Info Lengkap Mengenai Bansos 2021 Cek dan Dapatkan Segera

Fitri Tamara 0
BANSOS-2021

Info Lengkap Mengenai Bansos 2021 Cek dan Dapatkan Segera – Kementerian Sosial (Kemensos) kembali memperpanjang program Bantuan Tunai Sosial (BANSOS) hingga Juni 2021.Program BANSOS ini diperluas mengingat pandemi Covid-19 tidak dapat diatasi, sehingga program ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terkena Covid-19.

Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) pemerintah pusat lainnya. Artinya, calon penerima BLT dari Dana Desa belum mendapatkan Kartu Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja.

Jika calon penerima manfaat belum mendapatkan bansos dari program lain, namun belum didaftarkan oleh RT / RW, mereka dapat segera menginformasikan kepada perangkat desa.

Jika calon penerima sudah memenuhi syarat namun tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Anda tetap bisa mendapatkan bantuan tanpa harus melakukan KTP terlebih dahulu. Namun, penerima harus berdomisili di kota dan memberikan alamat lengkapnya.

Jika penerima sudah terdaftar dan sah, BLT akan dikirim secara tunai dan bukan tunai. Uang non tunai ditransfer ke rekening bank penerima dan aparat desa, bank pemerintah dapat menghubungi kas atau mengambilnya langsung dari kantor pos terdekat.

BANSOS-2021
bbc.com

Jika Anda terkena Covid-19 dan sudah memenuhi syarat untuk menerima uang tunai, berikut cara mengklaimnya:

  • Pastikan Anda tidak terdaftar dalam program kesejahteraan pemerintah lainnya.
  • Periksa apakah nama Anda telah terdaftar pada penerima kesejahteraan tunai di RT / RW setempat
  • Jika belum, silahkan mendaftar dengan melampirkan fotokopi KTP untuk diberikan kepada kepala desa agar detail Anda bisa dikirimkan ke bank-bank negara yang terlibat dalam program tersebut.
  • Tunggu informasi lebih lanjut tentang pencairan dana ke akun Anda (jika Anda memilih sistem transfer)
  • BANSOS tersebut akan disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Pos Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan disampaikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI), baik terdaftar dalam Data Terpadu Pelayanan Sosial maupun tidak. Kementerian Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Rinciannya,

  • BANSOS akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing penerima atau melalui PT Pos Indonesia.
  • Bagi yang memilih sistem transfer rekening, berikut daftar rekeningnya: BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.
  • Bagi yang belum punya rekening bank, ambil uang BLT melalui kantor pos. Pencairan langsung penerima BLT secara nontunai (transfer) gratis dan dengan bunga.
Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com