7 Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan Anda

Fitri Tamara 0

7 Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan Anda – Salah satu jenis minuman yang menyehatkan bagi tubuh yaitu wedang uwuh. Minuman ini berasal dari campuran beberapa jenis rempah seperti misalnya kayu secang, jahe merah, daun dan kayu manis, daun dan biji pala, gula batu serta yang terakhir yaitu kapulaga.

Wedang uwuh sangat cocok untuk diminum ketika malam hari atau pagi saat udara dingin. Karena memang wedang ini mampu membuat tubuh Anda menjadi hangat. Berikut akan diulas mengenai apa saja manfaat yang dimiliki oleh wedang uwuh untuk kesehatan tubuh Anda, diantaranya meliputi :

jualo.com

Apa Sajakah Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan?

1. Mengobati Asam Urat
Manfaat pertama yang dimiliki oleh wedang uwuh yaitu mampu mengobati asam urat. Bahan yang digunakan untuk wedang ini salah satunya yaitu jahe merah. Dan seperti yang telah diketahui bahwasannya jahe merah sangatlah efektif untuk digunakan mengobati asam urat.

Khasiatnya mampu untuk meredakan peradangan yang terjadi di sendi serta untuk membuang tumpukan asam urat dengan cara melancarkan sirkulasi darah Anda.

2. Mengobati Penyakit Kardiovaskular
Manfaat kedua yaitu mampu untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Hal itu dikarenakan pada kayu manis yang merupakan bahan pembuatan wedang ini memiliki kandungan senyawa Cinnemaldehyde yang memiliki manfaat dalam menurunkan dan menstabilkan tekanan darah. Sehingga kandungan yang terdapat didalamnya mampu untuk menekan resiko munculnya penyakit kardiovaskular.

3. Membersihkan Racun
Dengan mengonsumsi minuman wedang uwuh ini Anda juga bisa membersihkan racun yang ada di ginjal serta hati. Hal itu memungkinkan untuk terjadi karena memang pada wedang uwuh terdapat kandungan pala yang diketahui bahwa kandungan ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan racun yang terdapat pada organ ginjal maupun hati.

4. Mengobati Batuk
Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh dari wedang uwuh ini juga bisa melegakan tenggorokan Anda ketika meminumnya dalam kondisi hangat. Selain itu juga mampu mengurangi flu sekaligus batuk.

Minyak atsiri yang terkandung di dalam jahe merah ini memiliki manfaat untuk mengobati batuk, baik itu pada orang dewasa maupun bagi anak – anak. Oleh karena itu Anda yang saat ini sedang mengalami batuk maupun flu, bisa mencoba minuman wedang uwuh ini.

5. Menurunkan kolesterol
Manfaat kelima yang dimiliki oleh minuman ini yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Hal itu dikarenakan di dalam wedang uwuh terdapat kandungan jahe yang bisa memberikan rasa pedas.

Jahe yang memiliki cita rasa pedas sangatlah baik dalam menurunkan kadar kolesterol Anda. Sehingga di sini, minuman jenis ini juga mampu untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan penyakit stroke yang mengancam kesehatan tubuh.

6. Mengobati Peradangan.
Anda juga bisa mengurangi terjadinya peradangan, baik itu spesifik maupun sistemik. Kandungan kayu manis yang terdapat pada wedang uwuh dapat memungkinkan minuman ini untuk melakukan hal tersebut.

Selain itu dengan mengobati peradangan, wedang uwuh ini juga berperan untuk menghindarkan sakit kepala serta nyeri radang sendi.

7. Meningkatkan Imun Tubuh
Manfaat yang terakhir yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda atau sistem imun. Dengan begitu Anda tidak akan mudah terserang oleh penyakit terutama saat musim penghujan. Hal itu dikarenakan jahe merah yang terdapat pada minuman ini mampu untuk membunuh dan mencegah bakteri berbahaya di dalam tubuh sehingga sistem imun akan semakin kuat dan terjaga.

 

 

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com