Rekomendasi Rakit PC Serba Bisa 10 Jutaan

Kebutuhan akan perangkat Komputer saat ini mungkin akan kembali naik. Pasalnya, dengan kondisi pandemi saat ini banyak pekerjaan ataupun kegiatan diluar rumah digantikan dengan bekerja secara remote dari rumah karena alasan kesehatan.

Meskipun saat ini manufaktur elektronik begitu gencar meluncurkan laptop dengan spek tinggi dan menawarkan mobilitas yang baik, performa dari laptop kurang begitu memuaskan jika dibandingkan dengan PC apalagi jika digunakan terus menerus. Hal tersebut disebabkan oleh perangkat yang berukuran lebih kecil dengan performa yang diturunkan untuk menjaga suhu, tetapi jika digunakan secara terus menerus, performa laptop pasti akan menurun.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan merakit PC. Dengan merakit PC anda tidak hanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, tetapi anda juga bisa menentukan seberapa besar uang yang anda keluarkan untuk membangun sebuah sistem PC tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membuat dan melakukan edit pada dokumen, anda hanya perlu merakit PC dengan budget 6 Jutaan saja.

Jika anda ingin performa yang lebih karena pekerjaan anda berhubungan dengan desain atau video, atau mungkin anda ingin menjalankan game terbaru tanpa adanya lag, anda bisa merakit PC untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan budget kurang dari 10 Jutaan saja. Anda juga bisa mempercantik tampilan dari PC anda dengan lampu LED, tetapi anda juga akan menghabiskan biaya lebih untuk itu.

Dengan adanya teknologi dan juga informasi, terdapat juga beberapa situs yang menyediakan laman simulasi rakit PC. Situs seperti Enterkomputer, Rakitan, Quadra dan Tonixcomputer memberikan anda kemudahan dalam mengatur budget PC anda sebelum membeli. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan survey harga secara langsung.

Berikut adalah contoh simulasi rakit PC yang saya lakukan pada laman Enterkomputer. Dengan harga kurang dari 10 Juta, anda bisa merakit PC untuk kebutuhan desain dan juga bisa dipakai untuk bermain game dengan resolusi HD dan dengan frame rate yang stabil.

Spesifikasi yang saya gunakan pada simulasi tersebut menggunakan prosesor keluaran AMD yang saat ini sangat kompetitif melawan Intel, yaitu seri Ryzen 5.

Dari segi grafis, saya menggunakan Radeon yang menawarkan harga murah, performa desain bagus, bisa digunakan untuk mining mata uang digital dan juga menjadi kartu grafis kepercayaan dari Apple saat ini.

Seperti biasa, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang ingin belajar merakit PC atau ingin membangun PC performa juara dengan harga miring, cek juga reset printer epson ya.

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com