistem pada smartphone milik anda sendiri, menginstall aplikasi bawaan yang kadang menjengkelkan dan banyak terdapat bug dan juga masih banyak manfaat lainnya bagi android yang sudah di root. Bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam lagi, anda dapat menyimak beberapa ulasan singkatnya dibawah ini tentang mengapa ponsel android memerlukan akses root.

5 Alasan Mengapa Android Perlu Di-root

  1. Menghapus Aplikasi Bawaan

Alasan yang pertama mengapa android perlu di root adalah untuk dapat menghapus aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan hp biasanya memiliki suatu bug yang dapat mengganggu kinerja sistem jika pada aplikasi tersebut ditemukan bug dan eror. Aplikas bawaan juga banyak memakan jatah ruang penyimpanan. Yang mana otomatis penyimpanan pada ponsel akan tiba tiba penuh meski anda tidak pernah membukanya karena aplikasi ini berjalan dilatar belakang.

  1. Backup dan Restore Semua Aplikasi

Alasan yang kedua mengapa android perlu di root adalah untuk dapat membackup dan melakukan restore pada aplikasi yang telah di instal sebelumnya. Opsi ini dilakukan apabila anda hendak melakukan factory reset pada smartphone jika ponsel anda dinilai sudah tidak optimal lagi performanya. Sebelum anda melakukan reset tersebut, disarankan bagi anda untuk melakukan backup dan merestore beberapa aplikasi jika ponsel anda sudah diroot. Dengan begitu anda tidak perlu repot untuk merestore aplikasi yang dibutuhkan jika ponsel anda telah selesai di reset.

  1. Memasang Custom Recovery

Alasan yang ketiga mengapa android perlu di root adalah untuk dapat memasang custom recovery. Setiap smartphone berbasis android telah dibawai fitur recovery mode yang mana pada fitur ini anda dapat melakukan berbagai perintah. Dengan menginstall recovery custom anda nantinya dapat mengganti dan mengcustom rom pada smartphone anda. namun tentunya ponsel anda harus dalam keadaan root terlebih dulu jika ingin menginstall custom recovery.

  1. Custom ROM

Alasan yang keempat mengapa android perlu di root adalah untuk dapat mengcustom rom. Rom bawaan dengan tampilan yang monoton dapat menimbulkan rasa bosan saat menggunakan ponsel. Anda dapat melakukan custom rom pada smartphone dengan catatan sudah melakukan root smartphone dan menginstall recovery custom. Dengan mengcustom rom, anda dapat mengubah tampilan dan meringankan beban sistem karena rom bawaan biasanya berat jika telah lama digunakan.

  1. Kontrol Kernel dan CPU

Alasan yang terakhir mengapa android perlu di root adalah untuk dapat mengontrol kernel dan cpu. Dengan melakukan root pada ponsel android, anda dapat melakukan kontrol penuh pada kinerja kernel smartphone dan juga cpu nya. Anda dapat melakukan overclock untuk memperlancar dan meningkatkan kinerja cpu agar bekerja lebih optimal dan otomatis kinerja ponsel anda menjadi lebih cepat.

Demikian beberapa alasan untuk melakukan root pada android. Semoga bermanfaat.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com