Menu untuk Lansia yang Menyehatkan, Simak Apa Saja Rekomendasinya

Romine Sofri 0
Menu untuk Lansia Makanan Sehat untuk Lansia Tangguh dan Mandiri

Menu untuk lansia sangatlah penting kita perhatikan. Seiring berjalannya waktu dan juga umur, lansia justru membutuhkan makanan yang mempunyai gizi yang seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, maka akan mengurangi berbagai risiko penyakit.

Makanan yang kita makan waktu muda, dampaknya akan kita terima saat usia mulai senja. Perlu anda ketahui, definisi makanan sehat itu akan berbeda sesuai dengan bertambahnya usia. Pada tubuh lansia, memerlukan nutrisi tertentu dari orang yang masih berusia muda.

Menu untuk Lansia Makanan Sehat untuk Lansia Tangguh dan Mandiri
lifestyle.okezone.com

Beberapa Rekomendasi Menu untuk Lansia yang Perlu Anda Ketahui dan Pahami

Untuk mendukung fungsi tubuh setiap harinya, lansia membutuhkan nutrisi. Anda juga pasti sudah tahu mengenai menu-menu dasar untuk diet. Akan tetapi, terdapat beberapa jenis rekomendasi menu untuk lansia.

Minuman Air Putih

Lansia juga menyebabkan selera minum dan rasa haus akan berbeda. Akan tetapi, guna mendukung fungsi tubuh, meski tidak haus, kebutuhan air hariannya juga harus terpenuhi. Karena jika tidak demikian ,maka terjadilah dehidrasi kronis.

Orang yang kekurangan asupan air dalam tubuhnya, pasti akan mudah mengeluhkan lelah, lemah, sakit kepala yang ringan, juga sembelit. Jadi, untuk anda para lansia atau yang memiliki lansia, pastikan minum air putihnya terpenuhi.

Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Makanan tinggi serat seperti sayur mayur, buah, kacang-kacangan, dan juga bijian-bijian, menjadi menu untuk lansia yang mempunyai peranan penting. Zat yang terdapat dalam jenis menu tersebut dapat membantu mencegah terjadinya sembelit, menurunkan tekanan darah, kolesterol, juga peradangan dalam tubuh.

Dengan lansia mengkonsumsi makanan serat tinggi, maka akan mengarah pada jantung yang lebih baik dan sehat. Tak hanya itu saja, serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula yang dapat menurunkan resiko diabetes.

Ikan yang Berlemak

Setidaknya menu untuk lansia ini anda sajikan kurang lebih 2 porsi dalam seminggu. Ikan salmon, makarel, dan juga sarden itu sebenarnya kaya akan omega-3 dan asam lemak. Asam lemak itu mempunyai peranan penting untuk lansia. Pasalnya, dapat membantu mencegah rheumatoid, kanker, radang sendi, dan juga penyakit jantung.

Tak hanya itu saja, asam lemak juga membantu memperlambat perkembangan Macular Degeneration (AMD). AMD tersebut merupakan kondisi yang mengarah pada penglihatan yang akan buruk. Membuat otak untuk tetap waspada dan juga mengurangi penyakit Alzheimer.

Yogurt

Yogurt adalah menu untuk lansia karena memiliki vitamin D yang cocok untuk tulang. Selain itu, juga membantu membantu proses pencernaan dan mengandung protein di dalamnya.

Tomat

Ternyata tomat itu menjadi salah satu menu untuk lansia. Buah yang mempunyai ciri khas warna merah ini mengandung karoten merah dan juga likopen. Hal tersebut merupakan fikokimia dapat mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

Belum lama ini terdengar adanya penelitian yang mengaitkan kesehatan tulang dengan likopen buah tomat. Faktanya, wanita pasca menopause mempunyai resiko yang lebih untuk mengalami osteoporosis. Hal tersebut terjadi karena kurangnya mengkonsumsi likopen dalam kehidupan sehari-hari.

Dark Chocolate

Sudah tua kok malah masih makan coklat, apa jadinya? Eh, jangan salah lho, coklat hitam itu merupakan rekomendasi menu untuk lansia juga. Mengapa demikian? Karena dalam coklat hitam tersebut mengandung antioksidan, mineral, dan juga serat larut.

Kematian karena penyakit kardiovaskular akan berkurang sekitar 50% jika pria lansia mengkonsumsi coklat hitam. Selain itu, coklat ini juga memiliki kandungan gula yang rendah daripada coklat pada umumnya.

Beberapa menu untuk lansia tersebut bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk lansia sendiri maupun anda yang mengurusi lansia. Semoga dapat menjadi lansia tangguh, mandiri ,dan juga tetap aktif.

Tags: