SOLUSI & Penjelasan Cara Perbaiki Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Fitri Tamara 0

“Kenapa kok setir mobil itu sering bergetar pada kecepatan tinggi?”

Oke, setir mobil bergetar pada kecepatan tinggi, itu biasanya problem di ban nya, atau di Alignment ban nya.

Untuk di alignment ban, mungkin kasusnya cuma 1 dari 100 ya.

Ketika di alignment itu, salah satu ban nya itu, mungkin kaki-kaki nya ada yang nggak bener,atau undercarriage nya ada yang gak bener makanya ban nya bisa goyang begini. . Nah, itu bisa, tapi itu susah banget untuk terjadi.

Anda harus betul-betul tidak merawat mobil anda dan mungkin habis kena lobang super besar dengan kecepatan tinggi , itu baru bisa terjadi.

Dan itu, jarang, jarang sekali. Itu yang nomor satu.

Nomor dua dan yang paling sering adalah ketika kita beli ban, kan kita melakukan yang namanya Balancing dan Spooring.

Nah, kita harus tau dulu nih, balancing itu apa. Balancing itu adalah proses menyeimbangkan si ban itu ketika berputar dalam kecepatan tinggi, atau RPM tinggi.

Nah, maksudnya apa?

Ketika produsen ban bikin ban itu, dan velg beratnya, atau Weight Distributionnya itu gak mungkin sama di setiap sisi ban nya atau velg nya.

Pasti akan ada lebih berat sedikit sisi satu ketimbang yang lain, lebih ringan sedikit lainnya.

Itu sudah pasti, nah makanya itu membutuhkan proses Balancing, dan Finishing Balancing, bukan hanya balancing saja.

Kenapa demikian?

Ketika diputar, dan ketika dia berat sebelah mungkin pada kecepatan rendah tidak terasa, tapi, ketika pada RPM tinggi atau rotasi ban nya tinggi itu yang lebih berat, akan lebih membuat goyang goyang begini, membuat dia naik turun ban nya.

Jadi, ban nya itu bergetar.

Nah, ketika ban nya itu bergetar, ketika anda bawa jalan otomatis ketika itu ban di depan, setir pasti akan goyang-goyang, akan lebih goyang-goyang dan itu biasanya akan ketahuan di kecepatan 80-110 km/ jam.

Secara fisika biasa disebut juga frekuensi resonansi. Bila masalahnya surat mobil sih gampang seperti misalnya cara cek bpkb online, namun untuk masalah setir seperti ini yang lebih bahaya.

Jadi, nanti ketika misalkan hanya di kecepatan itu aja bergetar, Anda gas lagi hilang, anda turunin sedikit juga hilang nah, itu namanya Resonansi Frekuensi getaran ban tersebut.

SOLUSI UNTUK MENGHILANGKAN GETARAN SETIR MOBIL PADA KECEPATAN TINGGI

Anda bawa ke toko ban, cari yang jago Balancing ban, Anda suruh copot semuanya, anda balancing, itu pasti beres, Solved the problem.

Kalo gak beres juga, berarti ada yang salah dengan rack steering, serta kaki-kakinya itu Anda cek lagi.

Jadi, kalo setir bergetar itu bisa cukup fatal akibatnya, makanya ketika anda berasa bergetar ya jangan kencang-kencang, cari tempat balancing ban, suruh dia balancing ulang.

Serta, kalo bisa minta Finish Balancing.

Kenapa?

Itu penting banget, karena kalo finish balancing itu jauh lebih enak bawanya, dan ban nya juga lebih awet.

Itu untuk solusi setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi ya.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.