Pertajam Daya Ingat Kamu dengan 3 Hal Berikut

Salah satu bentuk dari tingkat intelektualitas yang tinggi adalah dengan melihat daya ingat dari seseorang. Menjadi hal yang lumrah jika daya ingat seseorang turun seiring dengan bertambahnya usia. Namun, daya ingat yang lemah tidak hanya terjadi pada lansia, tetapi orang dengan usia produktif juga bisa memiliki daya ingat yang lemah.

Untungnya daya ingat dapat dilatih seperti halnya anda sedang berolahraga melatih otot. Ingatan manusia juga dapat dilatih dengan ‘olahraga’ tertentu. Melatih daya ingat ini tentusaja menjadi hal yang penting terutama bagi anak.

Saya pribadi merasakan hasilnya juga setelah melakukan latihan untuk meningkatkan daya ingat ini. Setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan daya ingat.

Pertama adalah membaca. Meskipun hal ini terkesan tidak begitu relevan, tetapi membaca merupakan hal yang penting. Selain dapat meningkatkan wawasan kita, dengan membaca daya ingat kita akan terlatih untuk mengingat bacaan tersebut.

Membaca juga membantu anak untuk meningkatkan kecerdasannya. Dengan memberikan contoh dengan mengajak anak untuk membaca, kita juga akan mendapatkan dampak positifnya juga.

Hal kedua yang wajib dilakukan jika kamu ingin daya ingat yang bagus adalah dengan menulis. Semakin kita sering menulis semakin kuat pula ingatan kita. Menulis juga membantu kita untuk lebih mengingat hal yang kita tulis. Karena dengan menulis anda tentu juga pasti membaca tulisan anda sehingga dalam satu waktu anda akan melatih daya ingat anda dua kali lipat, yaitu dengan membaca sekaligus menulis.

Banyak hal yang dapat kita tuliskan untuk melatih daya ingat kita. Baik itu resep, informasi, kegiatan dalam sehari, maupun juga wawasan atau ilmu yang kita dapatkan dari membaca. Dengan begitu daya ingat kita akan terlatih karena kita telah melakukan pengulangan terhadap hal yang kita terima dan proses pada otak.

Hal ketiga dan yang terpenting adalah dengan menerapkan. Cara paling mudah untuk menerapkan wawasan ataupun juga informasi yang kita terima adalah dengan berbagi. Kita dapat menjelaskan kepada orang lain terkait dengan informasi yang kita dapatkan. Dengan begitu tidak hanya anda telah berbagi ilmu kepada mereka, tetapi anda juga akan mendapatkan hal lain dari percakapan yang anda lakukan dengan orang lain tersebut.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.