Tujuh Manfaat Daun Serai Untuk Tubuh

Fitri Tamara 0

Tujuh Manfaat Daun Serai Untuk Tubuh – Serai atau sering juga disebut sebagai sereh merupakan salah satu tumbuhan anggota dari rumput- rumputan, jenis tanaman ini sendiri sudah bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat Indonesia karena biasa digunakan sebagai salah satu bumbu dapur untuk menyedapkan makanan. Serai yang memiliki nama ilmiah Cymbopogon citratus ini berasal dari bagian selatan India dan Sri Lanka yang mana kemudian tanaman serai ini menyebar ke berbagai daerah tropis di seluruh dunia, salah satunya adalah di Indonesia.

Tanaman serai sendiri sangat mudah untuk dikenali karena memiliki aroma yang sangat khas sehingga hal ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan aroma masakan yang dibuat. Serai akan mampu menghasilkan aroma yang masam seperti halnya lemon sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada berbagai masakan dengan olahan ikan. Selain mampu memberikan aroma harum pada berbagai masakan, ternyata daun serai juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, berikut ini ulasannya.

Tujuh Manfaat Daun Serai Untuk Tubuh

  1. Mencegah dan Mengatasi Kanker

Manfaat pertama yang dimiliki oleh daun serai adalah bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi kanker, hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa serai mengandung citral yang mana merupakan zat anti kanker yang akan mampu membunuh sel kanker dalam tubuh sehingga akan menurunkan resiko terkena kanker.

  1. Mengatasi Diabetes

Manfaat kedua dari daun serai yakni bisa membantu Anda untuk mengatasi diabetes, hal ini dikarenakan kandungan zat yang ada pada tanaman serai ternyata bisa membantu untuk membersihkan atau detoksifikasi organ pankreas dan memicu pankreas untuk meningkatkan fungsinya. Hal ini tentu saja akan bisa membantu menurunkan kadar gula penderita diabetes.

  1. Mengobati Anemia

Manfaat ketiga dari daun serai adalah untuk mengobati anemia secara alami, daun serai kaya akan kandungan zat besi yang mana akan memiliki peran penting untuk proses sintesis hemoglobin yang mana merupakan protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh sehingga akan mampu mengatasi anemia.

  1. Membunuh Bakteri

Manfaat keempat dari daun serai adalah mampu untuk membunuh bakteri sebab daun serai kaya akan kandungan zat yang bersifat anti septik sehingga akan berperan penting untuk membantu membunuh berbagai bakteri dan mikro organisme jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu daun serai juga bisa membantu proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Sebagai Minyak Angin

Manfaat kelima dari daun serai adalah sebagai minyak angin sebab daun serai memiliki kandungan minyak atsiri yang mana akan membantu dalam melakukan tindakan balsamic sehingga akan bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada saluran pernapasan. Selain itu daun serai juga akan mampu untuk menghangatkan tubuh sehingga efektif untuk mengatasi gejala flu.

  1. Mengatasi Insomnia

Manfaat keenam dari daun serai adalah untuk mengatasi insomnia atau gangguan sulit tidur, pada umumnya masalah insomnia terjadi karena adanya ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh atau masalah gangguan syaraf. Daun serai memiliki efek yang akan menenangkan sehingga mampu membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

  1. Mengurangi Kolesterol

Manfaat ketujuh dari daun serai yakni untuk mengurangi kolesterol sebab daun serai ternyata memiliki kandungan zat anti kolesterol serta anti aterosklerosis. Kedua zat ini akan mampu membantu mengurangi penyerapan kolesterol oleh sistem pencernaan serta oksidasi kolesterol jahat dalam darah sehingga akan berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol.

Daun serai merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak, selain itu ternyata daun serai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com