Praktik atau Praktek menurut KBBI mana yang benar?

Fitri Tamara 0

Praktik atau Praktek menurut KBBI mana yang benar?. Dalam penggunaan kata atau kalimat bahasa Indonesia yang benar, kadang kita bingung menentukan mana yang benar diantara dua atau lebih pilihan, misalnya kata praktik atau praktek. Untuk itu kita perlu merujuk pada penggunaan pada kaedah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Penggunaan KBBI dalam hal ini menjadi patokan yang pasti dalam menentukan kata mana yang benar. Jadi seperti penggunaan kata praktik atau praktek, kita harus bersumber pada Kamus Bahasa yang tepat. Karena pada penerapannya masih banyak yang salah dalam menggunakannya.

Jadi penggunaan yang benar adalah praktik. Ini karena menurut KBBI, kata ini merupakan kata serapan, secara khusus diterangkan bahwa ini berasal dari bahasa Inggris yaitu practice. Dimana sesuai aturan, untuk kata serapan dari bahasa inggris yang mempunyai akhiran -ic maka akan dirubah atau diserap dalam bahasa Indonesia menjadi akhiran -ik, sehingga bila sesuai aturan tersebut, maka penulisan yang paling tepat adalah Praktik.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, arti dari Praktik adalah sebagai berikut:
a. Pelaksanaan secara nyata apa yang ada dalam teori
b. Pelaksanaan Pekerjaan (mengenai dokter, pengacara dst)
c. Adalah perbuatan menerapkan teori atau dengan kata lain pelaksanaan

Jadi untuk contoh lebih lanjut pemakaian yang benar adalah sebagai berikut:
1. dipraktikkan bukan dipraktekkan
2. mempraktikkan bukan mempraktekkan
3. ujian praktik bukan ujian praktek
4. kerja praktik bukan kerja praktek.

Demikian pembahasan mengenai praktik atau praktek KBBI , menggunakan kaidah bahasa yang benar.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com