Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Fitri Tamara 0

Hallo semua, bagaimana kabarnya hari ini? sudahkah berfikir kalian untuk mengembangkan potensi diri kalian sendiri? atau hanya mau hidup dalam kondisi yang begini begini saja. Tentu jika kalian orang yang bermental sukses pasti kalian ingin berkembang bagaimana caranya, lain halnya dengan orang yang hanya ingin disitu saja dan menyia-nyiakan potensi dirinya yang sebenarnya itulah yang dapat membuatnya sukses.

Namun kesadaran akan dirinya sendiri, kebanyakan orang tidak ada niat untuk mengembangkan potensi dirinya. Misalnya kalian bisa bermain sepak bola dengan baik tetapi kalian tidak ada niat mengembangkan potensi tersebut dengan cara misalnya pergi ke Sekolah sepakbola atau bergabung dengan suatu organisasi untuk dapat membuat bakat atau potensi dalam diri anda menjadi berkembang dan dapat tersalurkan dengan baik.

Kemudian caranya bagaimana sih untuk mengembangkan potensi diri dan bagaimana cara untuk mengembakan potensi diri untuk kehidupan lebih baik lagi dengan mudah dan tanpa ada paksaan. Berikut berapa poin yang dapat menjadi jawaban untuk kalian yang ingin mengembangkan potensi diri untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

1.Mengenal Diri Sendiri

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenali diri kita sendiri. Tentu saja hal ini bisa dengan mudah Anda lakukan. Anda pun bisa bertanya pada diri Anda, apa yang sedang menjadi tujuan hidup selama ini, apa saja hal yang membuat Anda bahagia, serta apa saja hal yang bisa membuat Anda sedih.

Namun, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Ini penting untuk diketahui, karena akan berkaitan dengan pencapaian hidup Anda kedepannya. Anda juga dapat bertanya kepada diri anda apa bakat anda dan potensi diri anda untuk menjadi sukses, ketika anda sudah mengetahui itu segeralah beraksi untuk membuat sesuatu menjadi nyata.

2.Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri

Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan diri. Dalam menggali potensi diri, penting sekali untuk mengetahui keduanya agar mempermudah untuk mencapai tujuan dan mempersiapkan diri jika ada masalah yang nantinya akan terjadi dan Anda bisa mengatasinya dengan baik.

Untuk menghadapi kekurangan, cobalah untuk menyadari kekurangan dan berusahalah untuk memperbaikinya atau paling tidak dengan meminimalisir kekurangan tersebut deh.

3.Open Minded Terhadap Saran dan Kritik

Saat sedang berusaha untuk mengembangkan potensi diri, Anda harus bersikap terbuka dalam menerima saran dan kritikan dari orang lain. Anggap saja, saran dan kritik tersebut sebagai hal positif yang akan berguna bagi masa depan yang mana dapat membangun anda menjadi lebih baik.

Namun anda juga perlu memilih kritikan yang datang. Jika saran dan kritikan cukup membangun, jadikan saja sebagai bahan untuk introspeksi diri dan motivasi. Tetapi jika kritikan tersebut hanya membuat potensi diri tidak berkembang yang isinya cuman membuat anda terjatuh, maka sebaiknya tak perlu Anda pikirkan anggap saja seperti angin lewat.

Hindari juga sifat egois yang merasa paling benar sendiri, terimalah semua kritikan yang masuk dalam diri Anda dan hadapilah dengan sikap yang baik.

4.Tidak Takut Mencoba Hal Baru

Cara mengembangkan potensi diri selanjutnya adalah mencoba hal baru yang dijumpai. Singkirkan rasa takut gagal saat mencoba hal baru yang belum pernah Anda pelajari. Cobalah untuk mempelajarinya sampai handal di bidang tersebut dengan bidang yang sehati dengan anda. Kalian perlu meluangkan waktu untuk menggali lebih dalam aktivitas, keahlian baru atau keterampilan tersebut. Dengan mencoba hal baru juga bisa mendorong diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan siapa tahu Anda bisa menemukan bakat tersembunyi dalam diri Anda.

5.Terapkan Pola Hidup Yang Baik

Menggali potensi diri, juga bisa dengan membangun pola hidup yang baik. Setiap kebiasaan baik yang dilakukan dalam keseharian, bisa membuat Anda terus berkembang kearah yang lebih baik lagi. Akan tetapi perlu diingat, membangun kebiasaan baik memerlukan waktu yang panjang dan pengulangan yang konsisten.

6.Keluar Rumah Dan Mulai Membuka Diri

Terkadang kalau kita hanya dirumah saja kita akan terus merasa buntu, yang sudah keluar saja masih suka buntu dan susah berkembang lantas apalagi yang dirumah saja? makanya disini kami menyarankan anda untuk keluar dari rumah dan mulai membuka diri, misalnya cobalah berbicara dengan orang baru atau mungkin gabung ke suatu komunitas atau mungkin juga bisa bekerja keluar sana dan bergabung disebuah perusahaan besar.

Sehingga kalian akan terbuka pikirannya dan akan mengetahui apa potensi dalam diri anda. Mengapa harus keluar? jawabannya adalah karena kalau kalian keluar dan membuka diri kalian disana lah tempat kalian untuk bertindak menentukan mana yang baik dan tidak, serta disana lah sebuah tempat untuk kalian lebih bisa mengetahui apa kelebihan dari diri anda sehingga membuat anda menjadi lebih percaya diri serta anda juga bisa mengetahui kekurangan anda, agar anda dapat memperbaiki kekurangan tersebut.

Semoga cara mengembangkan potensi diri di atas dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih baik lagi dan mempermudah Anda mewujudkan mimpi. Intinya adalah niat dari kita sendiri untuk mengembangkan diri sendiri karena semua yang ada diatas akan sia-sia jika anda sendiri tidak ada niat sama sekali, makanya niatkan itu dan konsisten untuk suatu hal yang dapat membuat anda berhasil di masa mendatang.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.