Pengertian, Jenis Serta Biaya Pasang Veneer Gigi

Fitri Tamara 0

Pengertian, Jenis Serta Biaya Pasang Veneer Gigi – Bagi Anda yang memperhatikan dan ingin semakin menunjang penampilan, saat ini sedang tren dilakukan pemasangan venveneer gigi. Veneer gigi itu sendiri merupakan sebuah prosedur pemasangan sebuah lapisan sintesis di atas permukaan gigi dengan tujuan untuk mengubah bentuk, lebar, panjang serta warna gigi.

Biasanya prosedur veneer gigi ini dilakukan sebagai langkah atau solusi untuk gigi yang renggang, berlubang, patah ataupun gigi yang berwarna kuning. Veneer sendiri terbuat dari beragam jenis bahan.

Namun untuk di negara Indonesia itu sendiri, bahan veneer umumnya menggunakan resin atau porselen. Masing – masing bahan untuk veneer ini tentunya memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Selain itu dari segi biaya tentunya ada perbedaan.

Memperbaiki penampilan dengan mempercantik gigi melalui prosedur veneer saat ini semakin digandrungi oleh banyak kalangan, utamanya bagi para wanita. Karena dengan prosedur ini Anda bisa mendapatkan gigi yang cantik dalam waktu yang instan.

gooddoctor.co.id

Berapa besar biaya pasang veneer gigi?

Mungkin beberapa dari Anda saat ini penasaran mengenai berapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan prosedur veneer ini. Menurut salah satu dokter gigi yang menangani masalah veneer menyatakan bahwa biaya yang diperlukan setidaknya berada di kisaran 2 juta hingga 10 juta rupiah.

Ada dua tipe veneer gigi, antara lain yaitu veneer indirect dan veneer direct. Sedangkan untuk veneer direct biaya yang dibutuhkan tidak terlampau mahal, karena memang prosedur ini langsung dilakukan di dalam mulut seorang pasien dalam satu kali kunjungan saja.
Sehingga hal tersebut tidak memerlukan biaya laboratorium. Biaya untuk veneer direct ini berada di kisaran harga seperti yang telah disebut di atas, tergantung dari jenis bahan yang digunakan.

Sedangkan untuk veneer indirect dapat berupa veneer komposit maupun veneer keramik. Veneer jenis ini memerlukan proses pencetakan terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan di laboratorium. Baru kemudian dapat diaplikasikan pada pasien.

Sedangkan untuk Veneer keramik memiliki keunggulan yang bisa didapatkan oleh seorang pasien ketika menggunakannya. Selain itu, menggunakan veneer jenis ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi terjadinya resiko seperti misalnya diskolorasi gingival.

Veneer keramik ini juga memiliki translusensi yang jauh lebih baik. Sehingga veneer ini mampu memberikan warna yang lebih natural serta estetik yang lebih bagus. Bahkan menggunakan veneer jenis ini juga dirasa lebih tahan lama, karena mampu bertahan hingga 10 sampai 15 tahun.

Biaya yang dibutuhkan untuk veneer indirect ini jauh lebih mahal dikarenakan memang membutuhkan kunjungan lebih dari satu kali. Serta memerlukan biaya pemerosesan di laboratorium.

Mengenai besaran biaya itu juga tergantung dari tingkat keterampilan, waktu yang dibutuhkan, serta nilai artistik dari pekerjaan tersebut. Namun untuk kisaran biayanya yaitu antara 4 juta hingga 10 juta rupiah.

Biaya untuk menjalani prosedur veneer gigi ini memang relatif mahal, hal itu dikarenakan proses veneer gigi memiliki resiko yang cukup tinggi. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan oleh seorang yang sudah profesional seperti dokter gigi spesialis.

Oleh karena itu Anda yang berminat untuk melakukan prosedur veneer gigi, sebaiknya Anda melakukannya di dokter gigi daripada harus di ahli gigi yang tentunya kurang dalam hal pengalaman medis.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai Veneer Gigi. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Tags:

Fitri Tamara

Hobi menulis, suka dengan pembahasan teknologi dan aplikasi smartphone. Sempat menjadi penulis untuk sejumlah website, dan kini menjadi kontributor di Ulasku.Com