Bingung Memilih Menu Untuk Sahur

Bingung Memilih Menu Untuk Sagur? Coba Bunda Masak Ini Untuk Keluarga!

Dalam menyambut datangnya bulan puasa memang harus membutuhkan persiapan yang matang. Apa lagi untuk seorang wanita atau ibu, pasti akan merasa bingung dalam memilih menu sahur dan berbuka. Karena makanan yang disantap haruslah seimbang dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seharian. Dikhawatirkan makanan yang hidangkan justru membuat anggota keluarga merasa terganggu sistem pencernaannya. Untuk itu, the mother must be smart dalam menyajikan menu makanan, ya!

Soal hidangan berbuka mungkin akan sedikit mudah untuk menyajikannya. Namun, akan sedikit membingungkan pada saat waktu sahur. Anda pasti mencari-cari ide, makanan apa yang pantas disajikan saat sahur. Tak perlu khawatir. Bunda! Saya akan memberi sedikit informasi tentang menu makanan yang layak dan harus disajikan saat keluarga Anda sahur. What are these foods? Yuk, simak rangkuman dibawah, Bunda!

Menu Makanan Yang Harus Disajikan Ketika Sahur

Sayur-sayuran

Kita semua tentu tahu, bahwa sayur-sayuran adalah menu makanan yang harus ada di meja makanan. Jika perlu sayur-sayuran tak boleh absen untuk dikonsumsi. Tak terkecuali saat sahur dan berbuka. Terutama sayuran yang kaya akan serat, seperti kacang-kacangan, wortel, brokoli, bayam, sawi, dan masih banyak lagi.

Semua sayuran tersebut sangat cocok digunakan sebagai menu sahur. Mengapa? Karena sayur dapat membantu menstabilkan metabolisme dalam tubuh serta menetralkan kadar asam dalam lambung. Dalam artian lain, dengan mengonsumsi sayur kaya serat dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama.

Pastikan sayuran yang dimakan saat sahur pun harus segar atau baru dimasak. Jangan memakan sayur sisa berbuka puasa! Karena nutrisi dan kalsium dalam sayur akan hilang dan semua manfaatnya tidak akan berlaku untuk tubuh Anda. Anda bisa mengelolahnya dengan cara direbus, dikukus ataupun ditumis. Namun jika Anda mengelolahnya dengan cara ditumis, pastikan minyak goreng yang Anda gunakan jangan terlalu banyak. Karena akan membuat keluarga Anda mudah dehidrasi.

Buah-buahan

Akui saja, Anda pasti sangat jarang atau malas untuk makan buah-buahan sebagai makanan penutup, bukan? Biasanya banyak orang yang menjadikan buah-buahan sebagai makanan yang dikonsumsi ketika membutuhkan atau menginginkannya saja. Mulai hari ini, leave all the bad attitude!

Seharusnya buah-buahan itu dikonsumsi setiap hari, walaupun hanya satu buah. Karena vitamin yang ada didalam buah-buahan itu sangatlah banyak. Rugi jika Anda jarang mengonsumsinya. Untuk itu, buah-buahan sangatlah cocok untuk menjadi cemilan sambil menunggu waktu imsak. Selain menyehatkan, buah-buahan juga akan membantu Anda dalam menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh. Sehingga ibadah puasa Anda tidak akan terganggu dengan gejala sakit yang muncul karena salah makanan.

Daging Sapi

Menu yang satu ini tidaklah menjadi suatu keharusan. Anda bisa menghidangkannya walau hanya sesekali. Namun, jika Anda memilih jenis makanan ini, pilihlah daging sapi yang rendah lemak. Karena menurut penelitihan, daging sapi yang rendah lemak, mengandung banyak protein dan dapat membantu mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama.

Ikan

Berbeda dengan daging sapi yang agak sulit didapatkan dan harganya juga sedikit mahal. Ikan justru sangat familiar dipasaran dan harganya pun sangat terjangkau. Saya menyarankan sebaiknya menu ini menjadi menu wajib waktu sahur Anda bersama keluarga. Karena ikan akan membuat daya tahan tubuh Anda semakin kuat. Sehingga Anda tak akan mudah terserang penyakit saat berpuasa.

Susu

Bukan hanya bayi yang memerlukan susu, orang dewasa pun perlu. Tak terkecuali saat menjalankan ibadah puasa. Tubuh juga memerlukan asupan gizi yang terdapat dalam susu. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda hidangkan susu sebagai minuman saat sahur.

Itulah beberapa menu makanan yang harus Bunda sajikan saat sahur. Dengan mengonsumsi semua menu tersebut, pasti Anda dan keluarga tercinta akan merasa sehat dan bugar selama berpuasa. Selamat mencoba!

 

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.