Pengobatan Kanker Serviks Stadiun Lanjut

Fitri Tamara 0

Pengobatan Kanker Serviks Stadiun Lanjut

Kanker serviks atau yang juga disebut dengan kanker leher rahim ini adalah jenis kanker ganas yang menyerang saluran reproduksi wanita. Wanita yang terjangkit virus HPV atau pun Human Papiloma Virus ini akan mengalami rasa takut yang berlebih dan juga putus asa untuk bisa kembali sembuh. Walaupun tidak bisa sembuh seperti wanita normal lainnya, akan tetapi dengan dukungan, simpati, dan empati keluarga serta orang terdekat tentunya akan menjadikan penderita kanker serviks tersebut bersemangat untuk bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya. Pengobatan kanker serviks ini harus mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya ukuran tumor itu sendiri, usia pendeirta, tingkat stadium, dan lain-lain. Biasanya, sekitar 70 % pasien kanker serviks ketika didiagnosa sudah mengalami stadium lanjut. Adapun cara pengobatan kanker serviks stadium lanjut yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

Pengobatan kanker serviks stadium lanjut

Operasi pengangkatan

Pengobatan kanker serviks stadium lanjut ini biasanya akan dilakukan dengan jalan operasi pengangkatan rahim dan juga uterus atau kandungan yang biasanya lebih dikenal dengan istilah histerektomi, yakni dengan melakukan pengangkatan rahim bagi penderita kanker serviks yang dilakukan pada bagian rahim vagina dan juga jaringan parametrium. Lalu dilakukan pembersihkan bilaterial kelenjar getah bening di panggul. Perlu Anda tahu bahwasanya ada 4 jenis tingkatan histerektomi ini diantaranya histerektomi parsial atau subtotal, histerektomi total, histerektomi total dan salpingo ooferektomi bilateral, dan juga histerektomi radikal.

Radioterapi

Ini adalah cara yang sering dilakukan untuk pengobatan kanker, salah satunya adalah kanker serviks. Radioterapi ini juga cocok sekali untuk segala jenis kanker serviks di awal atau pun lanjut stadium. Radioterapi ini sendiri merupakan penggunaan radiasai pengion yang telah diberikan pada penderita kanker dengan cara mematikan sel kankernya sesuai dengan dosis pada volume tumor. Radiasi ini nantinya yang akan merusak sel kanker dan juga akan menghambat pembelahan sel. Pemberian radiasi bagi penderita kanker serviks ini akan disesuaikan dengan ukuran, tipe, luas, dan juga stadium tumor. Walaupun masih dianggap sebagai pengobatan kanker serviks yang baik, akan tetapi mempunyai efek samping pada perumbahan tubuh, yakni kulit dan rambut. Gangguan yang mungkin saja terjadi adalah infeksi pada kandung kemih.

Radiopartikel

Teknologi pengobatan yang telah ditujukan untuk menghambat perkembangan sel kanker dan juga tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Radioterapi dengan menggunakan biji partikel seluas 1.7 cm yang kemudian akan pancarkan sinar gamma dan juga tidak menghancurkan sel tubuh yang lain. Pengobatan yang satu ini diharapnkan bisa meminimalisir terjadinya kegagalan.

Demikianlah tadi pengobatan kanker serviks stadium lanjut yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat.

 

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published.