Jenis, Fungsi dan Cara Tepat dalam Memilih Media Promosi

Fitri Tamara 0

Menjalankan sebuah bisnis adalah hal yang memang dirasa susah-susah gampang. Agar sebuah bisnis di sini dapat berkembang dengan pesat dan semakin maju, maka banyak sekali faktor yang menentukan di dalamnya. Salah satu faktor tersebut yaitu promosi.

Oleh karena itulah selain memikirkan mengenai bagaimana untuk membuat solusi yang bisa menyelesaikan banyak permasalahan dari para konsumen, maka seorang pelaku bisnis pun juga perlu untuk memikirkan bagaimana cara yang tepat untuk mempromosikan produk dengan lebih efektif lagi. Di sinilah salah satu peran dari media promosi. Dan untuk mengetahui info lebih jelasnya Anda bisa membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas!

Apa Saja Jenis-Jenis Media Promosi ?

 

Di dalam mempromosikan sebuah jasa atau pun produk, maka terdapat hal yang perlu untuk diingat oleh para pelaku bisnis. Agar disini promosi dapat berjalan lebih efektif serta mampu untuk menjangkau audient, maka Anda perlu menentukan secara tepat media promosi.

Banyak tersedia media promosi saat ini dan hal tersebut terkadang menciptakan kebingungan ketika hendak memilihnya. Promosi itu sendiri bisa diartikan sebagai aktivitas untuk menawarkan atau memberitahukan produk kepada para calon konsumen.

Dari pengertian tersebut, maka dapat diartikan disini media promosi merupakan sebuah media atau sarana yang dipakai dalam menawarkan produk kepada para konsumen tersebut. Dengan semakin berkembangnya zaman, saat ini telah tersedia banyak media promosi yang dapat digunakan.

Namun perlu diingat bahwasannya efektivitas dari promosi sangat ditentukan pada jenis media yang Anda pakai. Secara garis besar, media untuk melakukan promosi itu sendiri dibedakan jadi dua jenis. Dua jenis tersebut antara lain yaitu promosi offline dan media promosi online.

Blue Work Work Digital Marketing Image

Bagaimana Melakukan Promosi Menggunakan Media Online ?

 

Media Promosi Online

Media promosi online memiliki jangkauan yang luas dan biayanya pun relatif cukup terjangkau. Berbagai macam media promosi secara online dapat dipilih sesuai dengan strategi pemasaran yang akan diterapkan nantinya. Namun sebelum memulai dalam memasarkan produk maupun jasa menggunakan media online, maka berikut ini jenis-jenis media promosi secara online yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain yaitu :

  1. Sosial Media

Dapat dikatakan di sini bahwasannya media sosial merupakan salah satu dari media promosi online yang banyak sekali digunakan dan digemari oleh para pelaku bisnis. Terdapat beberapa macam media promosi yang bisa digunakan di platform sosial media tersebut.

Selain dengan cara tanpa berbayar, terdapat juga layanan iklan yang berbayar. Seperti contohnya instagram ads dan Facebook ads untuk dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan juga lebih tertarget.

Jumlah pemakai sosial media sekarang ini sangatlah besar. Sehingga hal tersebut menawarkan eksposur yang juga besar bagi para pelaku usaha. Karena itulah dapat dilihat bahwa berapa banyak calon konsumen potensial yang bisa dijangkau dengan menggunakan promosi melalui sosial media tersebut.

  1. Marketplace

Media promosi online berikutnya yaitu melalui marketplace. Marketplace sebagai salah satu tempat untuk berjualan juga bisa dikatakan sebagai sarana untuk melakukan promosi. Anda nantinya bisa memakai layanan tambahan seperti contohnya iklan berbayar untuk dapat memasarkan produk yang Anda miliki.

Dengan memakai layanan iklan berbayar tersebut, nantinya produk akan lebih sering untuk ditampilkan pada calon konsumen yang potensial. Sehingga dengan begitu kesempatan dalam menarik para pembeli pun juga akan semakin besar.

Baca Juga: Cara Dropship di Tokopedia

  1. Google Ads

Setiap orang tentunya pasti pernah memakai mesin pencari dari Google. Saat ingin melakukan pencarian informasi, maka mesin pencari tersebut yang akan dipakai. Namun nyatanya selain untuk mencari informasi-informasi tertentu, Google pun juga kerap kali dipakai dalam melakukan pemasaran bisnis.

Google ads merupakan jenis iklan berbayar yang mana di sini menggunakan mesin pencari Google. Nantinya iklan dari Google ads tersebut akan bekerja sesuai dengan kata kunci. Jika ingin memakai jenis media promosi online yang satu ini, Anda perlu menentukan keyword yang benar-benar cocok dan relevan dengan produk ataupun layanan Anda terlebih dahulu.

Saat terdapat penggunaan mesin dari pencari Google yang tengah mencari dengan kata kunci itu, maka iklan akan ditampilkan dalam halaman pencarian.

  1. Forum Online

Diantara berbagai macam media+media promosi online, forum online pun juga dikenal sebagai media yang banyak sekali dipakai oleh para pelaku bisnis. Di sini nantinya Anda dapat menciptakan konten yang menarik. Sehingga meningkatkan traffic ke halaman website milik Anda. Selain itu juga terdapat layanan iklan berbayar yang bisa dipilih untuk dapat menjangkau pengguna dengan lebih banyak lagi.

  1. Email Marketing

Media promosi online berikutnya yaitu email marketing. Fungsi dari media promosi sebenarnya adalah untuk menawarkan dan memperkenalkan layanan ataupun produk kepada para calon konsumen yang potensial. Maka dari itulah, mengacu pada tujuan tersebut email juga bisa dipakai untuk melakukan promosi.

Proses pemasaran dengan menggunakan email marketing akan menjadi lebih tertarget. Namun berbeda dari 4 macam media sosial promosi yang telah dijabarkan di atas. Di sini Anda perlu terlebih dahulu mengumpulkan alamat email dari calon konsumen. Setelah nantinya Anda memperoleh alamat email tersebut, maka Anda perlu memfollow upnya. Baru setelah itu Anda bisa membagikan email yang berisi promosi.

Baca Juga: Beberapa Situs Pasang Iklan Gratis

Bagaimana Melakukan Promosi Menggunakan Media Offline ?

 

Media Promosi Offline

Supaya dapat menjangkau konsumen tertentu, disini Anda pun terkadang juga perlu memakai media promosi secara offline. Berikut ini akan diulas satu persatu mengenai apa saja macam-macam media promosi offline tersebut.

  1. Brosur

Media promosi offline yang pertama yaitu berupa brosur. Mungkin di zaman yang sudah semakin canggih ini penggunaan brosur jarang sekali dipakai. Namun jika ternyata desain brosur dibuat dengan lebih baik lagi, maka tentunya hal tersebut akan dapat menarik konsumen. Brosur cukup efektif dalam memikat maupun menjangkau calon pembeli yang memang benar-benar potensial.

Selain bisa dijadikan sebagai media promosi, brosur pun juga dapat dipakai untuk menyebarkan informasi tertentu. Itulah kenapa brosur kerap kali dipakai sebagai salah satu media edukasi. Dari berbagai macam media promosi offline, maka brosur dianggap sebagai salah satu media yang paling terjangkau harganya.

  1. Baliho

Di Negara Indonesia sendiri, iklan baliho hingga saat ini masih cukup populer digunakan. Baliho juga dirasa efektif dalam menjangkau sebagian besar masyarakat. Terlebih jika disini baliho dipasang di jalanan yang ramai lalu lintas.

Tidak sedikit juga yang mulai memadukan iklan baliho tersebut dengan jenis media promosi secara online. Dengan begitu tentunya proses marketing akan menjadi jauh lebih efektif lagi.

  1. Spanduk

Untuk jenis media promosi offline selanjutnya yaitu spanduk. Media yang satu ini umumnya akan dibuat dari bahan berupa kain serta dipasang di luar gedung. Isi spanduk akan dibuat seringkas mungkin supaya dapat dilihat dan dipahami secara sekilas. Jika Anda membuat spanduk dan dipasang di tempat yang benar-benar tepat, maka media promosi yang satu ini bisa memenuhi fungsi pemasaran dengan efektif.

  1. Banner

Untuk media promosi berikutnya ini umumnya akan dibuat dari MMT dan bisa ditempatkan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Banner dipasang dengan menggunakan penyangga yang berbentuk huruf x atau y. Jenis media promosi offline tersebut juga seringkali dipasang di tempat-tempat yang mudah terlihat dan juga di depan depan toko.

  1. Poster

Poster umumnya akan dibuat dari bahan berupa kertas serta ditempatkan di sebuah tembok atau tempat yang mudah untuk dilihat. Ukuran dari poster tersebut tidak terlalu besar, yaitu hanya seukuran kertas A3 saja. Fungsi dari media promosi poster sama dengan media yang lainnya. Namun biasanya poster lebih sering dipakai untuk mempromosikan sebuah jasa ataupun acara-acara tertentu.

Apa Saja Fungsi dari Media Promosi ?

 

Media promosi baik itu offline maupun online di sini memiliki fungsi yang pada dasarnya sama, yaitu untuk menawarkan dan memperkenalkan sebuah jasa maupun produk kepada masyarakat luas. Namun agar Anda lebih mengetahui lagi secara spesifik apa saja fungsi-fungsi dari media promosi, maka berikut ini dapat anda simak ulasannya, antara lain yakni :

  1. Memperkenalkan Produk

Fungsi yang pertama dari media promosi tentunya yaitu untuk memperkenalkan sebuah produk, baik itu produk barang ataupun jasa.

  1. Media Penawaran

Selain untuk memperkenalkan sebuah produk, media promosi pun kerap dipakai untuk menawarkan jasa ataupun produk yang dimiliki. Fungsi inilah yang menjadikan para calon konsumen tertarik untuk membeli.

  1. Sarana Perbaikan

Perusahaan dapat saja melakukan sebuah kesalahan, maka dengan adanya media promosi tersebut nantinya perusahaan akan bisa memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.

  1. Untuk Menjaga Pelanggan

Media promosi nyatanya tidak hanya bisa dipakai untuk melakukan tujuan promosi saja. Anda sebagai pelaku usaha juga bisa memakainya untuk menjaga konsumen lama supaya tetap setia dengan produk Anda.

Dalam memilih media promosi tentunya di sini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena memang jenis-jenis media promosi sangatlah banyak. Jika Anda salah dalam memilih media promosi, tentu hal tersebut hanya akan membuat Anda menguras tenaga, waktu dan juga uang.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih media promosi yang tepat. Berikut ini akan diulas mengenai langkah tepat dalam memilih media promosi, khusus untuk media promosi online.

  1. Tentukan anggaran

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan Anda menentukan anggaran yang perlu untuk dikeluarkan. Melakukan aktivitas promosi yang maksimal tidak perlu harus mengeluarkan anggaran yang besar.

Beberapa perusahaan seringkali mengeluarkan banyak dana Namun ternyata promosi yang mereka lakukan tidak cukup efektif. Dengan menentukan anggaran tersebut, maka nantinya Anda akan jauh lebih mudah dalam menentukan media yang akan dipakai sebagai salah satu kegiatan promosi.

Namun penentuan budget tersebut perlu dilakukan secara rasional. Anda dapat melakukan survei dengan bertanya pada orang yang sebelumnya pernah memasang iklan di media online. Ataupun Anda bisa mencari informasi melalui Google.

  1. Tentukan Segmentasi Pasar

Langkah berikutnya yaitu hampir sama seperti marketing offline. Di sini Anda perlu juga menentukan segmentasi pasar. Seperti contohnya ketika Anda tengah mempromosikan produk kecantikan namun Anda menyebar brosur pada para lelaki, maka hal tersebut kemungkinan besar akan sia-sia. Karena itu, Anda perlu tahu terlebih dahulu siapa target dari produk tersebut supaya promosi yang dilakukan tidaklah sia-sia.

  1. Menentukan Audience

Langkah yang ketiga ketika Anda hendak menentukan media promosi yang tepat yaitu dengan menentukan audience berdasarkan sosial media. Selain itu Anda pun juga perlu mencari tahu platform sosial media yang umum dipakai oleh calon konsumen.

Seperti contohnya jika audiens Anda disini hampir seluruhnya lebih aktif di Facebook, maka Anda dapat fokus untuk melakukan marketing online melalui sosial media Facebook. Namun jika ternyata target audiens Anda merupakan kelompok remaja, maka disini Anda pun dapat memakai media promosi seperti Snapchat, Instagram, YouTube dan lain sebagainya.

Dan sebaliknya jika ternyata target pasar Anda merupakan kalangan pebisnis, maka Andapun bisa memakai linkedln sebagai media untuk melakukan promosi dan mengembangkan.

  1. Pilih Media Sosial yang Tepat

Berikutnya yaitu Anda perlu menentukan platform sosial media yang sesuai dengan bisnis yang tengah Anda geluti. Ketika Anda telah menetapkan target audiens, maka Anda pun perlu memakai platform yang benar-benar cocok dengan bentuk bisnis yang tengah dijalankan.

Sebagai contohnya di sini pinterest dan Instagram, cocok bagi bisnis yang menunjukkan gambar produk dengan cantik dan menarik. Sedangkan untuk media sosial seperti Twitter dan Facebook bisa Anda pakai untuk bisnis yang lebih menghasilkan konten editorial.

Konten tersebut dapat Anda bagikan melalui sebuah tautan. Sehingga sangat efektif jika dibagikan dengan Twitter dan Facebook. Sedangkan untuk Snapchat dan YouTube akan lebih cocok digunakan untuk mempromosikan konten yang berupa video.

  1. Fokuskan Promosi pada Salah Satu Sosial Media

Jika langkah diatas telah Anda lakukan dan Anda sudah menemukan setidaknya 2 sosial media yang benar-benar cocok dengan bidang bisnis Anda, maka berikutnya Anda perlu fokus pada salah satu media sosial tersebut. Anda lakukan update konten secara rutin.

Tidak harus setiap hari, Anda bisa membuat konten 2 hari sekali atau 5 kali seminggu, asalkan disini Anda bisa melakukannya dengan rutin. Dengan melakukan update konten secara kontinue dan konsisten akan membuat peluang Anda untuk dikunjungi oleh para audien menjadi lebih besar.

  1. Buatlah Konten yang Menarik

Fokus pada salah satu media promosi online memang sangatlah diperlukan. Di sini Anda harus rutin dalam membuat konten. Namun tidak hanya sebatas rutin saja, Anda juga perlu memikirkan apakah konten yang Anda buat tersebut benar-benar menarik dan juga bermanfaat.

Pastikan juga konten yang dibuat tidak melenceng dari produk yang tengah Anda tawarkan. Jangan sampai disini Anda membuat konten mengenai dunia otomotif, sedangkan produk yang tengah Anda tawarkan merupakan produk-produk kecantikan khusus wanita. Karena memang sangat tidak relevan.

Itulah tadi sedikit informasi yang dapat kami jelaskan mengenai ulasan lengkap mengenai media promosi. Media promosi memiliki banyak sekali tujuan dan fungsi. Selain itu media promosi itu sendiri terdapat banyak sekali jenis yang perlu anda ketahui.

Oleh karena itulah, dalam melakukan pemilihan media yang benar-benar tepat tidak boleh dilakukan dengan cara asal-asalan. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan usaha atau bisnis, maka anda perlu menyimak dan memahami ulasan yang telah dijabarkan di atas.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com