Akibat Dampak Tidak Naik Kelas Di Kerja, Karir, Bisnis, Penghasilanmu Di Masa Depan

Fitri Tamara 0

Akibat Dampak Tidak Naik Kelas Di Kerja, Karir, Bisnis, Penghasilanmu Di Masa Depan

 

Mungkin kamu lagi takut apa dampaknya tidak naik kelas, tinggal kelas, kepada masa depanmu yaitu karir, bisnis, kerjaan, gaji, dan penghasilanmu di masa depan.

Apakah akan memberikan dampak buruk, atau malah sebaliknya?

Itu yang kita akan bahas kali ini ya.

BAGAIMANA KAMU BISA TIDAK NAIK KELAS

Pengalaman ini tidak akan yang menyukainya, apapun penyebabnya entah karena kamu malas, atau karena mungkin kau memang tidak pandai di bidang edukasi seperti sekolah dengan sistem penilaian atau belajar seperti ini.

Atau yang terburuk, kamu memang malas karena sama sekali kamu tidak mengerjakan PR, bahkan terus menerus bermain game setiap hari tanpa memusingkan si guru bilang apa.

Tahukah kamu bahwa gurumu sudah berusaha sedemikian rupa supaya semua muridnya naik kelas?

Guru dan sekolah juga tidak suka bila ada muridnya yang tidak naik kelas, karena:

  • Mencoreng nama baik sekolah
  • Mencoreng nama baik gurunya

Jadi bila memang pada akhirnya seorang anak tidak naik kelas, maka itu benar- benar sudah keterlaluan.

 

RASANYA TIDAK NAIK KELAS

Mungkin bagi yang belum pernah merasakan, kamu tidak akan pernah berpikir untuk mau merasakannya juga.

Rasanya tidak naik kelas itu pastinya malu, merasa masa depannya hancur, harga diri terinjak, merasa diri kita gagal, dll.

Segi positifnya mungkin kamu jadi lebih punya banyak teman dan lebih terkenal di sekolah namun bukan karena alasan positif.

Rasanya tidak naik kelas ini bukan hanya dirasakan oleh si murid, tapi juga orang tua/ wali murid yang pastinya merasakan kesedihan yang luar biasa.

Namun bagaimana masa depan berkaitan dengan anak yang seperti ini?

 

PADA DASARNYA SEMUA ANAK ITU CERDAS

Sebenarnya hampir seluruh orang tua itu sadar bahwa dalam skala & bidang tertentu, si anak ini adalah seorang yang cerdas & berbakat.

Namun tidak bisa disamakan semua anak harus belajar & menguasai sesuatu, dan diukur dengan cara yang sama.

 

Semua anak punya cara belajar, bakat, ketertarikan semuanya berbeda. Jadi menilai dan meminta mereka mempelajari semua hal yang jelas merupakan kelemahannya, itu merupakan bukan hal yang masuk akal.

Jadi lebih baik untuk belajar yang sesuai dengan minat & bakat anak tersebut, dan bahkan untuk memilih specialist sekolah yang tepat sebenarnya untuk bisa mengoptimalkan bakat si anak.

 

DAMPAK TIDAK NAIK KELAS

Bila kamu mencari jawaban yang singkat, jawabannya adalah: TIDAK SELALU BERPENGARUH JELEK.

Ini bertentangan dengan kebanyakan orang yang berkata: supaya sukses itu perlu sekolah, nilai bagus.

Faktanya hal ini sepertinya sudah terbukti tidak benar. Bila Anda lihat, setelah orang lulus, dan bertahun- tahun kemudian, mereka masih bingung dan bahkan lupa apa yang mereka telah pelajari sejauh ini.

Ini berlaku bagi sebagian besar orang, sudah bukan rahasia lagi bahwa mereka juga bingung apa manfaat dari sekolah ini semua padahal materialnya sudah tidak akan dipakai lag di dunia nyata.

Jadi bisa dibilang pengaruh jelek ini hanya adalah “kata orang” yang mana mereka tidak mengalami hal ini sendiri.

Di dunia kerja , kamu tidak akan ditanya berapa nilaimu dan tidak juga ditanya bagaimana sekolahmu dulu. Sama sekali tidak berkaitan dengan gaji, karena perusahaan akan menilai dari produktifitas dan seberapa Anda berdampak kepada yang lain.

 

Jadi jangan putus asa, masa depanmu masih cerah walaupun berpotensi tidak naik kelas atau telah mengalami tidak naik kelas.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.