10 Aplikasi Ringan Membuka File PDF di Android Populer 2020

Dalam dunia pendidikan atau kerja, sering kali harus berurusan dengan dokumen yang berformat PDF. Saat ini membuka file PDF tak harus dilakukan menggunakan komputer atau laptop, akan lebih praktis jika membuka PDF di smartphone. Berikut ini 10 aplikasi membuka file PDF di Android paling populer 2020.

 

  1. Google PDF Viewer

Google PDF Viewer dikembangkan oleh Google, yang pastinya sudah terintegrasi dengan Google Drive. Seperti aplikasi pembaca PDF di Android pada umumnya, aplikasi ini punya fitur esensial seperti pencarian teks, memilih teks untuk disalin, dan lainnya.

Di Play Store, aplikasi Google PDF Viewer sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Sudah mendapat ratusan ribu ulasan dan ratingnya 4.2/5, relatif memuaskan penggunanya. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2015 ini ukurannya cukup kecil, hanya 5 MB.

 

  1. Adobe Acrobat Reader

Mungkin ada banyak orang yang belum tahu kalau format PDF pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Adobe System. Jadi tak heran aplikasi Adobe Acrobat Reader jadi salah satu aplikasi pembuka PDF terbaik saat ini. Aplikasi ini sangat populer dan sudah didownload sebanyak lebih dari 500 juta kali di Play Store.

Adobe Acrobat Reader meraih rating tinggi 4.6/5. Tampaknya aplikasi ini memuaskan penggunanya dengan fitur-fiturnya seperti dapat memberi keterangan / annotations, memberi tanda tangan digital / signature, mengisi formulir, dan lainnya. Di aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengconvert file PDF ke Microsoft Word atau Excel.

Aplikasi Adobe ini juga sudah mendukung fitur dark mode, sehingga nyaman digunakan dalam keadaan low light. Aplikasi berukuran 45 MB sangat direkomendasikan untuk para pengguna Android. Dan layak menjadi salah satu aplikasi pembuka file PDF di Android paling populer 2020.

 

  1. WPS Office

WPS Office adalah aplikasi yang multifungsi, dapat digunakan untuk membuka file PDF, Word, Excel, hingga Powerpoint. Di WPS Office juga ada fitur konversi, mengonversi seluruh dokumen (text, word, excel, powerpoint) ke format PDF. Selain itu, bisa juga memberi tanda tangan pada PDF dan melakukan gabung & pisah PDF.

WPS bisa disambungkan ke Cloud Drive, sehingga dapat mengakses dan edit dokumen dengan mudah secara langsung dari Dropbox, Google Drive, Evernote, maupun OneDrive. Selain itu, aplikasi ini punya fitur mode malam hari dan tampilan mobile untuk pembacaan dokumen dan PDF.

WPS Office pernah mendapat gelar aplikasi terbaik 2015 versi Google Play dan saat ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store. Aplikasi berukuran 59 MB ini memeroleh rating 4.6/5.

 

  1. Foxit PDF Reader Mobile

Seperti beberapa aplikasi di atas, Foxit Mobile juga cukup populer sebagai aplikasi pembaca file PDF. Di aplikasi ini terdapat fitur untuk memberi anotasi, menandatangani dokumen, dan lainnya. Untuk memudahkan penggunanya, Foxit juga mendukung bookmark, manajemen PDF, dan penyimpanan cloud.

Pada fitur premium, pengguna dapat melakukan export PDF hingga edit PDF. Edit PDF meliputi beberapa hal seperti, memasukkan audio atau video ke PDF, menambah teks dan gambar, hingga mengubah document properties. Foxit PDF Reader bisa juga dipakai untuk memberi proteksi pada file PDF.

Aplikasi berukuran 63 MB ini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali dan mendapat rating 4.6/5.

 

  1. Pembaca PDF 2020 / PDF Reader 2020

Aplikasi yang rilis pada akhir tahun 2019 ini dikembangkan oleh Cute Wallpapers Studio, developer dari Vietnam. Pembaca PDF 2020 sudah didownload lebih dari 10 jita kali dan meraih rating 4.5/5. Ukuran aplikasinya tak terlalu besar, hanya 20 MB.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat mencetak file PDF langsung dari ponsel. Dapat mengekstrak semua gambar dari dokumen PDF dan menyimpannya dalam folder. Pengguna dapat memberi garis bawah maupun teks coretan pada dokumen PDF. Selain itu, aplikasi dapat dipakai untuk menambah teks pada PDF, menambah lingkaran, panah hingga garis pada dokumen PDF.

Tampilan aplikasi ini cukup ramah pengguna dan mudah digunakan. Semakin mudah dengan adanya fitur bookmark halaman PDF. Serta kemampuan untuk ekspor dan mencadangkan file PDF melalui fitur berbagi.

 

  1. Penampil PDF (Tapi LLC)

Aplikasi ini dikembangkan oleh Tapi LLC, developer asal Hongkong. Ukuran Penampil PDF ini sangat ringan, hanya 7.5 MB. Sudah didownload hingga lebih dari 10 juta kali dan mendapat rating 4.4/5.

Tampilan antarmuka aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan. Mendukung fitur zoom, bookmark dan ada pilihan untuk menampilkan layar untuk membantu membaca PDF. Termasuk Penampil PDF ini sudah mendukung dark mode.

 

  1. Simple PDF Viewer / Pembaca PDF Sederhana

Aplikasi Pembaca PDF Sederhana dikembangkan oleh Rizwan Chaudary, developer asal Pakistan. Aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali dan menorehkan rating 4.4/5. Dengan ukuran 21 MB, aplikasi ini mengusung tampilan yang cukup sederhana.

Aplikasi yang rilis tahun 2018 ini mendukung beberapa fitur, seperti pencarian dengan kata kunci, double tap untuk memperbesar dan memperkecil, hingga scrolling halaman horisontal dan vertikal. Selain itu, juga punya fitur mode malam untuk membaca di malam hari.

 

  1. Xodo PDF Reader & Editor

Meraih rating yang cukup tinggi 4.7/5, aplikasi Xodo ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali. Aplikasi berukuran 23 MB ini termasuk lengkap fiturnya. Pengguna bisa memberi anotasi, mengisi dan menandatangani form, hingga mengonversi word, excel, powerpoint ke format PDF.

Aplikasi ini bisa disinkronkan dengan Google Drive, Dropbox dan OneDrive. Aplikasi yang rilis pada tahun 2014 ini bisa melakukan merge & split PDF, rotasi halaman, dan sudah dioptimalkan untuk penggunaan S Pen.

 

  1. Polaris Viewer

Polaris Viewer dikembangkan oleh Infraware Inc, developer dari Korea Selatan. Pada tahun 2020, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali, namun sayangnya hanya mendapat rating 3.7/5 di Play Store. Meskipun ratingnya tak terlalu tinggi, tapi aplikasi ini cukup bagus fiturnya.

Dengan menggunakan Polaris Viewer, pengguna bisa membaca semua file dokumen seperti file Word, Excel, Powerpoint, PDF, file TXT, file ODT hingga file Zip. Aplikasi ini menyediakan mode malam dan mendukung fitur text to speech.

 

  1. SmartOffice

SmartOffice sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store dan diberi rating 3.9/5. Aplikasi berukuran 18 MB ini dapat berfungsi untuk melihat, membuat, edit, cetak & bagikan dokumen Office + PDF. Pengguna dapat memberi anotasi pada dokumen PDF dan mengonversi dokumen Office ke format PDF.

 

Itulah ulasan 10 aplikasi pembuka file PDF di Android populer 2020. Keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut sangat bermanfaat dan mudah digunakan. Dari 10 aplikasi pembuka file PDF di atas, aplikasi mana yang sudah kamu install?

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *