Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar

Fitri Tamara 0

Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar
Selai nanas menjadi salah satu bahan wajib untuk membuat kue kering khas lebaran satu ini. Apalagi jika bukan nastar yang menjadi sebuah olahan kue kering yang seringkali dibuat pada waktu lebaran akan tiba.

Maka dari itu, sebelum membut kue nastar, seseorang harus membuat selai nanasnya terlebih dahulu agar dapat dijadikan isiannya nanti.

Membuat selai nanas adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Semua orang dapat membuatnya sendiri di rumah masing – masing. Hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami dan segar untuk mencipatakan rasa yang lebih segar dan enak.

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatannya, antara lain :

Bagaimana Cara untuk Membuat Selai Nanas untuk Nastar dengan Mudah ?

1. Siapkan Bahan – Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Selai Nanas
Sebelum membuat selai nanas, maka salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan – bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan tersebut antara lain adalah buah nanas matang tanpa kulit, gula pasir secukupnya, kayu manis secukupnya, cengkeh dan sedikit garam sebagai penetral rasa. Siapkan bahan-bahan tersebut terlebih dahulu sebelum Anda memulai untuk membuat selai nanas.

2. Kemudian Mulai Bersihkan Nanas
Langkah pertama yakni sebaiknya Anda memilih nanas yang sudah tua. Dengan begitu rasanya juga akan jauh lebih manis dan enak.

Kupas hingga bersih lalu cuci buah nanas tersebut dengan air bersih. Pastikan buah nanas sudah benar-benar bersih dari getah yang menempel pada permukaan buah tersebut setelah proses pengupasan tadi.

dreamstime.com

3. Parut Buah Nanas
Selanjutnya yakni parut buah nanas yang sudha dicuci bersih tadi. Anda bisa menggunakan parutan keju untuk mendapatkan selain dengan tekstur berserat atau menggunakan parutan kelapa untuk memperoleh tekstur selai yang lebih halus dan lembut. Sesuaikan saja dengan selera Anda masing-masing.

4. Siapkan Wajan dan Tuangkan Nanas Parut Ke Dalamnya
Proses selanjutnya yakni Anda harus menyiapakn wajan untuk memasak selai nanas tadi. Setelah wajan telah siap, masukkan nanas yang sudah diparut tadi dan aduk hingga mengental.

Kemudian jika sudah mulai mengental masukkan kayu manis, cengkeh dan juga gula secukupnya untuk memberikan rasa manis pada selai tersebut nantinya.

5. Masak Nanas Hingga Berubah Warna menjadi Coklat Kuning Keemasan
Aduk-aduk terus dengan api kecil hingga selai nanas itu berubah warna menjadi coklat kuning keemasan. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memasak selai nanas seperti ini tidaklah lama.

Hanya beberapa menit saja diaduk, maka selai akan segera berubah warna. Kemudian coba cicipi rasa dari selai nanas tersebut. Jika memang masih kurang manis, Anda bisa menambahkan sedikit gula ke dalamnya. Kemudian mengaduknya hingga rata.

6. Mengangkatnya dan Memindahkannya ke Wadah
Jika memang selai nanas dirasa sudah matang, maka langkah selanjutnya adalah mengangkat dan memindahkannya ke wadah.

Siapkan wadah piring atau mangkok sebagai tempat selai nanas nantinya. Kemudian pindahkan selai nanas yang sudah matang dari wajan le wadah yang sudah disediakan.

Tunggu hingga dingin dan selai nanas siap untuk dijadikan isian kue nastar Anda. Sebaiknya rasa dari selai ini tidak terlalu manis, tetapi juga tetap memiliki rasa asam dan segar dari buah nanas tersebut.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai cara membuat selai nanas untuk nastar yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah dengan menggunakan langkah-langkah pada artikel di atas.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com