Beli ‘gadget’ bekas? Tidak masalah, ini tips sebelum membeli

Siklus produksi dari sebuah ‘handphone’ atau ‘smartphone’ semakin cepat. Jika pada tahun 2000-an produk hp keluar dalam jangka waktu yang lama, saat ini hp baru diluncurkan dalam jangka waktu setahun sekali.

Hal ini tentu membuat beberapa orang merasa ketinggalan jaman, ataupun berpikiran bahwa hp yang dimiliki saat ini sudah berumur. Terlebih lagi produk gadget seperti hp keluaran terbaru dilengkapi dengan fitur yang tidak dimiliki dari generasi sebelumnya dan beberapa inovasi terbaru. Sehingga semakin membuat beberapa kalangan untuk selalu ingin memiliki gadget terbaru.

Bukan menjadi masalah untuk dapat mengikuti tren dan memiliki hp keluaran terbaru. Baru akan menjadi masalah apabila budget kita tidak sesuai dengan harga yang harus dibayarkan. Meskipun permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan metode ‘nyicil’. Akan tetapi alangkah lebih bijak jika kita menyesuaikan keinginan dengan budget yang tersedia.

Membeli sebuah produk dalam kondisi bekas tentu juga ada resikonya. Mulai dari tidak ada garansi, lecet pemakaian, aksesoris tidak lengkap atau tidak original hingga dijual dalam kondisi ‘batangan’ atau hanya produk saja. Beberapa resiko diatas dapat dihindari apabila kita jeli dalam memilih barang.

Berikut beberapa tips dari saya pribadi yang juga gemar membeli handphone bekas. Pertama, cari harga pasar produk yang diinginkan di beberapa tempat seperti toko atau olshop. Kedua, hindari membeli secara ‘online’ produk elektronik. Lebih baik bertemu langsung dengan penjual untuk dapat memastikan produk tersebut layak dibeli atau tidak. Ketiga, tanyakan kekurangan kepada penjual dan tanyakan kelengkapan.

Beberapa tips diatas saya gunakan untuk membeli beberapa hp terutama produk Apple yang memang banyak diminati di pasaran baik dalam kondisi baru maupun bekas. Hp bekas apabila dalam kondisi yang baik tentu sangat layak dimiliki. Terlebih anda mendapatkan harga yang relatif jauh jika dibandingkan dengan membeli baru.

Tidak perlu takut apalagi malu untuk membeli handphone bekas. Jika menurut anda barang bekas tersebut masih sangat layak untuk digunakan dengan jangka waktu yang lama. Dari pengalaman pribadi, saya suka membeli hp bekas terutama iPhone. Hal ini didukung karena harga yang lebih murah dari baru, masih dapat digunakan untuk beberapa tahun bahkan bertahan hingga 5 tahun dan yang terpenting dapat membantu kebutuhan sehari-hari.

You May Also Like

About the Author: Fitri Tamara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *