6 Tips Masak Daging Cepat Empuk, Tidak Alot dan Tidak Bau

Fitri Tamara 0

6 Tips Masak Daging Empuk – Daging menjadi salah satu bahan masakan yang harus menggunakan teknik khusus saat memasaknya. Tujuannya yaitu agar Anda dapat memperoleh daging dengan tekstur yang empuk dan enak.

Tekstur seperti ini memang sangat banyak diinginkan oleh orang – orang. Karena terkadang ada beberapa orang yang mengalami kegagalan saat memasak daging.

Ada beberapa macam tips yang bisa Anda terapkan untuk dapat memasak daging dengan tekstur yang empuk. Ini akan sangat diperlukan dan memang dibutuhkan oleh semua orang.

Agar dapat menghasilkan daging dengan tekstur yang empuk dan enak. Berikut adalah sedikit penjelasan singkat mengenai tips yang bisa Anda lakukan, yaitu :

istockphoto.com

Apa Saja Tips yang Bisa Dilakukan untuk Masak Daging Empuk ?

 

1. Memotongnya Secara Berlawanan Arah Serat

Untuk dapat memperoleh daging dengan tekstur empuk, maka caranya adalah dengan memotongnya secara berlawanan arah serat. Dengan begitu Anda akan bisa memperoleh tekstur daging yang diinginkan tersebut. Bahkan rasa dagingnya juga akan sangat enak dan tidak membuat Anda kesusahan mengunyahnya.

2. Memukul Daging

Teknik selanjutnya yang dapat dipakai yakni dengan memukul-mukul daging menggunakan kayu balok besar atau sejenisnya. Ini bisa menjadi salah satu hal yang akan membuat daging Anda menjadi terasa lebih empuk setelah dimasak nantinya. Rasanya juga akan sangat nikmat dan mudah untuk dipotong-potong karena tekstur dagingnya sudah berubah menjadi empuk.

3. Memasaknya menggunakan Panci Presto

Tips berikutnya yang bisa anda lakukan yakni dengan memasaknya menggunakan panci presto. Panci presto ini umumnya digunakan untuk memasak bandeng untuk dapat membuatnya terasa lebih lembut dan bebas dari duri. Selain bandeng, Anda juga bisa memanfaatkan alat masak satu ini untuk menghasilkan daging dengan tekstur yang empuk namun tetap berserat.

4. Merendamnya menggunakan Teh dan Jahe

Campuran rendaman teh dan jahe terbukti cukup ampuh untuk membuat daging menjadi lebih empuk dan sedap. Anda akan dapat memperoleh tekstur yang diinginkan saat menggunakan teknik satu ini dalam memasak makanan tersebut.

Bahkan rasa dari dagingnya juga akan terasa enak dan nikmat. Dengan begitu, tentu saja akan semakin menambah cita rasa dari masakan tersebut dan tidak mengurangi kelezatannya sama sekali.

5. Memakai Daun Pepaya

Selanjutnya yakni menggunakan daun papaya untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Para pedagang sate banyak yang memanfaatkan teknik satu ini supaya dapat menghasilkan daging sapi yang lebih empuk dan nikmat.

Selain karena ampuh, menggunakan daun pepaya juga lebih menghemat uang dari sisi pengeluaran. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal karena daun pepaya sangat mudah ditemukan di kalangan masyarakat.

6. Menggunakan Buah Nanas

Selain beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas, tips berikutnya adalah menggunakan buah nanas dengan cara mencampurkannya ke dalam potongan daging-daging tersebut setelah diparut halus.

Parutan halus dari buah nanas itu nanti dijadikan satu dengan daging dan dibiarkan selama berapa waktu. Kemudian baru dicuci dan diolah sesuai dengan selera Anda masing-masing. Atau bisa juga dengan tetap mencampurkan dan memasak daging bersamaan dengan parutan nanas tersebut.

Seperti itulah beberapa penjelasan khusus mengenai tips masak daging empuk dengan baik. Anda bisa mempraktekkan beberapa penjelasan tersebut untuk dapat memperoleh daging dengan tekstur demikian.

Dengan begitu, akan lebih cepat juga Anda mendapatkan daging yang sesuai dengan selera masing-masing tersebut.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com