Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Tanpa Koin

Fitri Tamara 0

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Tanpa Koin. Aplikasi baca novel sekarang sedang menjamur. Bisa dikatakan setelah munculnya aplikasi android dan sejenisnya. Salah satu aplikasi baca novel yang terkenal adalah wattpad. Lebih dari 4 juta, wattpad ini mampu mempertemukan antara penulis dan pembaca.

Bahkan, aplikasi baca novel yang satu ini memiliki konsep bisnisnya sendiri seperti memanfaatkan iklan atau penjualan novel. Karena aplikasi model wattpad memiliki konsep bisnis tersendiri, pembaca biasanya dikenakan biaya untuk menikmati novel yang ada.

Sementara biaya yang dimaksud adalah berupa koin. Dan untuk mendapatkan koin, si pembaca harus topup terlebih dahulu menggunakan media transaksi yang sudah disediakan di setiap aplikasi.

Sebagian besar pembaca biasanya menyukai membaca novel tanpa harus menggunakan koin. Alasan yaitu penghematan biaya yang menjadi alasan utama mereka menyukai membaca novel tanpa koin.

Maka dari itu, dalam hal ini kami akan rekomendasikan beberapa aplikasi baca novel yang dapat digunakan tanpa harus pakai koin. Berikut adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan, antara lain :

Apa Saja Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Terbaik Tanpa Harus Pakai Koin ?

 

  1. Noveltoon

Tidak semua novel yang ada diaplikasi diperuntukan unutk anak remaja. Hal ini yang menjadi permasalahan. Apakah bisa menjamin remaja tidak membaca novel yang tidak untuk usianya? Namun, noveltoon menyediakan settingan umur sesuai usia asli si pemaca.

Bila settingannya diusia remaja, novel di noveltoon akan disesuaikan dengan umurnya. Ada dua solusi dalam menikmati novel yang ada di noveltoon. Pertama, menikmati novel dengan cara membaca. Kedua, bagi yang malas membaca, bisa mendengarkan cerita dalam novel.

Alasanya, noveltoon ini adalah aplikasi yang juga memiliki fitur podcast dan juga audiobooks. Anda bisa menikmati kedua caranya untuk memahami isi cerita.

  1. Aplikasi Wattpad

Bila anda menyukai menulis cerita khususnya novel, bisa memanfaatkan wattpad. Di sini, anda diberi kebebasan menulis tanpa dipunggut biaya. Banyak pilihan novel yang ada di wattpad. Bahkan, pilihan novel dari penulis ternama.

Penulis novel di wattpad pun diberi kesempatan untuk membaca novel milik penulis lain. Atau, bisa menjadi pembaca setia. Menariknya lagi, anda diberikan akses gratis untuk membaca walaupun ada beberapa novel yang mengharuskan anda untuk memilih paket berbayar alias paket premium. Sehingga dalam hal ini pembaca bisa mendonwload agar bisa dibaca secara ofline.

  1. APlikasi NovelPlus

Aplikasi novelplus menjadi solusi lain bagi Anda yang gemar membaca novel tanpa koin. Bisa jadi, anda sudah menikmati novel di aplikasi lain, tetapi ingin membaca lagi di aplikasi nvelplus. Hanya saja, pilian genre-nya tidak terlalu banyak.

Tetapi, anda tidak perlu khawatir, aplikas novelplus menawarkan akses tak terbatas ke beragam buku/novel. Manfaat lain dari mempublikasikan karya adalah terjadi interaksi atau diskusi. Di aplikasi novelplus, penulis dan pembaca bisa saling berdiskusi.

Di sarankan, sebelum mempublikasikan, anda harus mengarsipkan tulisan terlebih dahulu ke media lain. Atau, menulis di media lain sebelum dipublikasikan. Karena, aplikasi novelplus terkadang bug. Maka dari itu, jangan sampai karya anda hilang begitu saja.

 

***

 

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih aplikasi baca novel yang tanpa koin adalah melihat dari sumber penghasilan aplikasi. Bila aplikasi itu bermain adsense mobile atau disebut admon, istilah di google adsense, kemungkinan besar akan banyak menawarkan baca novel gratis. Kalaupun ada fasilitas berbayar, aplikasi hanya memberikan penawaran bebas iklan.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com