Cara Mendidik Anak Usia Dini yang Wajib Anda Pahami & Terapkan

Fitri Tamara 0
Cara Mendidik Anak Usia Dini yang Wajib Anda Pahami & Terapkan

Cara mendidik anak usia dini sebenarnya terdapat dalam berbagai hal yang mudah anda lakukan dan juga contohnya. Anak usia dini itu berdiri usia 4 sampai 5 tahun, yang mana ia masih suka untuk bereksplorasi pada lingkungan sekitarnya. Ia juga sudah mulai untuk mengembangkan diri.

Bukan hanya sekali, apabila anda melihat anak anda ini sulit diatur, tetapi berkali-kali. Inilah penyebabnya mengapa anda harus serta merta melibatkan rasa sabar dalam melakukan hal apapun. Jika kita dalam mendidik juga tidak mempunyai rasa sabar, kelak anak kita juga akan bersikap yang sama. Karena seperti pepatah yang mengatakan, “Buah itu jatuhnya tidak akan jauh dari Pohon” bukan begitu?

Cara Mendidik Anak Usia Dini yang Wajib Anda Pahami & Terapkan
suara.com

Beberapa Cara Mendidik Anak Usia Dini yang Wajib Orangtua Ketahui

Dengan demikian, orang tua sudah seyogyanya harus tahu mengenai bagaimana cara mendidik anak usia dini. Terutama untuk ibu, memang tak bisa dipungkiri jika anak itu lebih lengket pada ibunya. Hal tersebut juga berguna, supaya tumbuh kembang anak lebih optimal.

Memberikan Rasa Kasih Sayang yang Cukup

Memberikan rasa kasih sayang yang cukup merupakan poin pertama cara mendidik anak usia dini yang paling utama. Jangan pernah mendidik anak dengan ajaran otoriter. Karena hal tersebut akan menyebabkan anak melawan orangtua suatu saat nanti.

Kasih sayang ini bukan hanya dengan perlakuan saja, tetapi juga juga harus anda lakukan secara langsung. Contoh sederhananya begini, sebelum tidur anda mengucapkan “I Love You sayang”. Jika tidak sebelum tidur bisa anda lakukan sehabis bangun tidur. Tak hanya untuk ibu saja, ayah juga sangat bisa.

Mengajak Bermain dan Menemani

Faktanya anak-anak itu akan mudah menyerap dan menangkap segala hal dengan praktik. Salah satu cara mendidik anak sesuai dini tersebut, sudah seharusnya anda lakukan. Luangkan sedikit waktu anda, sekedar untuk bermain dan juga mengajarkan suatu hal.

Ajaklah anak-anak anda bermain dengan membaca. Kenalkan mereka tentang nama-nama hewan, buah, atau bisa juga dengan mengenal angka. Atau gambar lucu lainnya.

Senantiasa Berikan Pujian

Ketika anak anda melakukan suatu hal yang mencapai kemajuannya, berikan ia pujian dan jangan pelit. Meskipun hanya “Hore, Pintar sekali kamu nak”. Pujian tersebut berguna supaya anak anda lebih percaya diri dan juga dia itu mampu melakukan suatu hal dengan baik.

Ajarkan Anak-anak Tentang Agama

Agama merupakan pondasi yang penting untuk keberlangsungan hidup. Untuk anak-anak anda, kenalkan juga tentang apa agama yang anda anut dan juga bagaimana. Jika anda menerapkan cara mendidik anak usia dini ini, nantinya karakter anak pun bisa berkembang menuju ke arah yang positif.

Tak hanya itu saja, anda juga harus mengajarkan kepada mereka tentang pentingnya berbuat kebaikan terhadap sesama. Anda juga tak hanya memberikan pengajaran, tetapi juga harus mencontohkan.

Gunakan Kalimat dan Ucapan yang Positif

Ketika anda dan anak-anak menghabiskan waktu di rumah bersama anak-anak, cobalah untuk menghindari penggunaan kata-kata yang kasar. Gunakan juga kalimat kalimat yang condong lebih menganjurkan daripada menyuruh.

Dengan anda menerapkan cara mendidik anak usia dini yang seperti ini, karakter anak anda akan tercipta dengan baik dan juga sopan. Misalnya seperti ini, “nak sebenarnya mama itu lebih suka dan senang ketika selesai bermain, kamu langsung membereskan semua permainanmu”.

Selalu Berikan Dukungan

Usia anak yang masih kecil ini mereka suka melakukan eksplorasi terhadap lingkungan sekitar. Dengan demikian, saatnya anda mengamalkan cara mendidik anak yang satu ini.

Selalu berikan anak dukungan terhadap suatu hal yang baik tak hanya cocok untuk anak laki-laki saja tetapi juga semuanya. Hal tersebut dapat mendukung kemajuan anak anda. Nah, beberapa cara mendidik anak usia dini tersebut bisa anda terapkan untuk pola didik anak. Mulailah dari saat ini.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com