Kamu Usia 20-an? Sebar Uangmu pada Aset

Menginjak Usia 20-an, menjadi sebuah tahap baru dalam hidup kita. Beberapa dari kita mungkin menempuh perkuliahan dan beberapa sudah bekerja. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, tentu saja setiap orang memerlukan yang namanya uang.

Bicara soal uang, anda bisa melakukan apa saja dengan uang yang anda miliki saat ini, terlepas itu berasal dari gaji ataupun uang bulanan dari orang tua. Dihabiskan untuk keperluan apapun, dibuat senang-senang, ataupun ditabung dan digunakan secara pihak, pilihan tersebut sepenuhnya ada di tangan anda.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan uang anda dengan bijak, anda perlu melakukan pencatatan terhadap keuangan anda baik uang masuk ataupun keluar. Selain itu, anda juga perlu untuk menyisihkan sebagian uang yang anda miliki untuk ditabung. Hanya dengan begitu saja, anda telah menggunakan uang anda dengan bijak karena anda tahu kemana uang anda pergi.

Tips diatas merupakan hal yang sederhana dan menurut saya perlu untuk dipelajari sejak remaja. Bagi kalian yang tidak ingin bergantung pada uang bulanan, anda bisa mencari penghasilan tambahan melalui kerja paruh waktu. Dengan begitu akan menambah akumulasi uang anda dan anda tidak membuang waktu dan uang anda untuk hal yang tidak perlu. Sehingga pemasukan anda akan lebih besar dari pengeluaran anda.

Selain itu, anda juga bisa ‘mempekerjakan’ uang anda. Yang dimaksud mempekerjakan disini yaitu adalah dengan membeli beberapa aset seperti Saham, Reksadana, Emas dan juga Properti. Keempat hal tersebut memiliki nilai yang cenderung naik dan akan menambah jumlah uang anda di kemudian hari.

Saham dan Reksadana bisa anda dapatkan melalui perusahaan sekuritas yang telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga anda tidak perlu takut akan penipuan. Saat ini sangat mudah untuk dapat memiliki akses ke saham maupun reksadana, terlebih ada aplikasi yang mudah seperti contohnya Bibit. Hanya berbekal 100 ribu saja anda bisa memiliki aset tersebut.

Selain itu bagi anda yang doyan untuk berbelanja secara online, beberapa aplikasi e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia menyediakan layanan untuk membeli atau menabung emas. Dengan begitu e-commerce memberikan akses mudah bagi anda yang suka berbelanja, tetapi tidak melupakan investasi aset berupa emas.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.