27 Kode Rahasia Xiaomi Beserta Fungsinya 2021

Fitri Tamara 0

 

27 Kode Rahasia Xiaomi Beserta Fungsinya 2021

 

Xiaomi saat ini jadi ponsel yang cukup populer di Indonesia. Ponsel asal China ini memiliki spesifikasi yang cukup tangguh dalam melakukan multitasking. Harga ponsel Xiaomi juga cukup terjangkau bagi sebagian masyarakat Indonesia. Salah satu alasan Xiaomi banyak diminati adalah Xiaomi ini dilengkapi berbagai fitur serta teknologi canggih.

Memiliki sebuah smartphone memang hal yang sudah sangat lumrah di zaman yang serba teknologi seperti ini. Selain fungsinya sebagai alat komunikasi layaknya ponsel umumnya, namun ada banyak hal lagi yang bisa dilakukan hanya dengan sebuah smartphone.

Perlu diakui, Xiaomi memang mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia dengan menawarkan produk yang berspesifikasi bagus, namun harganya terbilang murah dan ramah di kantong. Selain itu, ponsel Xiaomi juga punya beragam fitur yang berguna bagi penggunanya. Sebagai pengguna Xiaomi, tahukah kalian mengenai kode-kode rahasia Xiaomi?

Para pengguna ponsel Xiaomi perlu mengetahui beberapa kode rahasia yang perlu dipahami juga fungsinya. Tidak semua orang mengetahui tentang kode tersebut, maka dari itu simaklah 27 kode rahasia Xiaomi beserta fungsinya berikut ini.

 

Kode-kode Rahasia Xiaomi Beserta Fungsinya :

  1. Kode untuk Mengecek Kerusakan Xiaomi

*#*#64663#*#* – Kode ini yang paling utama khusus pengguna Xiaomi, ada 27 indikator yang dapat digunakan untuk mengecek apakah HP Xiaomi mengalami kerusakan atau tidak.

  1. Mengecek IMEI Smartphone

*#06#* – Kode ini adalah kode umum untuk mengecek IMEI sebuah smartphone termasuk Xiaomi. Cara ini adalah cara paling mudah dan tidak ribet dalam mengecek IMEI jika pengguna tidak suka membuka pengaturan.

  1. Melakukan Hard Reset Xiaomi

*2767*3855# – Kode ini disediakan oleh Xiaomi untuk hard reset ponsel Xiaomi. Pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakanya, karena bisa menghapus semua data di memori internal bahkan juga aplikasi sistem.

  1. Kode untuk Cek Informasi

*#*#4636#*#* – Pengguna Xiaomi bisa cek informasi mengenai status smartphone dengan memakai kode ini. Bisa juga melihat aplikasi apa saja yang berjalan di balik layar dan aplikasi mana saja yang memakan banyak baterai. Dengan kode ini, pengguna bisa menghentikan aplikasi untuk memperpanjang usia ponsel dan menghemat baterai.

  1. Melihat Versi Firmware

*#*#1234#*#* – Kode ini dipakai untuk melihat informasi firmware di Xiaomi. Firmware ialah perangkat lunak yang disimpan di penyimpanan read only yang tidak bisa berubah saat tidak dialiri oleh aliran listrik.

  1. Kode untuk Back Up File

*#*#273282*255*663282#*#* – Kode yang sangat panjang ini berfungsi untuk membuat cadangan / back up file di Xiaomi seperti foto, video, dan lainnya. Jika tak memerlukannya, maka sebaiknya tidak menggunakan kode ini.

  1. Cek FTA Xiaomi

*#*#1111#*#* – Kode ini berfungsi untuk melihat informasi FTA, FTA ialah perjanjian dagang antar negara.

  1. Kode untuk Test Mode

*#*#197328640#*#* – Kode yang khusus untuk service center, berfungsi untuk mengaktifkan test mode pada ponsel Xiaomi.

  1. Test Touch Screen Xiaomi

*#*#2664#*#* – Kode ini digunakan untuk mengetes layar sentuh pada ponsel Xiaomi. Tes layar tersebut berfungsi untuk mengecek sentivitas layar. Kode ini bisa pengguna gunakan jika layar Xiaomi sudah tidak responsive.

  1. Melihat Versi Touch Screen

*#*#2663#*#* – Kode untuk melihat versi layar sentuh atau touch screen ponsel Xiaomi.

  1. Cek WiFi dan Hotspot

*#*#232339#*#* – Merupakan kode untuk melakukan test apakah fitur Wi-Fi dan Hotspot di ponsel Xiaomi berfungsi dengan baik atau tidak.

  1. Cek Backlight dan Vibrate

*#*#0842#*#* – Berfungsi untuk mengecek LCD backlight dan juga tes fitur getar atau vibrator, apakah berjalan baik atau tidak.

  1. Cek Part Hardware & Software

*#12580*369# – Kode yang digunakan untuk melihat informasi mengenai part hardware dan software pada ponsel Xiaomi. Hal ini dapat dilakukan terutama jika pengguna ingin memodifikasi ponsel.

  1. Melihat PTA Hardware

*#*#2222#*#* – Kode untuk melihat informasi mengenai PTA Hardware.

  1. Mengecek RAM

*#*#3264#*#* – Kode yang digunakan untuk mengecek kapasitas RAM yang dimiliki ponsel Xiaomi.

  1. Cek LCD

*#*#0*#*#* – Kode untuk mengecek LCD yang ada di perangkat Xiaomi.

  1. Test Sensor Proximity

*#*#0588#*#* – Kode yang digunakan untuk mengetes sensor Proximity Xiaomi. Proximity adalah sensor jarak yang biasanya berfungsi untuk mendeteksi perubahan jarak antara benda dengan sensor tersebut.

  1. Test Bluetooth

*#*#232331#*#* – Kode ini berfungsi untuk test Bluetooth pada ponsel Xiaomi apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

  1. Test GPS

*#*#1472365#*#* – Kode ini digunakan untuk mengecek apakah fitur GPS bekerja dengan baik atau tidak.

  1. Melihat WiFi MAC Address

*#*#232338#*#* – Kode yang digunakan untuk melihat Wifi MAC address yang ada di ponsel Xiaomi

  1. Kode Layanan G Talk

*#*#8255#*#* – Gunakan kode ini untuk mengaktifkan atau menjalankan layanan G Talk monitor.

  1. Mengakhiri Panggilan Telepon

*#*#7594#*#* – Berfungsi untuk mengaktifkan mode end call / akhiri telepon dengan menekan tombol power. Kode ini bisa dipakai apabila layar ponsel Xiaomi tidak sensitif pada tombol merah yang biasa digunakan untuk mengakhiri panggilan telepon.

  1. Reset Pengaturan Pabrik

*#*#7780#*#* – Kode yang berfungsi untuk reset ponsel ke pengaturan pabrik. Sebelum menggunakan kode ini, pastikan telah melakukan back up pada data-data penting.

  1. Menggunakan Fungsi USB Login

*#872564# – Kode ini digunakan untuk menggunakan fungsi USB Login yang ada di perangkat ponsel, apakah ingin sekadar mengisi daya atau melakukan transfer file.

  1. Mengetahui Informasi Kamera

*#*#34971539#*# – Kode yang digunakan untuk mengetahui informasi kamera ponsel Xiaomi secara detail.

  1. Mode System Dump OS Android

*#9900# – Gunakan kode ini jika ingin masuk ke dalam mode System Dump OS Android, mode ini  biasanya digunakan untuk melakukan kustomisasi pada ponsel.

  1. Mengetahui Hasil Diagnosa Testing

*#9090# – Kode ini menyangkut perihal Diagnostic Configuration Testing. Pengguna bisa menggunakan kode ini untuk mengetahui hasil diagnosa dari serangkaian testing yang dilakukan.

 

Nah, itu dia 27 kode rahasia hp Xiaomi 2020 yang perlu diketahui sebagai pengguna ponsel merk Xiaomi. Dengan kode-kode ini, pengguna dapat bebas mengecek dan mengetahui berbagai aspek mengenai ponsel Xiaomi tersebut. Namun ada kode yang perlu diperhatikan secara seksama, misalnya kode *2767*3855#. Kode tersebut merupakan kode yang digunakan untuk melakukan hard reset ponsel Xiaomi.

Kode tersebut harus benar-benar diperhatikan sebelum menggunakannya untuk hard reset. Dikarenakan kode tersebut dapat menghapus data di memori internal hingga sistem aplikasi pada ponsel Xiaomi. Begitu pula dengan kode *#*#7780#*#*, kode untuk reset ke pengaturan pabrik. Sebaiknya sebelum menggunakan kode ini, pastikan telah melakukan back up pada data yang penting.

Demikian ulasan mengenai kode-kode rahasia Xiaomi beserta fungsinya. Dari 27 kode di atas, kode mana yang menurutmu paling berguna?

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.