Punya Cita-cita Lulus SNMPTN 2021? Simak 5 Langkah Berikut ini

Fitri Tamara 0

Punya Cita-cita Lulus SNMPTN 2021? Simak 5 Langkah Berikut ini– Bagi kamu yang ingin lulus dan diterima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Ada kabar gembira buat kamu. Pada tanggal 15 Februari 2021 lalu, pendaftaran SNMPTN 2021 telah resmi dibuka. Kamu bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur ini.

Namun perlu kamu perhatikan, untuk lulus SNMPTN 2021 perlu persiapan yang matang karena nilai rapor bukanlah jaminan untuk lulus seleksi ini. Kamu perlu langkah khusus agar keinginanmu bisa terlaksana dengan baik. Nah, berikut ini lima langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa lulus SNMPTN 2021.

1. Kamu Harus Punya Grafik Nilai Rapor yang Meningkat
Untuk lulus SNMPTN 2021, kamu harus mempunyai grafik nilai rapor yang bagus. Untuk itu, kamu harus mempersiapkannya sejak kamu duduk di bangku SMA atau yang sederajat. Usahakan nilai rapormu meningkat dari semester 1-5.
Grafik nilai rapor yang bagus itu menunjukkan bahwa kamu memiliki progres yang baik. Itu bisa menjadi pertimbangan bagi petugas SNMPTN 2021 untuk meluluskanmu sehingga kamu bisa masuk di jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri yang kamu idam-idamkan.

2. Kamu Harus Punya Portofolio Prestasi yang Bagus
Selain grafik nilai rapor yang terus meningkat, kamu juga harus memiliki segudang prestasi di luar kelas. Karena itu juga bisa menjadi pertimbangan petugas seleksi untuk meluluskan kamu. Oleh karena itu, kamu harus sering ikut perlombaan atau kegiatan-kegiatan lain yang bisa meningkatkan portofolio kamu.
Kamu harus menyimpan sertifikat maupun piagam penghargaan yang kamu peroleh. Karena nantinya sertifikat maupun piagam penghargaan tersebut bisa berguna ketika kamu mendaftar SMPTN 2021. Dengan melampirkannya ketika pendaftaran, kamu nanti bisa lebih dipertimbangkan dibanding peserta yang lain.

(tempo.co)

Apa Langkah yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus SNMPTN 2021?

3. Melakukan Survei Terhadap Jurusan Di Perguruan Tinggi
Kamu harus melakukan survei terhadap jurusan yang ada di Perguruan Tinggi Negeri yang kamu tuju. Kamu harus mendapatkan informasi di sana, entah itu tentang hal-hal yang akan kamu pelajari, prospek kerja, dan lain sebagainya.
Selain itu, kamu juga harus mengetahui informasi tentang kuota daya tampung, jumlah pendaftar, jumlah diterima, hingga sebaran siswa diterima berdasarkan jurusan SMA maupun Provinsi. Dengan informasi tersebut, kamu bisa menentukan jurusan yang tepat buat kamu. Sehingga tidak ada lagi istilah salah jurusan.

4. Memilih Jurusan Lain yang Sedikit Peminatnya
Dengan memilih jurusan lain yang sedikit peminatnya, otomatis peluang kamu untuk lulus SNMPTN 2021 akan semakin besar. Langkah ini bisa kamu lakukan bila kamu tidak memiliki grafik nilai rapor yang baik dan juga tidak memiliki portofolio yang mentereng. Yang penting kamu masih bisa lulus Perguruan Tinggi Negeri tersebut. Walaupun memilih jurusan lain, kamu harus tetap menyesuaikan dengan kemampuanmu dan yang terpenting kamu jurusan tersebut.

5. Memilih Perguruan Tinggi Negeri dengan Jumlah Peminat yang Sedikit
Yang terakhir, kamu bisa memilih Perguruan Tinggi Negeri manapun asalkan di sana ada jurusan yang kamu inginkan. Agar peluang lulus semakin besar, kamu pilih Perguruan Tinggi Negeri yang sepi peminat. Tak perlu memikirkan prestasi Perguruan Tinggi Negeri tersebut. Yang penting, kamu masih bisa menuntut ilmu di sana. Tentunya sesuai dengan ilmu yang kamu inginkan.

Nah, itu tadi lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk lulus SNMPTN 2021. Semoga langkahmu berhasil. Tetap semangat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com