Kembangkan Diri Anda, Jauhi beberapa hal berikut

Menginjak Usia 20-an, merupakan sebuah babak baru dalam hidup kita. Beberapa sudah ada yang bekerja, beberapa sedang menempuh perkuliahan dan bahkan beberapa sudah berkeluarga. Meskipun setiap orang memiliki keadaan yang berbeda, tetapi tiap-tiap manusia tentu memiliki keinginan untuk berkembang.

Hidup mandiri, kebebasan finansial, memiliki arus pemasukan yang baik dan mungkin memiliki beberapa bisnis menjadi sebuah ‘Goals’ beberapa diantara kita. Untuk mencapai hal tersebut, kita harus mau untuk berkembang, merubah kebiasaan dan menjauhi beberapa hal yang menjauhkan kita dari tujuan yang kita harapkan.

Memang, untuk merubah kebiasaan dan keluar dari ‘zona nyaman’ dirasa sangat sulit dan hanya beberapa yang bisa melakukannya. Jika dimulai dengan niat dan tekat yang kuat, hal tersebut pasti bisa dilakukan. Rubah beberapa kebiasaan berikut untuk dapat keluar dari zona nyaman dan sukses dalam personal growth.

Pertama, mulai berhenti membuang waktu dan gunakan untuk membaca. Iya, membaca adalah investasi termudah yang bisa anda lakukan terutama bagi anda yang saat ini berusia 20-an tahun. Memperkaya diri dengan wawasan dengan membaca akan meningkatkan intelektualitas anda serta kedewasaan anda, karena anda telah menyibukkan diri dengan investasi pada diri sendiri dan tidak membuang waktu muda.

Kedua, berhenti berkumpul dengan orang yang tidak memikirkan masa depan dan mulai berkumpul dengan orang-orang yang memiliki motivasi atau yang bisa memberikan support kepada anda. Orang tersebut mungkin bisa berasal dari keluarga anda, teman dekat anda maupun orang yang terkasih, karena dengan adanya mereka anda tergerak untuk melakukan suatu perubahan pada diri anda ke arah yang lebih baik.

Ketiga, berhentilah merasa paling tahu dan cari mentor untuk diri anda. Mentor ini sangat penting terutama bagi kalian yang menginginkan adanya perkembangan diri. Mentor bisa berasal dari siapa saja tanpa memandang latar belakang, seperti orang yang anda idolakan, ataupun juga orang yang menjadi motivasi goals pribadi masing-masing.

Dan yang terakhir, selalu berbagi kepada siapapun yang datang kepada anda. Berbagi tidak hanya diukur dari materi, tetapi ilmu pengetahuan, pengalaman dan juga kisah anda mungkin dapat menginspirasi orang lain yang datang pada anda. Dengan begitu akan membantu anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Semoga dengan beberapa tips berikut, anda mulai berpikir untuk berkembang terutama bagi kalangan usia 20-an tahun.

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com