Cara Mendaftar serta Syarat Masuk SMA Negeri 2021

Fitri Tamara 0

Cara Mendaftar serta Syarat Masuk SMA Negeri 2021 – Bagi Anda yang saat ini telah bersiap – siap untuk menuju jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas), maka sebaiknya mulai memutuskan untuk memilih SMA mana nantinya yang ingin dituju. Sedangkan bagi Anda yang ingin diterima dan melanjutkan jenjang pendidikan SMA.

Maka Anda juga perlu memperhatikan syarat – syarat apa yang harus dipersiapkan agar bisa masuk SMA. Jika Anda penasaran, berikut adalah syarat yang perlu dipenuhi, diantaranya meliputi :

  1. Harus memiliki usia maksimal 21 tahun.
  2. Memiliki ijazah SMP ataupun sederajat serta dokumen lain yang memberikan keterangan telah selesai kelas 9 SMP.
  3. Untuk persyaratan bagi calon siswa SMK dengan bidang keahlian, kompetensi keahlian ataupun program keahlian dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam rangka penerimaan siswa siswi baru kelas 10.

Syarat – syarat umum yang perlu dipenuhi

  1. Syarat usia di atas perlu dibuktikan dengan menggunakan surat keterangan lahir atau akta lahir yang dikeluarkan oleh pihak berwenang dan dilegalisir oleh kepala desa atau pejabat setempat yang memiliki wewenang sesuai dengan daerah calon peserta didik.
  2. Bagi para warga negara Indonesia ataupun warga negara asing yang berniat untuk mendaftar PPBD kelas 10, serta berasal dari sekolah di luar negeri, selain harus memenuhi persyaratan yang dimaksud juga wajib untuk mendapatkan surat keterangan dari direktur jenderal yang menangani pendidikan sekolah menengah.
  3. Selain itu bagi peserta didik warga negara asing harus mengikuti matrikulasi pendidikan bahasa Indonesia setidaknya dalam jangka waktu 6 bulan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah bersangkutan.
  4. Khusus bagi para calon peserta didik yang menyandang disabilitas juga dikecualikan dari syarat usia serta dokumen lain maupun ijazah. Hal tersebut diatur dalam pasal 10.
suarasurabaya.net

Bagaimana Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mendaftar PPDB?

 

Cara Daftar PPDB SMA/SMK

  1. Bagi seluruh calon peserta didik di semua jalur, wajib untuk melakukan pendaftaran melalui aplikasi PPDB.
  2. Para peserta didik harus membuat pernyataan mengenai keaslian dan kebenaran dokumen.
  3. Melakukan proses registrasi serta verifikasi untuk pendaftaran diri di sistem aplikasi PPDB.
  4. Melakukan input data pribadi yang sesuai dengan alur dalam sistem aplikasi PPDB.
  5. Surat pernyataan tentang kebenaran dan keaslian dokumen harus diunggah.
  6. Mengunggah surat keterangan untuk nilai raport dari semester 1 sampai dengan semester 5.
  7. Mengunggah piagam prestasi atau penghargaan calon peserta didik yang memilih jalur prestasi ataupun calon peserta didik yang mempunyai piagam prestasi.
  8. Jika para calon peserta didik ternyata memiliki piagam prestasi penghargaan berjumlah lebih dari satu, maka pilih piagam prestasi penghargaan yang memiliki bobot nilai paling tinggi diantara penghargaan-penghargaan yang lain.
  9. Bagi para putra-putri dari tenaga kesehatan yang menangani pasien covid 19 ataupun yang melakukan pengamatan serta penelusuran kasus covid 19, diwajibkan untuk mengunggah surat keterangan dari dinas kesehatan provinsi.
  10. Semua calon peserta didik harus menyatakan diri bersedia atau tidak bersedia untuk disalurkan pada jalur zonasi.
  11. Calon peserta didik harus telah memenuhi keseluruhan tahapan yang diperlukan serta proses input data dalam sistem aplikasi PPDB.
  12. Apabila calon peserta didik telah menuliskan semua data yang diperlukan, maka nantinya sudah boleh menerima nomor pendaftaran.
  13. Hasil seleksi serta jurnal dapat dilihat di sistem aplikasi PPDB dengan menggunakan nomor pendaftaran peserta PPDB.
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com