Strategi Bisnis Masa Pandemi, Perkara Penting Dalam Keadaan Genting

Strategi Bisnis Masa Pandemi Perkara Penting Dalam Keadaan Genting

Strategi bisnis masa pandemi merupakan suatu hal yang sangat penting. Pandemi seperti saat ini seakan-akan menyuruh entrepreneur untuk mengeluarkan ultimatum surat PHK serentak. Hal ini juga berdampak terhadap perekonomian dunia yang merosot dan juga harus memperjuangkan supaya tetap bertahan.

Tak hanya Indonesia saja, hampir semua negara juga mengalami sektor ekonomi yang terpukul mundur. Bahkan tak sedikit juga yang berhenti vakum selama masih pandemi. Hal ini yang membuat para pengusaha untuk menciptakan strategi khusus guna mempertahankan bisnisnya yang sudah susah payah mereka bangun.

Strategi Bisnis Masa Pandemi Perkara Penting Dalam Keadaan Genting
iap2.or.id

Beberapa Strategi Bisnis Masa Pandemi yang Bisa Anda Coba

Rekomendasi mengenai strategi bisnis pandemi ini mungkin dianggap sebagai suatu hal yang tidaklah mudah. Apalagi menurun drastisnya omzet yang masuk, tapi apa boleh buat demi bisa bertahan meski badai terus-terusan menghadang. Meskipun demikian, jangan ragu untuk melakukan dan mengamalkannya.

Memberi Diskon dan Penawaran Gratis

Mungkin strategi bisnis masa pandemi ini terdengar berlawanan untuk beberapa orang, tapi miraclenya itu sangat memuaskan. Salah satu contohnya adalah aplikasi Zoom. Justru sebelum pandemi, aplikasi ini tidak begitu penting kehadirannya.

Namun saat pandemi bermula, hampir separuh dari penghuni bumi ini menggunakan Zoom guna kegiatan belajar mengajar, meeting kantor, dan yang lainnya tetap berjalan. Bahkan pengguna Zoom melonjak menjadi 200 juta orang pada setiap minggunya.

Perusahaan Zoom memberikan penawaran gratis terhadap apa yang sudah mereka ciptakan. Kerennya, mereka itu tidak mengambil keuntungan sedikitpun. Karena memiliki banyak pengguna, justru membuat perusahaan untuk terus memberikan yang terbaik.

Mencoba Mengkolaborasikan Strategi

Tentunya anda juga sudah paham bahwa perusahaan yang sedang anda pertahankan saat ini pun mempunyai sisi kekurangan yang mungkin tidak diketahui masyarakat umum. Umumnya bisnis memiliki sisi kuat pada bidang kompetisi daripada bidang lainnya.

Inilah waktu yang tepat untuk anda mencoba strategi bisnis masa pandemi dalam melakukan kolaborasi dengan perusahaan lain yang sekiranya dapat membantu menciptakan dan membantu penawaran bagi para pelanggannya. Hal tersebut itu juga yang dapat menjadi identifikasi dengan siapa bisnis anda bisa sedikit menciptakan kemajuan dan menghasilkan kemitraan.

Setia dengan Pelanggan yang Lama

Untuk bisa mendapatkan pelanggan baru itu, biayanya lima kali lebih besar daripada mempertahankan yang sudah ada. Salah satu cara terbaik untuk anda bisa mempertahankan bisnis tersebut dengan melakukan strategi bisnis masa pandemi dengan mengutamakan kesetiaan kepada pelanggan.

Meski omzet anda mengalami penurunan, tapi setia itu juga sangatlah perlu. Tanpa kita sadari juga, bisnis saat ini lebih condong pada pemasaran digital dan juga teknologi.

Daripada anda menghabiskan akuisisi pelanggan yang belum tentu siap menjadi pelanggan setia, lebih baik jaga pelanggan lama selagi masih ada.

Melakukan Inovasi Bisnis

Tentunya inovasi dalam bisnis itu sangatlah penting bukan? Karena keadaan alam saat ini masih sulit untuk diajak berdamai, strategi bisnis masa pandemi seperti ini anda juga harus tetap berinovasi baru.

Jangan malah semangat bisnis anda menjadi kendur karena Corona dari Wuhan China ini, melainkan semangat dan ghiroh anda harus tetap menggelora. Dengan demikian, juga dapat membantu menghilangkan stres anda.

Menjadi Brand Story

Sudah menjadi kewajiban jika sebuah perusahaan itu fokus terhadap pelanggannya, meningkatkan, serta memberikan pengalaman yang terbaik untuk pelanggan. Bahkan juga menciptakan atau menjalin hubungan yang intensif.

Saat yang harus mewajibkan kita WFH, Physical Distancing, dan juga PSBB ini semua kegiatan dilakukan menggunakan teknologi canggih, salah satunya adalah smartphone. Nah, disinilah anda bisa melakukan strategi bisnis masa pandemi dengan menggunakan teknologi. Karena survei telah membuktikan, Corona membuat orang lebih suka membuka HP.

Beberapa strategi bisnis masa pandemi tersebut bisa anda coba sebagai solusi supaya bisnis anda yang sudah lama anda perjuangkan itu, tetap berdiri gagah di tengah-tengah Corona.

Tags: