Syarat serta Tahapan Dalam Tes GeNose C19

Fitri Tamara 0

Syarat serta Tahapan Dalam Tes GeNose C19 – Kabar menarik datang untuk Anda yang gemar berpergian menggunakan transportasi kereta api. Kabar baik tersebut yaitu PT Kereta Api Indonesia Persero telah menyediakan layanan untuk melakukan tes GeNose C19 di beberapa stasiun kereta api terhitung mulai hari Jumat tanggal 5 Februari 2021.

Tes GeNose C19 yang diadakan oleh PT KAI ini menjadi alternatif untuk test covid 19 yang merupakan syarat agar dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api selain dengan rapid test antigen atau swab PCR.

Kelebihan dari tes GeNose C19 yang merupakan hasil dari inovasi asal universitas gadjah Mada Yogyakarta tersebut memiliki tingkat akurasi tes tinggi dan bisa mencapai 95%. Selain itu hasilnya juga bisa diketahui dengan cepat serta prosesnya juga lebih mudah yaitu hanya dengan melalui hembusan napas.

bisnis.com

Apa Saja Syarat serta Tahapan dalam Tes GeNose C19?

Untuk melakukan tes GeNose C19 ini uang yang harus Anda keluarkan relatif cukup murah, yaitu hanya sebesar Rp 30.000 saja untuk sekali tes. Dan untuk hasil tesnya sendiri bisa didapat kurang dari 3 menit.

Meskipun demikian di sini Anda diharapkan untuk mampu menyisihkan cukup waktu dalam melakukan tes GeNose C19 sebelum berangkat demi menghindari antrian. Agar dapat melakukan tes GeNose C19 ini Anda perlu memenuhi beberapa syarat. Syarat-syarat tersebut antara lain yaitu:

1. Anda sebagai calon penumpang harus berada dalam kondisi yang sehat.

2. Anda telah mempunyai tiket kereta api untuk antar kota maupun jarak jauh.

3. Selama kurang lebih 30 menit sebelum pengambilan nafas, calon penumpang dilarang untuk minum, makan ataupun merokok, kecuali di sini minum air mineral.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang akan dilakukan untuk proses pemeriksaan GeNose C19 Test.

Pemeriksaan dilakukan hanya satu kali saja tanpa ada pengulangan. Langkah-langkah yang dilakukan oleh Anda antara lain yaitu:

1. Ambil nafas melalui hidung lalu membuangnya menggunakan mulut sebanyak 3 kali.

2. Dua kali di awal ambil nafas kemudian buang di dalam masker.

3. Saat pengambilan nafas ketiga, Anda langsung menghembuskannya ke dalam kantong hingga penuh oleh udara.

4. Kuncilah kantong tersebut agar udara yang telah Anda hembuskan ke dalamnya tidak keluar.

5. Serahkan kantong yang telah berisi udara pada para petugas untuk dianalisis memakai alat GeNose C19.

6. Tunggulah hingga hasil untuk pemeriksaan keluar waktu yang Anda butuhkan hanya sekitar 3 menit saja.
Masa berlaku untuk pemeriksaan GeNose C19 bisa berlaku hingga dalam waktu 1 x 24 jam terhitung sejak dikeluarkannya hasil dari tes ini.

Tes GeNose C19 merupakan salah satu pilihan alternatif bagi Anda para calon penumpang yang hendak bepergian dengan menggunakan transportasi kereta api.

Selain menggunakan tes ini Anda masih bisa tetap menggunakan dua macam tes lainnya seperti RT-PCR atau rapid test. Kedua jenis tes tersebut tentunya masih efektif untuk digunakan hingga saat ini.
Itulah tadi ulasan singkat mengenai tes GeNose C19 bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Tanpa melakukan tes ini terlebih dahulu Anda tidak bisa atau dilarang untuk menaiki kereta api Indonesia.

Karena ditakutkan nantinya Anda terjangkit covid 19, sehingga dapat membahayakan penumpang yang lain. Oleh karena itu, di sini Anda sebagai penumpang wajib melakukan tes tersebut agar boleh bepergian dengan menaiki kereta api.

 

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com