Menu Masakan Lengkap Pada Saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2021

Fitri Tamara 0

Menu Masakan Lengkap Pada Saat Lebaran – Lebaran merupakan sebuah momen yang sangat ditunggu – tunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Setelah sebulan penuh menjalankan Ibadan puasa dibulan ramadhan, pada hari lebaran semua orang saling memaafkan kesalahan satu sama lain.

Pada saat lebaran pasti ada banyak menu masakan – masakan khas momen ini yang terhidang di meja makan keluarga. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa macam menu lebaran lengkap yang biasanya dihidangkan oleh keluarga nusantara ketika momen lebaran telah tiba.

Masakan – masakan tersebut menjadi sebuah masakan khas yang hanya bisa dinikmati ketika lebaran tiba. Berikut adalah beberapa macam jenis menu masakan tersebut yang bisa Anda coba, antara lain :

Apa Saja Macam Menu Masakan Pada Saat Lebaran ?

opor ayam – ig @nathyskitchencom

1. Opor Ayam
Menu lebaran yang menjadi sebuah hidangan wajib bagi keluarga Indonesia adalah opor ayam. Makanan berbuah santan dengan bahan dasar ayam utuh ini adalah sebuah jenis menu masakan yang menjadi identitas dalam sebuah hidangan lebaran. Hampir di seluruh rumah masyarakat Indonesia tersedia satu jenis masakan sedap ini.

2. Rendang Daging
Selain opor ayam, jenis masakan favorit berikutnya yang banyak dihidangkan di kalangan masayarakat Indonesia di rumahnya ketika lebaran telah tiba adalah rendang daging. Rasanya yang sangat khas dan tetap menggunakan santan kental sebagai bahan campurannya menjadikannya cukup lezat dan menggugah selera untuk makan pada momen berkesan ini.

3. Semur Daging
Olahan masakan khas lebaran berikutnya adalah semur daging. Masakan jenis ini menjadi sebuah olahan berkuah yang juga menjadi favorit orang – orang ketika lebaran datang. Kuahnya berwarna coklat yang berasal dari kecap manis yang dicampurkan ke dalam kuah ketika proses memasaknya. Isiannya biasanya terdiri atas potongan daging sapi dan telur ayam rebus.

ig @masakara.id

4. Sambal Goreng Ati Kentang
Selain makanan berkuah, osengan juga menjadi salah satu menu masakan lebaran yang banyak disediakan orang – orang ketika masa lebaran ini tiba. Salah satu osengan tersebut adalah sambal goreng ati kentang yang neniliki rasa yang sangat nikmat dan menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

Bahan – bahan dalam masakan ini juga bisa Anda tambahkan sesuai dengan selera Anda. Biasanya masyarakat Indonesia mencampurkannya dengan petai atau bahan – bahan lengkap lainnya.

5. Gulai Ayam Pedas
Ini adalah salah satu jenis masakan yang tidak jauh beda dengan opor ayam. Hanya saja gula ayam pedas memiliki cita rasa pedas yang khas dan menggugah selera. Selain itu, opor ayam menggunakan campuran santan kelapa kental.

ig @dapur_shakti

Sedangkan untuk gulai ayam pedas hanya mengandalkan bumbu-bumbu tersebut yang didominasi dengan campuran cabai merah dan cabai rawit untuk menghasilkan cita rasa pedas yang disukai masyarakat Indonesia.

6. Serundeng Daging
Sedundeng daging merupakah salah satu jenis olahan daging yang cara membuatnya dengan memotong daging sapi secara melintang dan mengirisnya dengan tipis. Ini dilakukan agar dapat diperoleh serundeng daging yang halus dan lembut.

Bahan – bahannya juga sangat mudah didapatkan. Selain itu, dalam serundeng daging juga terdapat campuran kelapa parut untuk memberikan cita rasa baru dalam masakan satu ini.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai menu lebaran lengkap. Anda bisa membuat beberapa masakan diatas ketika lebaran telah tiba. Masakan-masakan tersebut memang menjadi sebuah masakan yang sangat digemari oleh semua orang dalam semua usia.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com