Penyebab Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi Secara Cepat

Fitri Tamara 0

Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi. Orang yang memiliki penyakit diabetes biasanya memiliki kadar gula darah yang tinggi. Kondisi kadar gula darah yang tinggi juga bisa terjadi pada orang yang mengalami gangguan hormon insulin atau prankreas. Kadar gula darah yang tinggi juga bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi yang berat bahkan bisa mengalami koma.

Agar kesehatan kita terjaga maka kita juga harus menjaga kadar gula darah kita. Kita harus berusaha untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi demi kesehatan kita. Lantas, bagaimana cara mengatasi gula darah tinggi? Check this out!

Bagaimana Cara Mengatasi Gula Darah ?

 

  1. Melakukan Penyuntikan Insulin dan Pengobatan Gula Darah

Hormon insulin sangat penting dalam tubuh kita karena bisa membantu penyerapan gula darah ke dalam sel-sel tubuh. Gula darah yang diserap tadi diproses menjadi energi dan disimpan sebagai energi cadangan. Penderita diabetes tipe 1 biasanya kekurangan pasokan insulin. Mereka harus melakukan penyuntikan insulin untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.

Penderita diabetes tipe 2 atau prediabetes masih memiliki pasokan hormon insulin yang cukup. Mereka tidak perlu melakukan penyuntikan insulin untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Namun, mereka harus lebih diarahkan untuk menerapkan pola hidup yang sehat supaya kadar gula darah bisa normal kembali.

www.diabetesselfmanagement.com
  1. Rajin Minum Air Putih

Minum air putih juga sangat berguna untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dengan minum air putih, kita juga bisa terhindar dari dehidrasi berat saat gula darah kita sedang naik.  Apabila kita mengalami kondisi dimana kadar gula darah terlalu tinggi maka tubuh kita akan mencoba menetralisasi kelebihan gula darah tersebut dengan membuangnya melalui urin.

Selanjutnya, kita akan sering buang air kecil sehingga kita butuh pasokan air putih yang cukup agar tubuh kita tidak kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Apalagi jika kita melakukan berbagai aktivitas yang berat, tentunya kita membutuhkan banyak pasokan air putih lebih banyak lagi.

  1. Rajin Berolahraga

Rutin berolahraga ternyata juga bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dengan banyak bergerak dan meningkatkan aktivitas fisik maka sensivitas hormon insulin akan semakin meningkat. Selain itu, sel-sel tubuh juga menjadi lebih peka pada hormon insulin.

Olahraga juga membuat jantung kita bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih baik. Dengan begitu, glukosa dalam aliran darah bisa menghasilkan energi lebih banyak lagi. Kita bisa berolahraga seminggu 5 kali. Usahakan dalam setiap olahraga minimal 30 menit. Olahraga yang sangat direkomendasikan untuk program penurunan kadar gula darah yang tinggi ialah berjalan kaki, yoga, dan aerobik.

  1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang tidak sehat harus kita hindari karena bisa membuat kita terserang banyak penyakit. Salah satunya mengakibatkan kadar gula darah yang tinggi. Untuk itulah, kita harus selalu menerapkan pola makan yang sehat. Kita harus mengatur asupan makanan kita.

Terkait kadar gula darah yang tinggi, maka kita bisa mengganti nasi putih dengan kentang rebus yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi asupan serat seperti gandum, sayur – sayuran, dan buah – buahan.

Nah itu tadi beberapa ulasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara  untuk mengatasi gula darah tinggi. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter terkait masalah ini. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com