Waktu yang Berharga dikala Pandemi

Fitri Tamara 0

Sudah hampir delapan bulan kita semua berjuang menghadapi ‘musuh baru’ yang mengancam eksistensi kehidupan umat manusia di dunia. Tak satupun negara di dunia yang tidak terkena serangan dari ‘musuh baru’ tersebut.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang juga ikut terkena dampak dari menyebarnya virus yang bersumber dari novel-coronavirus, sebuah virus yang juga mengakibatkan pandemi seperti SARS. Pada tahun 2020 ini dunia kalangkabut dalam menghadapi COVID-19 sebuah turunan jenis baru dari novel-coronavirus.

Hampir seluruh aktivitas manusia terhambat, tidak ada lagi siswa yang belajar disekolah, beberapa tempat terpantau sepi dan juga sebagian pekerja tidak lagi dapat bekerja. Dan juga beberapa di beberapa daerah dilarang untuk melakukan aktivitas diluar rumah dengan dalih Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Hal ini tentu saja membuat kita harus beradaptasi dengan keadaan. Tidak hanya menghadapi kebosanan yang mulai melanda, tetapi kita juga harus bisa bertahan dengan ketidakpastian ini. Banyaknya waktu luang yang kita miliki saat ini baiknya dimanfaatkan menjadi hal yang positif.

Salah satu bentuk nyata yang mungkin jarang dilakukan sebelumnya adalah menghabiskan waktu bersama keluarga. Tentunya dalam sebuah keluarga mungkin memiliki kesibukan tersendiri sehingga waktu berkumpul bersama hampir tidak ada.

Selain itu, beberapa dari kita yang mengharap libur panjang, dengan adanya pandemi COVID-19 ini keinginan tersebut dikabulkan. Tetapi ketidakpastian akan kapan berakhirnya pandemi ini membuat kita kian larut akan kebosanan. Sehingga diperlukan adanya kegiatan ‘baru’ guna mengisi waktu luang dan menghapus kebosanan ini.

Ilmu bisa kita dapatkan dari mana saja, tidak perlu mengenyam pendidikan jika hanya untuk menuntut ilmu, terlebih di zaman modern dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Hanya dengan menonoton video dari internet anda sudah bisa mendapatkan dan mempraktekkan hal baru.

Mungkin anda menginginkan untuk membangun sebuah bisnis, mulai berolahraga, belajar investasi, meningkatkan skill anda, saat ini merupakan waktu yang tepat. Jangan jadikan pandemi sebagai penghalang tapi lihatlah sebagai peluang. Selain mengisi waktu luang, anda juga bisa menghapus kebosanan dan menambah wawasan baru.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.