Cara Tips Membuka Usaha Cafe Baru Supaya PASTI SUKSES 2020

Fitri Tamara 0

ULASKU.COM Usaha cafe termasuk usaha makanan minuman yang bisa dibilang dibutuhkan banyak sekali orang di seluruh dunia, dan di Indonesia usaha ini belakangan beberapa tahun terakhir termasuk salah satu yang mulai menjamur di berbagai kota ke 2, 3 dan bahkan sampai ke pelosok.

Bagaimana cara tips membuka usaha cafe baru supaya pasti sukses di tengah persaingan yang luar biasa ini?

Simak tutorial & tips cara praktisi berikut ini untuk membuatmu pasti sukses.

Anda tidak akan melihat tips seperti ini setiap hari, dan tidak akan mendapatkannya dari sembarang orang. Tip menyeluruh gambar besar tanpa meninggalkan suatu faktor apapun seperti ini bernilai sangat mahal dan Anda mendapatkannya secara gratis di ulasku.com.

WARALABA, FRANCHISE CAFE VS MANDIRI BUKA CAFE

Banyak sekali opsi untuk punya bisnis cafe, bisa jadi Anda beli waralaba/ franchise dari merek cafe terkenal untuk buka tanpa ribet di daerah Anda, ataupun anda buka secara mandiri merek cafe Anda sendiri.

Untuk modal ratusan juta ke atas, bila Anda belum pernah bisnis sama sekali maka disarankan Anda masuk ke opsi franchise/ waralaba untuk meminimalkan resiko di modal bisnis ANda.

Namun bila Anda pernah bisnis sebelumnya , maka mengelola modal ratusan juta rupiah untuk dijadikan bisnis cafe maka seharusnya akan memberikan ruangan & tingkat profit yang lebih tinggi ketimbang Anda masuk ke bisnis cafe via jalur waralaba.

Ada plus minusnya tentu, yang pasti sih untuk waralaba Anda perlu keluar uang lebih besar ketimbang buka bisnis cafe sendiri, tidak bisa bebas berekspresi pilih nama, warna, menu macam- macam karena semua telah dibantu set kan oleh si pemilik merek.

Anda tinggal buka & jalankan saja bisnisnya setelah setor uang ke mereka.

Untuk modal di bawah Rp100jt, bisa dibilang Anda masih masuk di zona ‘selamat’ untuk buka sendiri bisnis cafenya bila belum pernah ada pengalaman sebelumnya.

Jalur Mandiri Buat Bisnis Plan Cafe Baru Kecil Kecilan Modal di Bawah Rp100jt

Tips di bawah ini akan membuat Anda berpikir, dan terlebih juga untuk tidak over thinking, alias tidak terlalu memikirkan sesuatu berlebihan hingga lupa take action.

Sambil melihat list di bawaah ini Anda bisa mulai memikirkan sesuai dengan step nya dan bisa mulai ambil tindakan.

TARGET MARKET

Anda perlu tentukan target market Anda, karena kurang lebih akan ada relevansinya bila Anda ingin jualan kepada orang middle low, maka Anda juga perlu sesuaikan semuanya , misalnya kualitas produk dan harga produk cafe Anda, menu makanan Anda, jam buka, lokasi, dll.

Juga misalnya Anda mau menarget orang menengah ke atas, dan kemudian salah strategi Anda menyasar ke low end, maka pasti akan gagal total bisnis cafe Anda.

Selain target market dari sudut ekonomi, bisa tambahkan usia & kerjaan mereka. Miliki target market ideal setidaknya akan membantu Anda siapkan bisnis Anda.

FASILITAS

Wifi adalah wajib, instagramable spot adalah nilai plus, meja kursi mebel dan alat makan minum yang memadai adalah hal wajib.

Jangan pernah meremehkan kursi mebel Anda, dan alat makan Anda.

Alat makan akan mempengaruhi persepsi orang terhadap cafe Anda.

Mebel juga akan mempengaruhi seberapa pengalaman customer Anda di cafe Anda.

Unik lebih baik ketimbang ‘mebel Anda lebih baik ketimbang Cafe sebelah’. Namun bila memang ‘unik’ bukan menjadi tujuan Anda, maka pasti lebih baik untuk mebel Anda menjadi ‘lebih baik’ ketimbang cafe sebelah.

MENU & RESEP

Umumnya resep kopi cafe dan menu yang dibuat cafe pada umumnya adalah menu & resep umum seperti cafe umumnya. Banyak dari mereka yang jualan frozen food, kopi sachetan, dll.

Ini boleh saja, namun lebih baik untuk punya ke-khasan di menu cafe Anda. Khas ini bisa jadi Anda buat sendiri, atau kulakan menu yang unik tersebut, intinya yang membuat orang jadi ingat tentang cafe Anda karena menu tersebut.

Bila ANda ingin dinilai ‘rating tinggi’ cafe Anda oleh customer Anda, maka ini adalah keharusan untuk Anda lakukan, punya menu khusus khas sendiri.

HARGA

Harga tentu menyesuaikan dengan target market Anda, dari situ menentukan harga jual sambil pastikan dengan HPP menu Anda, alias harga pokok menu Anda.

Jangan takut jualan harga lebih mahal, yang penting market mengerti kelebihan Anda mengapa harganya lebih tinggi.

TENAGA KERJA

Anda tidak perlu mulai dengan banyak tenaga kerja, terutama bila Anda berencana untuk terjun juga sendiri secara langsung sebagai pemilik bisnis cafe ini.

Asumsinya bila Anda mengisi post terpenting yaitu penanggung jawab sekaligus pegang uang setiap harinya di cafe, mungkin Anda hanya perlu 2 orang di setiap shift nya, atau tidak perlu shift tapi long hours/ kerja jam panjang untuk 2 orang tim Anda tersebut.

2 orang tersebut idealnya adalah 1 di kitchen/ buat makanan, 1 nya untuk penyajian.

Sedangkan Anda bisa menjadi pengawas & kasir sekaligus untuk take order dan menerima pembayaran customer. Fungsi ini sama seperti yang dijalankan di banyak restoran besar cepat saji seperti McD.

Seiring berjalannya waktu, Anda tinggal tambah sesuai degnan kebutuhan tenaga kerja cafe Anda saja.

Tidak perlu terlalu formal dengan kontrak kerja dll, Anda tinggal bilang kepada pekerja di cafe Anda bahwa ini cafe perorangan dan tidak ada kontrak secara hitam di atas putih, Anda hanya mencari orang untuk membantu bisnis Anda dan akan digaji ini itu, aturan disiplinnya seperti ini.

Gaji memang sulit untuk cafe kecil untuk masuk UMR/K, jadi mereka perlu diberitahu hal itu di depan, dan mencari yang setuju untuk kondisi ini.

DESIGN TEMPAT VS LOKASI

Ruko, container, open space, box ATM tak terpakai, booth gerobak, maupun teras halaman rumah tak terpakai, itu semua adalah opsi yang Anda bisa pikirkan untuk memulai bisnis cafe Anda.

Designnya tentu akan sangat bergantung dengan opsi mana yang ANda ambil dari berbagai pilihan tadi.

Memilih banyak opsi di internet dan tidak terlalu menitikberatkan kepada ‘design’ Anda itu sangatlah penting untuk diketahui.

Design adalah faktor penting namun bukan penentu utama, dan bukan penentu satu- satunya yang membuat orang betah atau tidaknya di cafe Anda.

Design cafe perlu dibuat cozy, homy, bila Anda tidak bisa design, tidak bakat design, utamakan ‘lampu’ yang menarik pada malam hari.

LEGALITAS

Tidak perlu memusingkan terlalu banyak legalitas untuk memulai cafe di awal. Atas nama pribadi saja sudah cukup, alias tidak terlalu banyak persiapan dari sudut pandang perijinan.

Setelah tahun pertama, Anda bisa mulai membayar pajak penghasilan pribadi tahunan di bulan Maret dari usaha Anda tersebut sesuai degnan pajak yang berlaku.

Sejauh ini sih 0.5% dari omset adalah pajak final untuk ANda pemilik bisnis cafe kecil- kecilan dengan omset di bawah Rp4.8 milyar per tahun.

PROMOSI

Ini adalah nomor #1 setelah semua persiapan Anda selesai. Bisnis akan selesai & tutup bila tidak bisa jualan, dan proses jualan ini tentu dimulai dari promosi.

Promosi cafe jurus marketing untuk cafe tentu adalah memanfaatkan semua sumber daya yang ada.

Anda tidak bisa hanya mengandalkan social media, tidak bisa hanya mengandalkan offline marketing, tidak bisa hanya mengandalkan lokasi Anda yang strategis.

Anda harus melakukan SEMUANYA, karena di tengah sengitnya persaingan cafe, Anda tidak tahu mana yang akan membawa hasil terbaik untuk Anda.

OPERASIONAL CAFE

Setelah persiapan semuanya yang perlu disiapkan sekarang adalah waktu operasional bisnisnya, memikirkan sistem shift, jam buka, dimana menata letak mebel, dll.

Bagaimana mengurangi biaya & menambahkan pemasukan adalah terpenting.

Misalnya cara mengurangi biaya yang tidak mungkin adalah dengan mengurangi gaji/ jumlah karyawan yang memang sudah ideal untuk operasional berjalan normal.

Yang mungkin untuk dilakukan supaya mengurangi biaya misalnya bagaimana cara hemat listrik , air, dll.

Kemudian bagaimana menambahkan pemasukan, pastinya berkaitan dengan marketing, promosi, intinya membuat semakin banyak orang tahu & datang ke cafe Anda.

Anda perlu belajar bagaimana cara promosi cafe yang terbukti.

LAPORAN BISNIS CAFE (Software vs Manual)

Ada opsi untuk membuat laporan bisnis cafe Anda secara manual maupun secara komputer.

Untuk memulai degnan cepat , Anda bisa mulai dengan manual kertas, ataupun manual excel, input manual setiap harinya.

Kurang lebih yang Anda perlukan adalah:

  • belanja per hari rupiahnya
  • omset hasil hari tersebut
  • di akhir hari Anda akan kurangkan omset – belanja per hari
  • catat juga sisa stock yang belum terpakai untuk dipakai di hari selanjutnya di laporan stock, dan akan berdampak ke ‘omset hasil hari tersebut’ ANda di esok harinya

Baik di kertas maupun excel bisa dengan mudah dibuat formaat di atas.

Namun untuk Anda yang mau lebih modern maupun praktis, bisa gunakan banyak aplikasi POS di Android, setidaknya ANda bisa coba dulu jauh hari sebelum memutuskan untuk memakai mereka atau tidak.

Bisa jadi situasi kondisi Anda terlalu ribet bila harus memakai POS seperti itu, namun bisa jadi Anda akan suka, setidaknya cobalah saja dulu.

Kami menyarankan berangkat secara manual sampai setidaknya 1 tahun sebelum masuk ke Apps atau sejenisnya.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.