6 Jenis Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Ngangenin

Fitri Tamara 0

6 Jenis Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Ngangenin– Anda ke wisata ke Surabaya? Jangan lupa rehat dulu dan mencicipi makanan khas Surabaya. Sebagai kota yang dijuluki pahlawan ini, tergolong banyak makanan khas yang sangat nikmat untuk memanjakan lidah.

Mungkin tujuan kedatangan anda adalah mengunjungi wisata ataupun ingin berbisnis. Namun tidak ada salahnya jika anda mencicipi beberapa kuliner khas Surabaya. Sebab, banyak sekali makanan khas Surabaya yang sangat disayangkan jika anda tidak mencoba salah satunya.
Makanan khas kota Surabaya banyak ragamnya dan banyak sekali macamnya. Disini telah disajikan beberapa jenis makanan yang paling popular dan menjadi makanan khas di Surabaya. Adapun dari jenis makanan khas tersebut, sebagai berikut :

1. Sate Klopo
Jangan bilang pecinta sate, jika belum nyoba sate klopo. Sate klopo ini dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar. Nah Anda bisa mendapatkan banyak jajanan sate klopo di Surabaya.
Akan tetapi salah satu yang paling maknyus adalah sate klopo yang terletak di jalan walikota mustajab kota Surabaya. Sedangkan untuk mencicipi sate ini Anda perlu sedikit menunggu, kenapa? Karena warung sate klopo yang satu ini tak pernah sepi pelanggan. Sehingga Anda perlu menunggu antrian untuk mencicipin sate di sini.

ig @kulinersuraboyo

2. Nasi goreng Jancuk
Makanan yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan! Nasi goreng jancuk terkenal karena porsinya yang banyak dan pedasnya ngena banget. Makanan ini cocok untuk untuk Anda yang doyan pedas. Satu porsi nasi goreng ini bisa dinikmati 4 hingga 5 orang lho. Sedangkan untuk soal harga sekitar 100rban saja per porsi.

ig @primebizhotelsurabaya

Apa Saja Jenis Makanan Khas Surabaya?

3. Soto Lamongan
Walaupun bukan makanan asli Surabaya, soto lamongan ini tergolong terkenal di Surabaya. Berbeda dengan soto-soto yang lain yang biasanya berkuah kuning. Sebab soto ini dibuat dan dimasak dengan santan sehingga gurih dan kental. Salah satu dari yang terkenal adalah soto lamongan yang terletak di lokasi di jalan Ir. Soekarno, kota Surabaya.

ig @essy_heryana

4. Nasi Krawu
Anda sudah pernah mendengar nasi krawu? Nasi krawu merupakan semur daging yang dibuat dengan perpaduan sambal terasi. Disitu ada perpaduan antara nasi putih pulen, jeroan sapi dan serundeng.

Sangat di sayangkan jika Anda datang ke Surabaya tidak mampir dan menikmati Nasi krawu ini. Makanan ini cocok untuk sarapan dan tentu akan memuaskan lidahmu. Jangan ragu untuk, berburu kuliner yang satu ini.

ig @nggilingsik

5. Rujak Cingur
Berkunjung ke Surabaya belum lengkap rasanya kalo belum mencicipi Rujak cingur yang bahkan sudah terkenal di seluruh Indonesia. Rujak cingur terbuat dari dari aneka sayur, buah-buahan dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Apa sih keuniknya? Keunikanya karena kuliner ini menggunakan cingur sebagai bahan utama. Lalu Anda berani coba gak?

ig @nicola_titan

6. Tahu Tek
Tahu tek merupakan salah satu makanan idola di Surabaya. Tahu tek berisi tahu goreng, lontong dan kentang yang digunting diatasnya. Keunikanya adalah tahu tek ini bahan bahanya digunting bukan diiris. Lalu ditambahkan kecambah dan ditaburi seledri serta disiram petis, sebagai pelengkap ditambahkan kerupuk.
Nah teruntuk Anda yang bingung pada saat berwisata ke Surabaya, juga bisa langsung menuju tempat yang bernama Pakuwon Food Festival. Disini banyak beragam makanan khas Surabaya. Surabaya memang top kulinernya. Yuk, sempatkan untuk berkunjung ke kota ini!pokoke wenak tenan rek!

ig @masakjajan
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com