Berbagai Cara Pengobatan Alternatif Terapi Syaraf Kejepit

Fitri Tamara 0

Pengobatan syaraf kejepit bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan metode serta terapi. Apabila masih dalam keadaan ringan,  cukup dengan pengobatan mandiri di rumah, kondisi tersebut bisa ditangani. Namun bila  keadaannya lebih serius  dan lebih parah, maka perlu mendapatkan penanganan yang lebih profesional dan diserahkan kepada ahlinya.

Penyakit syaraf (saraf) kejepit, atau dalam dunia medis juga biasa disebut hernia nukleus pulposus (HNP) itu sendiri bisa terjadi dalam berbagai kondisi serta bisa menyerang macam-macam bagian dari tubuh seperti punggung bagian bawah, leher, bahu, siku ataupun di pergelangan tangan. Syaraf kejepit sendiri adalah kondisi dimana bagian-bagian tertentu dalam tubuh tersebut meningkatkan tekanan pada jaringan syaraf kita. Pada kondisi ini, penderita mengalami rasa nyeri, mati  rasa atau tubuh bagian tertentu menjadi lemah.

Namun jangan khawatir, bila mengalami kondisi yang digambarkan seperti diatas, bisa diatasi dan bisa disembuhkan dengan berbagai  macam tindakan yang bisa dilakukan, seperti yang akan kita bahas pada bagian berikut ini.

Pengobatan Mandiri Syaraf Kejepit Untuk Gejala Awal

Seperti yang diketahui bahwa kondisidari masing-masing sakit syaraf kejepit ada bermacam-macam. Pada kondisi gejala awal, kita bisa secara mandiri melakukan tindakan pengobatan rumahan yang bisa kita lakukan sendiri ataupun dibantu dengan orang rumah. Pengobatan atau tindakan tersebut bisa  dilakukan dalam bentuk seperti berikut ini:

flexfreeclinic.com
  • Cukup Tidur dan Istirahat yang Ekstra. Hal ini bisa dilakukan karena selama proses tidur dan istirahat yang cukup tersebut, tubuh  dengan sendirinya memperbaiki kondisi tubuh, mengurangi gejala saraf kejepit serta dengan sendirinya bisa menyembuhkan gejala-gejala awal yang dirasakan. Cari posisi terbaik yang tidak mengiritasi, tidak menggunakan saraf secara berlebihan serta mampu mengurangi tekanan pada saraf.
  • Perbaiki posisi postur tubuh. Cara duduk, cara berdiri, cara berbaring bisa mempengaruhi postur tubuh sehingga bila postur tubuh salah, maka akan berakibat pada tekanan pada saraf tertentu tubuh, sehingga mengakibatkan syaraf kejepit. Untuk itu perbaikilah postur tubuh dalam melakukan kegiatan, menggunakan bantal sebagai penumpu, penggunaan sandaran leher, atau pemilihan kursi yang pas bisa memperbaiki kondisi tubuh.
  • Pemilihan alat yang Ergonomis. Untuk mencegah terjadinya syaraf kejepit, perlu dipertimbangkan memiih peralatan bantu yang ergonomis untuk setiap kegiatan yang kita lakukan. Kita bisa mengatur peralatan tersebut agar kita bisa dengan nyaman selama melakukan kegiatan serta aktifitas, seperti mengatur monitor komputer sejajar dengan posisi mata, menggunakan keyboard dan mouse yang empuk dan nyaman, untuk mengurangitekanan pada tangan.
  • Obat pereda nyeri. Apabila diperlukan penggunaan obat untuk meredakan nyeri juga bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan, berguna untuk mengurangi pembengkakan serta menghilangkan rasa sakit, untuk kasus gejala ringan atau gejala awal.
  • Peregangan Otot dan Yoga. Melakukan kegiatan atau aktifitas olahraga peregangan dalam tingkat dan kondisi tertentu, mampu meringankan dan menyembuhkan penyakit syaraf kejepit. Tapi perlu dicatat bahwa ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan lembut, serta bila ternyata terlalu berat maka harus dihentikan, karena resikonya kondisi syaraf kejepit akan semakin berat.
  • Pijat fisioterapi. Tindakan terapi pemijatan bisa berguna untuk mengurangi rasa sakit maupun stres. Tapi tentunya ini dilakukan dengan benar dan  sangat hati-hati, dan bila diperlukan menggunakan tenaga fisioterapis ahli yang sudah berpengalaman untuk melakukan terapi syaraf kejepit. Terapi ini bisa dikombinasikan dengan olahraga maupun dengan peregangan.
  • Penggunaan belat atau bidai. Dengan menggunakan alat ini juga bisa membantu meringankan tekanan pada syaraf kejepit, serta membantu mencegah kerusakan lebih lanjut. Alat ini biasanya dipakai di bagian tangan yang merasakan syakit.
  • Meninggikan posisi kaki. Cara ini bermanfaat bagi yang merasakan sakit syaraf kejepit di bagian punggung, karena dalam penerapannya dapat mencegah tekanan pada tulang belakan. Cara ini bisa dilakukan misalnya dengan memberi atau menempatkan bantal setelah lutut sehingga membentuk sudut 45 derajat kearah atas.
  • Kompres panas dan kompres dingin. Kombinasi penggunaan kompres panas dengan kompres es atau dingin secara bergantian bisa membantu untuk memulihkan kondisi menjadi lebih baik. Ini berfungsi untuk mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah serta membantu membantu menghilangkan rasa sakit yang diderita.
  • Merubah gaya hidup. Mengubah kebiasan atau gaya hidup kearah yang lebih sehat menjadi penting, guna mengurangi gejala-gejala yang terjadi dan selain itu untuk memperoleh  kebugaran tubuh serta juga mendapatkan berat badan yang ideal. Kegiatan yang bisa kita lakukan  diantaranya adalah olahraga ringan seperti berjalan, lari-lari kecil, berenang, bersepeda. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum dan  sesudah  berolahraga.

Pengobatan lebih lanjut untuk syaraf kejepit

Bila dalam kondisi tertentu penyakit saraf kejepit ini belum juga sembuh atau bertambah berat kondisinya, maka perlu tindakan lebih lanjut untuk menanganinya. Tindakan tersebut adalah dengan melakukan operasi untuk menyembuhkannya. TIndakan  ini perlu dilakukan apabila pasien sudah mengalami kondisi yang dialami  seperti nyeri yang tidak terkontrol, mengalami kondisi mati rasa atau kelemahan pada bagian yang sakit, mengalami kesulitan untuk berdiri maupun untuk berjalan dan juga kehilangan kontrol pada kandungan kemih serta usus.

Baca Juga:

 

Hasan Sabila Herbal Pengobatan Syaraf Kejepit Jogja Sekitarnya Kang Abay, Pengobatan Syaraf Kejepit Bekasi dan sekitarnya
Menjaga kesehatan tubuh atau untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, Salah satu obat herbal yang populer saat ini yaitu Herbal Tsalis. Pengobatan alternatif terapi saraf kejepit Kang Abay bisa mengobati serta menyembuhkan penyakit tanpa operasi dan tanpa obat. Ada juga teknik pengobatan yang diajarkan Kang Abay dengan metode self healing,
Suhu Ayung, Syaraf Kejepit, DNL Body and Bone Guru Singa, Pengobatan Syaraf Kejepit Jakarta
Suhu Ayung adalah klinik yang dapat dengan mudah mengobati berbagai macam penyakit seperti patah tulang, syaraf kejepit, sendi yang terlilit bahkan kaki panjang dan pendek Klinik ini didirikan oleh alm Prof. Dr. Ng. Rusli Gurusinga pada tahun 1978, dan sekarang diteruskan operasionalnya oleh anaknya. Anak beliau adalah Seri Guru Singa yang memperoleh keahlian
Terapi Zamatera, Pengobatan Syaraf Kejepit Bogor Kiki Hendrawan, Ahli Saraf Kejepit di Bekasi
Rumah Terapi Zamatera di Bogor oleh tenaga ahli Bapak Hariyanto Wasingun mengobati berbagai macam penyakit saraf tulang belakang, saraf kejepit, massase cedera olahraga (MCO) dan praktisi bekam Pengobatan Alternatif Stroke dan Saraf Kejepit Kiki Hendrawan si Tangan Ajaib,yang sebelumnya berprofesi sebagai disc jockey (DJ), diberikan keahlian lain dalam mengobati pasien
Pak Jeje, Pengobatan Syaraf Kejepit Bandung, Jawa barat Fisioterapi Windy Mayang
Pengobatan Alternatif Pak Jeje Pengalengan, Bandung Jawa Barat mengobati berbagai macam penyakit: syaraf kejepit, stroke, asam urat, darah tinggi, tumor, keputuhan, hipertensi, kolesterol, ambeien. Proses jalannya terapi dilakukan dengan profesional dan sangat teliti. Dilakukan diagnosa terlebih dahulu, termasuk menanyakan bagian mana yang mengalami masalah dan nyeri.
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com