Ulasan dan Biaya Terapi Garam Pantai Jetis Patutrejo Purworejo

Fitri Tamara 0

Terapi Garam Pantai Jetis Purworejo merupakan salah satu fokus menarik, berwisata sambil melakukan pengobatan alternatif untuk kesehatan. Tempat dari terapi garam ini  tepatnya berada di Pantai Jetis, Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo, Jawa Tengah, adalah terapi  di tempat  berbentuk terowongan yang terbuat dari molsa bening, dimana pengunjung bisa masuk kesitu melakukan terapi untuk penyembuhan dari  berbagai  macam penyakit.

Terapi garam ini dikelola oleh Kelompok Usaha Garam Rakyat (Kugar) Pendowo Limo dan berada di pantai jetis sebelah timur. Terapi garam ini dipercaya mempunyai manfaat bagi  kesehatan, melancarkan sirkulasi peredaran darah, serta bisa merangsang syaraf yang sakit pada telapak tangan maupun kaki  agar bisa  sembuh.

Asal Mula Terapi Garam Pantai Jetis

Terapi Garam Pantai Jetis Purworejo ini berawal dari tes garam yang dilakukan oleh Pram Prasetya Achmad, sang penggagas tempat ini, dimana hasilnya  garam tersebut mempunyai elektrolit tinggi dan bisa  digunakan sebagai pengobatan alternatif. Garam yang berada di desa paturejo ini mempunyai kualitas  lebih unggul dibandingkan dengan garam di daerah lainnya dengan kadar Natrium Clorida (NACL) yang tinggi yaitu 97,49 persen.

Sebelumnya hasil temuan ini digunakan bagi kalangan sendiri, namun  pada akhirnya dari mulut ke mulut, berita ini menjadi viral dan banyak diketahui masyarakat. Tempat ini menjadi satu satunya di Indonesia yang menyediakan terapi garam sekaligus menjadi tempat obyek wisata di Purworejo.

maps.google.com (ni’mah romadhiana)

Cara Terapi Garam Pantai Jetis

Pengunjung yang masuk ke terowongan  terapi garam wajib melepaskan masker serta dilanjutkan  dengan mencuci pada ember yang sudah disediakan. Hal ini dilakukan karena terapinya dengan cara menghirup uap garam yang berada di terowongan tersebut, yang dilakukan kurang lebih 20 menitan, dan  setelah  selesai dianjurkan minum air putih serta pulang untuk tidur guna restart tubuh.

Pada prosesnya pengunjung diarahkan untuk menghirup udara dalam dalam dalam dan dikeluarkan lewat mulut selama beberapa kali. Kemudian dilanjutkan dengan bisa joging, lari-lari kecil dalam terowongan, agar partikel serta air bakal garam bisa menyentuh saraf sakit pada telapak kaki. Pengunjung juga diarahkan meremas remas garam menggunakan kedua  belah telapak tangan.

Uap garam itu sendiri terbentuk dari uap panas hasil proses pengkristalan garam yang berada  di dalam terowongan tersebut yang terbuat dari plastik molsa.

Jam Buka bagi pengunjung untuk bisa memanfaatkan terapi garam ini adalah setiap hari jam 08.00 sampai dengan jam 14.00, kecuali hari Jumat libur  untuk melakukan maintenance pada terowongan yang digunakan.

Waktu yang dianjurkan untuk terapi garam ini terbagi menjadi beberapa bagian:

  • Untuk penderita jantung, stroke, serta penyakit  dalam lain, terapi dilakukan jam 08.00
  • Untuk  penyakit diabetes dan  gangguan  insulin lainnya, terapi dilakukan jam 10.00 keatas, dimana perpaduan antara sinar matahari dan natrium sangat bagus untuk penyembuhan, dan suhu berada di kisaran 40-47 derajat celcius. Suhu panas inilah yang bisa  menimbulkan reaksi menghentak jantung serta melebarkan pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih  lancar.

Selain itu manfaat lain terapi garam untuk penyembuhan dari penyakit pernafasan seperti asma, alergi, bronkitis, pilek, maupun radang selaput lendir. Untuk kulitjuga bisa berguna memperbaiki kondisi kulit, mengobati jerawat, infeksi, kulit gatal gatal sampai penyakit eksim.

Terapi garam juga bisa meredakan stress, menenangkan pikiran dan mengendurkan otot otot yang kaku. Ini dikarenakan kandungan ion negatif bersatu dengan ion positif yang ada pada tubuh dan menimbulkan reaksi bagi penyembuhan.

Wisata kesehatan terapi garam pantai jetis ini  banyak dikunjungi oleh masyarakat, apalagi pada hari weekend, sabtu, minggu serta hari libur nasional. Jumlahnya bahkan sampai 250 orang, dimana untuk pengaturan jadwal terapinya, kapasitas 15 orang setiap sekali masuk, dan  bila kondisi ramai seperti itu, maka waktu terapinya cukup 15 menit per sesi.

Di tempat ini ada empat terowongan terapi garam, yang masing masing 2 (dua) khusus untuk laki laki, dan 2 (dua)  khusus untuk perempuan. Terowongan tersebut mempunyai  dimensi panjang 19 meter, lebar 3,5 meter dan tinggi 2 meter. Bagi pengunjung dengan keluhan parah disediakan tunel kecil berisi ekstrak garam, dengan suhu bis amencapai 51 derajat celcius.

Biaya Terapi Garam Pantai Jetis

Biaya terapi garam yang dikenakan kepada pengunjung, tidak ada tarif harga tertentu yang dipatok bagi yang ingin menggunakannya. Biayanya seikhlasnya dan sepantasnya menurut  kemampuan dari masing masing pengunjung. Di tempat tersebut disediakan kotak untuk menaruh uang yang diberikan secara suka  rela seikhlasnya.

Selain itu pengelola juga menyediakan bittern yang dijual untuk umum, bagus digunakan untuk disinfektan, tersedia dalam kemasan besar (100 ml) dengan harga Rp 50 ribu, serta kemasan kecil (60 ml) dengan harga Rp 40 ribu. Bittern merupakan cairan pekat mengandung berbagai mineral yang bermanfaat, dimana tidak ikut mengkistral sewaktu pembuatan garam, yang diolah dari hasil limbah pabrik garam yang keberadaannya sangat melimpah disana.

Lokasi dan Alamat Terapi Garam Pantai Jetis

Terapi Garam ini lokasinya berada di Pantai Jetis , Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, bisa diakses melalui jalanan utama Jalan Deandles. Lokasi terapi garam ini berada di area daerah perkebunan sayurpare dan jambu kristal .

Bila memulai perjalanan dari Bandara YIA, Kabupaten Kulonprogro, DIY, bisa mengemudi ke arah barat menyusuri Jalan Deandles, Lurus jalan terus hingga menemukan petunjuk jalan menuju Pantai Jetis. Selanjutnya belok kiri serta lurus terus hingga menemukan gapuro retribusi Pantai Jetis Purworejo. Selanjutnya masuk ke dalam lanjut belok kiri pada gapuro warna biru sampai ke sentra pembuatan garam, dari situ tinggal mengikuti petunjuk jalan sampai di lokasi tempat Terapi Garam.

Selain sebagai pengobatan alternatif,  wisata kesehatan Pantai Jetis Purworejo juga sering digunakan sebagai tempat edukasi bagi anak anak. Anak sekolah dengan diantar gurunya datang ke tempat ini untuk belajar mengenai pembuatan garam secara organik. Selain belajar mereka juga sekaligus  bisa  mencoba  terapi  garam yang aman untuk digunakan juga bagi anak anak.

Demikianlah ulasan mengenai terapi garam pantai jetis purworejo, semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

 

 

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com