Cara Jadi Agen LPG 3 Kg Pertamina

Ulasku.com – Artikel kali ini akan mengulas mengenai cara jadi agen LPG 3 kg Pertamina. Sedangkan untuk menjadi agen tersebut tentunya terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut akan diulas secara singkat mengenai hal tersebut.

Syarat untuk menjadi agen yaitu Anda harus memiliki perusahaan yang telah berbadan hukum. Untuk menjadi seorang agen, maka Anda nantinya harus mampu untuk menjual gas LPG setidaknya 1000 kg dalam 1 hari.

Saat mengajukan permohonan untuk menjadi agen langkah pertama yang harus ditempuh yaitu mengisi formulir terlebih dahulu. Data yang telah Anda masukkan ke dalam formulir nantinya tidak dapat direvisi kembali.

Oleh karena itu pastikan Anda mengisinya dengan tepat dan benar. Jika Anda mendaftar dengan metode online, maka Anda perlu memakai email yang aktif dan jangan sampai lupa password yang digunakan. Pada alamat email tersebut nantinya akan dikirim nomor registrasi.

Dalam mengisi formulir, Anda harus memahami data apa saja yang nantinya perlu diisi, sehingga Anda bisa menyiapkan sebelumnya. Berikut adalah data yang akan termuat dalam formulir.
• Alamat email aktif
• Alamat lengkap dari perusahaan
• Nama dari perusahaan yang nantinya akan menjadi agen LPG
• Nomor telepon milik perusahaan
• Alamat gudang penyimpanan yang akan digunakan untuk menyimpan stok gas LPG.

Setelah Anda mengisi data-data tersebut, untuk kemudian Anda akan diminta mengirim beberapa dokumen yang memiliki kaitan dengan perusahaan Anda. Bagi perusahaan yang bukan eks agen minyak tanah yang bersubsidi, maka perlu menyertakan akta pendirian usaha.

KTP dari direktur perusahaan ataupun pimpinan perusahaan yang sesuai dengan yang tercantum pada akta pendirian usaha serta NPWP. Setelah melakukan semua tahapan tersebut maka nantinya Anda akan diminta untuk mengisi surat keterangan.

Dalam surat keterangan tersebut akan dinyatakan kesanggupan bagi Anda sebagai agen untuk membeli tabung gas LPG setidaknya 10000 unit.

Menandatangani surat pernyataan kesediaan Anda sebagai agen untuk mematuhi peraturan dari pihak pemerintah daerah setempat.

pertamina.com

Bagaimana cara untuk menjadi agen LPG 3 kg Pertamina?

Sedangkan untuk langkah-langkah mengajukan permohonan sebagai agen Elpiji yaitu sebagai berikut:

1. Mendaftar melalui website resmi milik Pertamina. Anda buka situs website Pertamina lalu pilih daftar sekarang pada bagian keagenan LPG.
2. Nantinya Anda akan menemukan dua pilihan agen, yaitu agen khusus LPG bersubsidi serta agen khusus LPG non subsidi.
3. Kemudian Anda pilih lokasi sesuai dengan alamat di mana perusahaan Anda berada.
4. Tahapan selanjutnya Anda akan diminta untuk melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, yang meliputi antara lain:
• Dokumen izin pendirian usaha
• Surat perjanjian kerjasama
• Dokumen tanda daftar perusahaan
• Dokumen izin gangguan
• Kartu tanda penduduk
• Dokumen rekomendasi

Saat Anda sudah menyelesaikan proses pendaftaran, nantinya pihak Pertamina akan mulai melakukan survei dan penyaringan untuk memperoleh agen yang sesuai seperti yang mereka inginkan.

Terdapat beberapa faktor penting yang mempengaruhi diterima atau tidaknya permohonan yang diajukan. Faktor tersebut antara lain keuangan dari perusahaan Anda serta lokasi perusahaan Anda.

Mengenai masalah lokasi, menjadi agen Elpiji bisa juga dilakukan melalui rumah. Di sini Anda dapat memanfaatkan areal tanah kosong di halaman rumah Anda untuk dijadikan sebagai lokasi usaha.

Namun meski demikian pihak Pertamina tentunya memiliki sistem regulasi terkait masalah lokasi usaha, oleh karena itu bagaimanapun juga Anda harus tetap mematuhi hal tersebut.

 

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com