Kenalkan Anak Kecerdasan Finansial sejak Dini

Fitri Tamara 0

Sangat penting bagi anda memiliki pengetahuan mendasar dalam keuangan atau mengelola uang. Selain dapat mengatur pengeluaran dan pemasukan, memiliki pengetahuan dalam keuangan juga bermanfaat untuk dapat merencanakan kehidupan masa depan.

Pengetahuan dasar dalam keuangan ini sayangnya tidak kita dapatkan saat bangku sekolah dan mungkin baru anda dapatkan jika anda berada pada bangku kuliah dengan jurusan yang berhubungan dengan ekonomi. Padahal, sangat penting bagi kita untuk setidaknya bisa mengelola uang yang kita miliki.

Para orang tua sebaiknya juga mengajarkan pada anaknya mengenai pengelolaan uang. Paling mudah bagi anak untuk diajarkan menabung pada awalnya. Dengan menabung kita dapat mempelajari bahwa pentingnya menyimpan uang untuk keperluan yang akan datang ataupun dalam keadaan darurat.

Selain itu, penting bagi anak untuk mengetahui dan juga mencatat pengeluaran uang mereka. Hal ini tentu akan mengasah kemampuan berhitung, berhemat, dan juga melatih daya ingat anak. Untuk menstimulus kecerdasan anak anda juga bisa memberikan penghargaan atas pencapaian yang telah dilakukan oleh anak.

Sebagai contoh adalah mengajarkan anak untuk membaca, dan jika anak telah menghabiskan satu buku anda memberikan hadiah seperti tambahan uang saku. Dengan begitu anda juga membantu anak anda belajar lebih banyak hal dari buku yang telah ia selesaikan. Selain itu anda juga dapat mengajarkan kepada anak anda seputar keuangan.

Cara lain untuk mengajarkan anak seputar kecerdasan finansial adalah dengan menemani mereka ketika membelanjakan uangnya. Tunjukan bahwa tidak semua hal dapat atau harus dimiliki saat ini, dengan begitu anda menunjukkan pentingnya menabung.

Berikan anak pengertian soal perencanaan jika dirasa sudah saatnya bagi anak untuk mengetahui perencanaan. Karena hal-hal berikut mungkin tidak diajarkan di sekolah dan juga perlu dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu anda dan juga sang buah hati saling belajar dan juga membentuk kebiasaan untuk mengelola keuangan.

Sehingga ketika mereka beranjak dewasa ataupun jauh dari orang tua, mereka tidak lagi kesulitan dalam mengelola keuangan dan dapat meminimalisir kondisi ‘akhir bulan’.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.