Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Cara mengatur keuangan pribadi tentunya bukan menjadi suatu hal yang mudah. Indonesia sendiri masih belum bisa membudayakan hidup hemat. Padahal untuk setiap gaji yang kita dapatkan itu, beberapa persennya harus disimpan atau ditabung untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih gemilang.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga untuk mengatasi suatu hal yang terjadi dadakan dan membutuhkan jumlah uang yang besar. Impian seseorang itu pastinya ingin memiliki penghasilan yang besar. Namun yang terpenting adalah bagaimana kelak kita akan menikmatinya.

Bukan menikmati untuk hal-hal yang boros lho ya. Menyedihkan nggak sih, gaji yang kita dapatkan adalah 10 juta, tetapi untuk tagihannya malah hampir 75%. Bahkan tidak mempunyai sedikit tabungan juga investasi. Oh tidak.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bisa Anda Lakukan dengan Mudah
kafebukubisnis.com

Simak Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Mudah

Perlu anda ketahui, penghasilan dengan jumlah yang banyak itu tidak akan memberikan kesejahteraan hidup apabila tidak mengalokasikannya untuk mengatur semua keuangan pribadi tersebut dengan baik. Meskipun anda kaya sekalipun, akan tetapi kalau tidak mengatur serta menata semua pendapatan maupun pengeluarannya, stres dan frustasi akan selalu menimpa anda.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, perlu sekali anda mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan baik dan benar.

Mempunyai Catatan Mengenai Keuangan Pribadi Anda

Mungkin menurut beberapa orang cara mengatur keuangan pribadi dengan catatan atau buku mengenai keuangan anda tidak begitu penting. Namun, dengan anda memilikinya, anda akan lebih mudah untuk mengelola keuangan anda sendiri dengan baik.

Tidak hanya itu saja kegunaannya, akan tetapi masih banyak lagi. Hal ini juga menjadi langkah dasar yang harus anda lakukan. Apabila hal yang paling mendasar ini tidak anda lakukan dengan baik juga konsisten, akibatnya berantakan semua uang gaji anda. Adanya catatan tersebut, anda juga bisa mengetahui dan bisa melacaknya sendiri kemana perginya semua si fulus.

Buatlah Anggaran pada Setiap Bulannya

Mengenai cara mengatur keuangan pribadi ini, anda bisa menggunakan formula 40-30-20-10. Maksudnya adalah 40% untuk dana pengeluaran anda sehari-hari, seperti belanja. 30% untuk membayar cicilan utang apabila anda memilikinya. 20% untuk anda gunakan sebagai tabungan guna menyambut masa depan yang lebih cemerlang. Selanjutnya adalah 10% untuk anda alokasikan sebagai donasi, seperti halnya zakat atau infaq.

Adanya Investasi Sebagai Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang sifatnya sangatlah penting. Hal tersebut biasanya digunakan untuk mengatasi terjadinya suatu hal yang sangat urgent, namun tidak mempengaruhi kondisi finansial anda saat itu. Faktanya dalam kehidupan manusia, akan ada beberapa musibah yang tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya. Lho, tapi bagaimana kita mengumpulkan uang darurat tersebut?

Perlu anda garis bawahi untuk cara mengatur keuangan pribadi dengan berinvestasi ini sangatlah penting lho ya. Ada tiga jenis mengenai besar dan kecilnya dana darurat yang harus anda kumpulkan. Pertama, untuk anda yang belum berkeluarga atau single, anda bisa mengumpulkan sebanyak 6 kali pada per bulannya dari total pengeluaran.

Kedua, bagi anda yang sudah berkeluarga tapi belum memiliki anak. Alangkah lebih baiknya jika anda mengumpulkan sebesar 9 kali total pengeluaran bulanan anda. Ketiga, berkeluarga dan memiliki anak, anda harus mengumpulkan sebanyak 12 kali total pengeluaran bulanan anda.

Mempunyai Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Beberapa orang memang tidak mengetahui apa fungsi dan kegunaan dari asuransi itu. Bahkan banyak juga yang merasa rugi karena telah mengeluarkan banyak uang untuk berasuransi. Pada kenyataannya, cara mengatur keuangan pribadi ini juga sangatlah penting bagi anda.

Maksudnya adalah siapa sih yang mau sakit atau terkena suatu hal yang buruk? Nah, pada tempat inilah kegunaan asuransi itu. Ia berfungsi sebagai payung yang akan melindungi saat hujan datang. Perlu anda catat juga bahwa premi yang sudah selama ini anda bayarkan itu nantinya akan kembali pada diri anda sendiri.

Misalnya adalah untuk membayar biaya pengobatan, melindungi aset, dan mencegah kehilangan aset. Kemudian bisa untuk membayar cicilan plus hutang dan menambah dana guna kebutuhan keluarga.

Cobalah untuk Menghindari Utang Konsumtif

Nyatanya utang yang konsumtif itu akan membuat isi dompet anda semakin hari justru semakin tidak ada. Inilah cara mengatur keuangan pribadi yang benar-benar harus anda pahami.

Lebih baik anda memilih untuk utang produktif. Karena utang yang produktif dapat meningkatkan pendapatan anda. Contohnya adalah anda meminjam uang ke bank untuk modal usaha. Nah sedikit keuntungan dari berjalannya usaha anda tersebut adalah sebagai pendapatan anda.

Nah, beberapa cara mengatur keuangan pribadi tersebut, semoga bisa membantu anda untuk hidup hemat pangkal kaya.

Tags: