Jurusan Hubungan Internasional, Kuliah ngapain aja sih?

Bagi teman teman yang baru saja memasuki jenjang perkuliahan ataupun juga yang ingin kuliah mengambil jurusan Hubungan Internasional gambaran tentang profesi menjadi Duta Besar ataupun kesempatan bepergian keluar negeri terlintas dipikiran kalian. Untuk tahu lebih dalam masa masa perkuliahan di jurusan Hubungan Internasional, simak tulisan berikut.

Bepergian keluar negeri mungkin menjadi salah satu motivasi terbesar beberapa dari kalian saat memutuskan untuk mengambil jurusan Hubungan Internasional pada jenjang perkuliahan. Bahkan sebagian dari teman teman mungkin memiliki cita cita menjadi Duta Besar. Tetapi, banyak rintangan terutama pada saat masa perkuliahan.

Tantangan berawal dari semester awal, kalian akan terlebih dulu belajar sejarah Hubungan Internasional. Selain itu, terdapat beberapa pelajaran dasar terkait politik, pemerintahan, filsafat dan juga sosiologi. Di waktu seperti ini, beberapa dari kalian akan merasa bosan karena belajar sejarah, dan yang lebih berat lagi jika ketika SMA kalian berasal dari jurusan IPA.

Semakin bertambahnya usia anda di kampus, dan juga bertemu dan berteman dengan beberapa orang baru ataupun dengan Dosen, akan semakin membuka pikiran kalian terhadap kemungkinan lain yang berbeda dari apa yang teman teman cita citakan. Hal ini saya alami sendiri, karena masih banyak profesi yang tidak kalah bergengsi dengan Duta Besar atau Diplomat. Perusahaan berskala inernasional, organisasi non pemerintah, dan beberapa perusahaan dalam negeri tentu membutuhkan orang di bidang komunikasi bisnis internasional, sebagai contoh. Rasa bosan saat awal masa perkuliahan seolah sirna, terlebih kita juga mempelajari jurusan lain seperti Ilmu Politik, Pemerintahan, Hukum dan bahkan Komunikasi.

Dengan banyaknya hal yang kita pelajari pada jurusan Hubungan Internasional ini, teman teman juga harus berhati hati. Ilmu yang kita dapatkan hanya sebagian kecil saja dari jurusan lain. Bisa saya bilang jurusan Hubungan Internasional adalah jurusan Ilmu Politik atau Ilmu pemerintahan dengan skala internasional. Hal yang terpenting adalah rajin membaca terutama buku atau tulisan berbahasa inggris. Kalian tidak perlu merasa minder bila tidak jago dalam berbahasa inggris, skill tersebut akan bertambah seiring jumlah buku yang kalian baca, dan untuk mengasah kosa kata teman teman bisa langsung artikan melalui Google Translate.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.