Tablet atau 2-in-1 Laptop, Pilihan untuk Mobilitas Tinggi

Dewasa ini, ukuran laptop kian tipis dan memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Hanya saja layar pada laptop secara umum sangat besar yang membuat anda harus memiliki tas yang cukup untuk tempat laptop.

Beberapa orang mungkin tidak terganggu dengan ukuran yang besar namun tipis dari sebuah laptop, karena dengan layar lebar membuat banyak konten yang ditampilkan. Bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak mau repot dengan ukuran yang terlalu besar, pilihan akan jatuh pada tablet atau 2-in-1 laptop.

2-in-1 laptop sendiri sudah muncul sejak lama seiring dengan banyaknya brand laptop. Namun saat itu, harga yang ditawarkan terlampau tinggi dengan spesifikasi yang rendah sehingga produk 2-in-1 laptop dipandang sebelah mata. Padahal, bentuk laptop ini memiliki fleksibilitas tinggi bergantung dengan jenis kebutuhan.

Kemunculan sistem operasi seperti Android dan iOS menciptakan produk baru yang berperan sebagai jembatan antara ponsel dengan laptop. Apple dengan iPad-nya dan juga beberapa Tablet keluaran Android memiliki potensi tinggi, namun saat awal kemunculannya masih dianggap kurang mumpuni untuk menggantikan laptop.

Beberapa tahun setelah awal kemunculan tablet, produk yang dikeluarkan saat ini bisa dibilang kompetitif dengan ultrabook atau laptop tipis. Pasalnya, laptop tipis tersebut dibekali dengan prosesor yang di kurangi performanya karena alasan pendinginan. Sedangkan prosesor pada tablet sendiri kian berkembang dan memiliki performa yang setara bahkan melebihi laptop jenis ultrabook.

Bahkan tablet memiliki keunggulan dengan keyboard yang disematkan pada case sehingga tetap menjaga ukuran ringan nan tipis tetapi dapat menggantikan laptop. Dan pada laptop 2-in-1 saat ini dibekali dengan jeroan yang mumpuni pula tetapi dengan sedikit pengurangan.

Opini saya pribadi, dibandingkan dengan 2-in-1 laptop saya lebih memilih tablet. Meskipun port yang ditawarkan tidak selengkap laptop, namun dari segi portable masih juaranya. Bahkan jika dilihat melalui aplikasi benchmark produk Apple seperti Macbook Air dan Macbook Retina 12” kalah jauh performanya dibandingkan dengan iPad Pro yang dilihat dari segi harga tidak berbeda jauh.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.