Resep Opor Ayam Kuning Spesial Lebaran

Fitri Tamara 0

Resep Opor Ayam Kuning Spesial Lebaran – Opor ayam kuning menjadi salah satu menu spesial lebaran yang sangat digemari banyak orang. Bahkan ini adalah masakan khas yang harus selalu ada ketika lebaran tiba. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah untuk didapatkan.

Rasa gurih dari opor ayam didapatkan dari santan yang dicampurkan dalam masakan satu ini. Membuat opor ayam kuning adalah hal yang snagat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasaknya juga sangat mudah didapatkan.

Dengan begitu, Anda juga dapat memasaknya dengan benar dan bisa menghasilkan masakan yang kaya akan rasa dan tetap terjaga keunikannya juga. Adapun bahan – bahan yang perlu disiapkan untuk membuat opor ayam kuning, antara lain :

Bahan – bahan opor ayam :

• 1 ekor ayam kampung
• 3 sendok makan minyak sayur
• 2 lembar daun salam
• 2 lembar daun jeruk purut
• 1 batang serai yang dimemarkan
• 2 cm lengkuas yang dimemarkan
• Bumbu halus: 6 butir kemiri yang disangrai, 3 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 4 cm kunyit, 2 cm kencur, 1 cm jahe, ½ sendok teh jinten, 1 sensok teh ketumbar, 1 sendok teh merica, 1 sendok the gula pasir, 1 sendok makan garam.
• Bawang merah goreng.

Bagaimana Resep Opor Ayam Kuning Spesial Lebaran yang Mudah Dibuat ?

Cara membuat opor ayam kuning spesia lebaran, meliputi :

1. Potong terlebih dahulu ayam kampung sesuai selera Anda. Biasanya menjadi empat atau delapan bagian.

2. Kemudian cuci daging ayam kampung dengan bersih. Pencucian ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa darah dan kotoran yang terdapat pada tubuh ayam, Dengan begitu, ketika dimasak, ayam dalam keadaan bersih dan tidak menimbulkan bau tak sedap pada masakan tersebut nantinya.

3. Panaskan minyak di wajan dan tumis bumbu halus hingga berbau harum dan matang. Jika bumbu dimasak hingga matang, maka masakan akan semakin sedap dan tidak cepat basi. Selain itu, rasanya juga dapat bertambah nikmat tentunya.

4. Kemudian masukkan air sebanyak 500 ml air dan masukkan daun salam, lengkuas geprek, aun jeruk, serai yang digeprek dan juga potongan-potongan ayam yang sudah dicuci tadi.

5. Kemudian kecilkan api yang Anda gunakan untuk memasak air ayam bisa matang dengan tekstur empuk. Pastikan kuah yang ada dalam wajan tersebut menyusut. Karena ini menandakan bahwa bumbu meresap hingga ke dalam daging ayam tersebut. Ini akan sangat menjadikannya nikmat dan enak sebagai sakah satu menu masakan lebaran.

6. Jika masakan telah matang, maka Anda bisa menyajikannya ke dalam piring saji dan memberikan hiasan pada makanan tersebut untuk semakin mempercantik tampilannya. Dengan begitu, Anda juga akan semakin berselera untuk makan masakan tersebut.

Setelah selesai menyajikannya di piring saji, maka hal selanjutnya adalah memberikan taburan bawang merah goreng dia atas opor ayam kuning tersebut untuk menciptakan rasa gurih yang sangat menggugah selera.

Itulah beberapa penjelasan – penjelasan mengenai resep dan cara untuk membuat opor ayam kuning spesial lebaran.

Masakan opor kuning memang menjadi salah satu jenis makanan yang sangat digemari dan selalu ada pada momen-momen lebaran seperti itu. Selain itu, bumbu khas dari opor ayam kuning ini semakin menjadikannya terasa sangat lezat dan nikmat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com